Info Dokter

Meski hanya sebatang, rokok bisa bikin pria dan wanita mandul

Meski hanya sebatang, rokok bisa bikin pria dan wanita mandul 2

Rokok, benda ini menyimpan begitu banyak efek buruk untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, meskipun semua orang tahu efek buruk tersebut begitu pula Anda, namun tetap saja rokok selalu laris di pasaran Indonesia.

Sebatang rokok menyimpan ribuan jenis racun dan bahan kimia berbahaya. Mulai dari tar, benzene, hingga lem. Sehingga saat dihisap, lama-kelamaan rokok mampu membunuh Anda secara perlahan karena penyakit kronis yang bisa ditimbulkannya.

Selain penyakit jantung, paru-paru, dan kanker, sebatang rokok ternyata mampu membuat pria dan wanita mandul. Asap rokok mampu merusak materi genetik di dalam sel sperma yang kemudian mampu menurunkan kualitasnya. Pada pria perokok, teramati pula kurangnya jumlah, pergerakan, kualitas sperma, serta penurunan kuantitas sperma. Sehingga tentu saja serangkaian hal di atas dapat menurunkan kemampuan pria untuk bereproduksi.

Bagaimana dengan para calon ibu? Ternyata hal tersebut juga berlaku sama untuk para wanita perokok. Sebab tingkat kesempatan wanita perokok untuk punya anak akan turun hingga 60% dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top