Penyakit dan Kondisi Penyebab Kulit Memar

Penyakit dan Kondisi Penyebab Kulit Memar

Apakah Anda pernah terkejut karena tiba-tiba beberapa bagian kulit Anda tampak memar? Kondisi memar pada kulit sering tidak disadari kecuali setelah beberapa hari terjadi. Memar digambarkan dengan bagian kulit yang berbeda yaitu tampak biru atau merah. Kemudian memar bisa menjadi bengkak yang menyebabkan rasa sakit ketika disentuh.

Penyakit dan Kondisi Penyebab Kulit Memar.2

Sponsorcream pemutih wajah

Sebenarnya memar paling sering terjadi ketika bagian tubuh Anda terkena benda keras atau saat cedera secara tiba-tiba. Namun memar yang terjadi cengan cepat juga bisa menjadi dampak penyakit yang harus diwaspadai. Dibawah ini adalah penyakit dan kondisi penyebab kulit memar yang harus diperhatikan dengan cepat.

  1. Tekanan pada otot

Ketika Anda bekerja sangat keras atau terlalu keras dan menekan otot maka ini juga bisa menyebabkan memar dengan cepat. Otot yang mendapatkan tekanan terlalu besar dan kuat bisa mengalami cedera yang kemudian menyebabkan beberapa bagian pembuluh darah akan pecah. Kemudian pendarahan akan terjadi pada area tersebut namun  pendarahan umumnya tidak parah. Akibat pecah pembuluh darah ini maka di bagian sekitarnya akan berubah menjadi biru atau kemerahan. Perhatikan jika kondisi semakin berat dan Anda membutuhkan bantuan dokter untuk merawatnya.

  1. Penyakit diabetes

Pada dasarnya penyakit diabetes akibat kenaikan kadar gula dalam darah juga bisa menyebabkan memar. Kondisi ini disebabkan karena pendarahan pada bagian dalam yang menyebabkan munculnya tanda pendarahan di permukaan kulit. Ini akan membuat bagian kulit berubah menjadi merah atau kebiruan. Bagi orang yang belum pernah melakukan pemeriksaan kadar gula darah maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Sementara bagi penderita diabetes maka ini sebagai tanda yang harus diwaspadai. Kemungkinan gula darah sangat tinggi sehingga segera lakukan diet dan dapatkan obat atau suntikan insulin dari dokter.

  1. Penyakit hemofilia

Penyakit hemofilia adalah jenis penyakit yang menyebabkan darah sulit untuk membeku. Ini termasuk penyakit keturunan yang bisa menyebabkan bahaya dan tidak bisa disembuhkan seumur hidup. Hemofilia sering memicu pembuluh darah pecah yang kemudian menyebabkan darah sulit untuk membeku. Kamudian kontak fisik yang terjadi bisa membuat bagian tersebut menjadi merah atau biru. Jika hal ini disebabkan oleh cedera atau pukulan yang memicu pendarahan maka perawatan sangat diperlukan untuk menghentikan pendarahan. Terlebih jika memicu pendarahan luar yang bisa berbahaya untuk penderita.

  1. Penyakit purpura dermatosis

Beberapa orang juga bisa mengalami memar pada kulit akibat penyakit purpura dermatosis. Kondisi ini bisa menyebabkan darah bocor ke bagian celah pembuluh darah kapiler yang sangat kecil. Akibatnya beberapa bagian kulit akan terlihat merah atau ungu. Perawatan penyakit ini harus dilakukan oleh dokter untuk menghentikan pendarahan dalam sehingga pendarahan tidak semakin menyebar.

Selain beberapa penyakit dan kondisi tersebut maka memar pada kulit juga bisa berhubungan dengan faktor usia. Kondisi ini disebabkan karena masalah pembuluh darah kapiler yang semakin rentan sehingga mudah pecah. Jika terjadi pada orang lanjut usia yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan stroke maka kondisi ini harus segera diperhatikan. Ternyata memar pada kulit tidak bisa diremehkan dan perawatan sejak awal bisa mencegah efek penyakit yang buruk untuk tubuh Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top