Bunda & Anak

MENGENALI GEJALA SEMBELIT SAAT HAMIL DAN MASALAH YANG MENYERTAINYA

Gejala-Sembelit-Saat-Hamil

GEJALA SEMBELIT SAAT HAMIL

Hampir setiap hari ibu yang hamil mengetahui muntah muntah atau sering disebut dengan morning sicknessdan pembengkakan yang terdapat di areal pergelangan kaki adalah proses kehamilan yang akan terjadi diakibatkan adanya perubahan hormon. Namun tahukah anda gangguan fisik lainnya seperti sembelit tersebut atau konstipasi merupakan ‘bonus’ saat kehamilan. Sebelum panik dan meminum obat pencahar, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu sembelit pada saat kehamilan seperti ulasan di bawah ini.

Penyebab Terjadinya Sembelit Saat Kehamilan

Peningkatan pada hormon progesteron yang terjadi di saat kehamilan menyebabkan otot usus berelaksasi hingga pada penyerapan makanan bergerak lambat. Hal ini menjadikan tubuh ibu hamil menyerap banyak sekali nutrisi makanan.

Peningkatan hormon progesteron ini sangat tinggi terjadi antara minggu ke 9 hingga pada minggu ke 32 masa kehamilan. Pada masa tersebut ibu hamil rentan mengalami sembelit. Selain itu, peningkatan pada ukuran rahim juga memberikan dampak tekanan berlebihan pada perut dan juga umumnya terjadi pada tahap akhir masa kehamilan.

Gejala Sembelit

Seseorang yang mengalami sembelit tersebut sering kali kesulitan untuk melakukan Buang Air Besar. Mereka juga menjadi malas untuk bergerak karena rasa nyeri yang dirasakan pada sekitar perut akibat buang air besar yang tidak tuntas. Jika tidak dapat BAB selama lebih dari tiga hari, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Bagaimana Mengatasi Sembelit?

Selama masa kehamilan disarankan anda untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi serat dan juga asupan cairan yang cukup, minimal minum 8 gelas air perhari. Latihan fisik pun juga dapat membantu mengatasi sembelit ini, namun sebaliknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Agar mengetahui jenis latihan yang disarankan.

Cobalah untuk memulai kegiatan berat terlebih dahulu dan cobala untuk membatasi dalam mengkonsumsi vitamin yang mengandung zat besi tinggi, dikarenakan mampu menjadi penyebab dari sembelit. Samaikanlah permasalahan anda terhadap dokter agar diresepkan vitamin dan dosis tepat zat besi yang seharusnya lebih rendah.

Hal-hal yang perlu diwaspadai

Sembelit dapat menyebabkan permasalahan kesehatan lainnya. Jangan coba untuk memaksakan diri saat buang air besar karena dapat menyebabkan terjadinya wasir yang menyakitkan. Wasir ini rentan terjadi akibat membengkaknya vena di sekitar bagian dubur saat kehamilan dan juga biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah persalinan selesai. Hindari memaksakan BAB karena wasir ini akan pecah dan mengakibatkan pendarahan yang hebat.

Gejala Sembelit saat hamil juga dapat diindikasikan daripada adanya penyakit yang lebih serius. Jangan biarkan sembelit ini terjadi secara menahun, segeralah konsultasikan kepada dokter keluhan yang anda rasakan.

Biasanya 7 dari 10 ibu yang hamil mengalami masalah sembelit pada saat proses kehamilannya. Meskipun tidak berbahaya, namun sembelit ini harus tetap dihindari agar proses kehamilan menjadi lancar dan nyaman. Ibu hamil memang disarankan untuk menjalani diet tinggi serat agar kondisi pada gizi tetap terpenuhi dan juga proses pembuangan fases akan tetap berjalan dengan lancar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top