Perawatan Wajah

Punya Kosmetik Banyak? Ini Tips Merawat Kosmetik Anda Agar Awet

punya-kosmetik-banyak-ini-tips-merawat-kosmetik-anda-agar-awet

Memakai make up adalah salah satu cara dimana wanita dapat mempercantik diri dengan menonjolkan bagian wajahnya yang menarik. Berdandan juga bisa digunakan sebagai cara untuk menutupi kekurangan pada wajah. Apabila sudah akrab dengan kegiatan merias wajah, tentu Anda akan memilih alat make up serta kosmetik yang baik. Karena, jika ingin hasil yang maksimal riasan yang diaplikasikan haruslah dari kosmetik yang sesuai dengan kondisi wajah tiap orang.

Sponsordr rochelle skin expert

Dengan keinginan untuk mendapat hasil yang memuaskan, orang-orang rela menghabiskan cukup banyak uang untuk membeli kosmetik yang bagus dan berkualitas. Namun, sebagus-bagusnya atau seberkualitas apapun kosmetik yang dibeli, bukan berarti Anda tidak perlu merawat alat make up dan kosmetik tersebut.

Berikut adalah tips merawat kosmetik yang Anda miliki agar awet:

1. Bersihkan cairan yang tercecer
Tips satu ini sangat penting dilakukan bila ingin kosmetik tetap aman saat digunakan di kulit wajah, yaitu membersihkan cairan yang mungkin tumpah di bibir maupun leher botol. Misalnya ketika menuangkan cairan toner ke atas kapas, kadang akan ada cairan yang meluber tumpah hingga ke leher botol. Anda mungkin menganggapnya tidak penting untuk dilap dan dibersihkan karena tumpahan cairan itu pun akan mengering dengan sendirinya. Tetapi membiarkan tumpahan cairan itu berada di sana hingga kering adalah hal yang salah. Kebersihan adalah alasan utama mengapa cairan yang bercecer itu harus dibersihkan. Ceceran produk tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jamur ketika dibiarkan mengering sendiri. Bakteri dan jamur tersebut kemudian dapat menyebabkan timbulnya jerawat bahkan jika parah bisa menyebabkan kanker kulit.

2. Cuci dan bersihkan alat make up
Kebersihan adalah hal utama dalam menjaga kesehatan kulit. Terutama kebersihan alat-alat atau produk yang akan berkontak langsung dengan kulit wajah. Kulit wajah jauh lebih sensitive dibanding kulit tubuh, maka perawatannya juga harus lebih hati-hati. Bagi Anda pengguna setia kosmetik, tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam alat make up yang ada. Anda perlu memperhatikan kebersihan dari setiap alat make up yang akan digunakan. Sebaiknya, alat make up segera dicuci dan dibersihkan setiap kali habis dipakai untuk berdandan atau jika tidak sempat, cukup 1 minggu sekali. Namun bukan berarti alat make up yang tidak dipakai tidak perlu dicuci. Bila tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, alat make up akan menjadi kotor dan berdebu. Tentu tidak ada yang mau riasan wajahnya tercampur dengan debu bukan? Debu dan kotoran merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat yang sangat menganggu penampilan. Maka, jika tidak mau wajah menjadi kotor, rutinlah mencuci dan menjaga kebersihkan setiap alat make up baik yang sering dipakai maupun yang jarang dipakai.

3. Tidak menggunakan kosmetik secara bergantian
Jangan takut dibilang pelit karena tidak mau meminjamkan alat make up pada teman. Karena sesungguhnya bukan pelit, tetapi memakai alat make up dan kosmetik secara bergantian dapat beresiko cukup besar. Jenis kulit setiap orang berbeda satu sama lain, maka diciptakanlah berbagai macam produk untuk semua jenis kulit. Misalnya Anda bertipe wajah normal dan teman berwajah berminyak, yang tentunya jenis kosmetik yang sesuai kondisi kulit akan jauh berbeda. Bayangkan ketika teman dengan berwajah berminyak meminjam bedak. Ketika teman tersebut menggunakan spons bedak yang sama, bukan tidak mungkin bakteri yang terdapat pada wajah teman akan menempel pada spons tersebut. Selanjutnya jika dibiarkan saja, bisa saja bakteri pada spons bedak akan menular ke si pemilik bedak. Maka, disarankan untuk tidak berbagi alat make up agar kebersihan tetap terjaga.

4. Simpan dengan benar
Setiap selesai menggunakan kosmetik apapun, tutuplah kemasan produk kembali dengan benar dan rapat. Hal ini dapat mencegah masuknya kotoran dan debu ke dalam produk kosmetik yang dimiliki. Jangan menyimpan produk kosmetik di tempat yang lembab melainkan simpanlah di tempat yang kering dan sejuk. Tempat yang lembab sangat rentan untuk ditumbuhi bakteri dan jamur sehingga dapat merusak kosmetik yang Anda punya dan akan berbahaya jika dipakai. Jangan juga membiarkan kosmetik berhadapan langsung dengan sinar matahari, karena kosmetik bisa meleleh karena panas yang dihasilkan matahari. Tempat penyimpanan terbaik untuk kosmetik ialah di lemari pendingin. Dalam suhu dingin, formulasi dan kandungan bahan aktif kosmetik akan terjaga.

5. Perhatikan batas kadarluasa kosmetik
Setiap produk berbahan kimia akan mempunyai batas waktu pemakaian, seperti halnya kosmetik. Sebagai konsumen yang bijak, Anda harus memperhatikan tanggal kadarluasa yang terdapat di kemasan kosmetik dengan baik dan teliti. Hindari pemakaian kosmetik yang sudah diluar batas kadarluasa karena dapat sangat membahayakan kondisi kulit. Mungkin ada perasaan rugi ketika harus membuang kosmetik yang isinya masih banyak namun sudah kadarluasa. Disinilah diperlukan perhitungan pemakaian produk dengan baik dari konsumen. Agar tidak rugi, usahakan untuk menghabiskan kosmetik sebelum kadaluarsa. Pertimbangan lain adalah jangan membeli kosmetik yang tidak terlalu diperlukan karena pasti akan jarang dipakai. Ketika suatu saat ingin dipakai, kosmetik itu bisa jadi sudah melewati tanggal kadarluasanya. Jika begitu, tentu akan menimbulkan kerugian.

Itulah beberapa tips untuk merawat dan menjaga kosmetik agar tetap awet dan layak pakai. Apablia kosmetik dirawat dengan baik, maka hasil yang akan diperoleh ketika berdandan juga akan maksimal dan tidak membahayakan kulit wajah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top