Diet

Peran Diet untuk Menjaga Kesehatan Mata

mata

Penyakit mata menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita semua orang lanjut usia. Tidak hanya terjadi di negara berkembang seperti Indonesia, tapi juga negara maju seperti Amerika Serikat. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika mengatakan bahwa penyakit mata terutama katarak yang menyebabkan kebutaan banyak dipengaruhi oleh pola makan yang buruk. Nutrisi yang paling penting untuk mencegah penyakit mata termasuk untuk melindungi lapisan makula bisa didapatkan dari makanan. Kemudian jika nutrisi itu tidak terpenuhi maka bisa menyebabkan protein buruk menumpuk pada lensa mata. Dan ini yang akan menyebabkan mata buram, kerusakan lensa mata dan menyebabkan katarak hingga kebutaan.

Sponsor: kezia skin expert

Begitulah peran nutrisi bisa membantu menjaga kesehatan mata. Lantas bagaimana cara kita mencegah penyakit ini. Anda bisa mencoba untuk melakukan diet untuk menjaga kesehatan mata, dengan berbagai makanan dibawah ini:

1. Buah dan sayuran berwarna orange

Makanan pertama yang bisa melindungi mata adalah semua makanan yang mengandung beta karoten dan zeaxanthin. Zat ini sangat baik untuk membantu agar lapisan makula tetap sehat dan juga mencegah penumpukan protein pada lensa mata. Banyak orang yang mengacuhkan makanan ini karena rasa yang kurang lezat. Anda bisa mencoba beberapa makanan seperti wortel, jeruk, tomat dan paprika.

2. Sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan E

Semua jenis sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini menjadi sumber antioksidan yang bisa mencegah semua penumpukan zat atau radikal bebas yang merusak lapisan mata. Dan vitamin E juga sangat penting untuk mencegah aktifitas sel tidak normal dalam tubuh. Jadi Anda bisa mencoba untuk rajin mengkonsumsi lemon, jeruk nipis, jeruk bali, stroberi, nanas, pepaya, jambu biji, brokol, tomat, seledri dan paprika.

3. Sayuran hijau

Kemudian sayuran lain yang bisa melindungi mata dan sangat baik untuk diet adalah sayuran yang berwarna hijau atau keunguan. Sayuran ini juga mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu mendorong sistem pencernaan yang sangat baik. Kandungan terpenting dalam sayuran ini yang berfungsi untuk melindungi mata termasuk seperti nutrisi lutein dan juga vitamin E. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sayuran bayam, kangkung dan kale.

4. Makanan mengandung asam lemak omega 3

Kemudian makanan lain yang bisa membantu mencegah katarak dan sangat baik untuk diet menurunkan berat badan adalah makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Ini adalah jenis lemak yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah tekanan darah tinggi, menjaga fungsi memori dan juga bisa melindungi semua bagian lensa mata termasuk untuk lapisan makula. Konsumsi semua makanan ini bisa dilakukan sejak masih muda. Sumber makanan ini termasuk ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan ikan makarel.

Sementara itu makanan yang mengandung sumber karbohidrat tinggi dan berwarna putih seperti nasi dan roti putih bisa menyebabkan masalah untuk mata. Makanan ini mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Jadi pola diet yang sehat dengan sayuran dan buah bisa membantu menjaga kesehatan mata.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top