Penyebab Anda Tidak Bisa Tidur Malam dengan Nyenyak

Penyebab Anda Tidak Bisa Tidur Malam dengan Nyenyak

Kurang tidur memang memberikan dampak yang sangat berat untuk kesehatan tubuh. Banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan mereka sama sekali tidak dapat mencapai itu. Meskipun Anda sudah mencoba tidur dengan tepat waktu dan ternyata Anda sebenarnya hanya mencoba untuk tidur. Kebiasaan ini yang akan membuat kepala pusing, tekanan darah naik atau justru turun, resiko diabetes dan masalah tubuh yang sangat mudah sakit. Jika terus terjadi maka bisa menyebabkan dampak kesehatan yang sangat berat. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sulit tidur pada malam hari yang mungkin sering Anda alami sendiri.

Sponsor: pemutih wajah

1. Stres

Stres adalah penyebab pertama dari insomnia yang paling sering terjadi. Stres mempengaruhi sistem kerja neurotransmiter dalam otak kemudian membuat suasana hati menjadi lebih buruk. Hal ini bisa membuat Anda tidak bisa tidur karena terus merasa cemas, sedih, tertekan dan kurang menerima kehidupan dengan baik. Jika tidak ditangani maka Anda bisa terjebak dalam stres yang berat. Jadi pertimbangkan untuk mencoba cara ringan seperti bepergian dan menerima masalah itu.

2. Tubuh yang sakit

Banyak orang yang bisa bekerja dan beraktifitas seperti biasa pada siang hari. Namun pada malam hari tubuh mereka sakit sehingga tidak bisa tidur dengan baik. Tubuh yang sakit ini bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti sakit pinggang, sakit perut, gas perut, sakit kepala, demam dan masalah lain. Jika seperti ini maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan dengan baik dan mencoba mengobati rasa sakit, meskipun tidak terasa pada siang hari.

3. Sering kerja shift

Orang-orang yang bekerja secara shift sering memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda. Biasanya pergantian shift terjadi setiap minggu. Posisi seperti perawat, pekerja di manufaktur, pilot, dan profesi lain sangat rentan terkena gangguan ini. perubahan waktu tidur ini telah menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh sehingga merusak waktu sinyal alami untuk tidur. Karena itu pola pekerjaan ini harus dirubah.

4. Kebiasaan mendengkur

Kebiasaan mendengkur bisa menjadi gangguan tidur yang sangat berbahaya. Henti nafas atau tersedak saat tidur bisa dialami saat mendengkur. Masalah ini bisa menjadi lebih berat ketika menyebabkan jantung berhenti untuk sesaat. Kebiasaan mendengkur bisa menyebabkan kondisi yang sangat serius karena merusak waktu tidur dan membuat seseorang kurang tidur. Jika mendengkur sangat parah maka harus mendapatkan perawatan medis yang memadai.

5. Perubahan hormon pada wanita

Wanita yang sedang hamil atau menjelang menopause maka bisa mengalami perubahan hormon yang serius. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat malam hari dan sering membuat wanita tidak bisa tidur dengan baik. Kemudian perubahan hormon juga bisa menyebabkan stres dan masalah kecemasan. Karena beberapa perubahan ini maka wanita bisa mengalami masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi dan stroke.
Berbagai masalah gangguan tidur ini harus mendapatkan penanganan yang serius untuk mencegah masalah kesehatan. Konsultasi dengan ahli atau dokter sangat diperlukan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Jangan takut untuk melawan semua masalah ini demi masa depan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top