Mengenal lebih dekat kanker serviks gejala dan penyebabnya

mengenal lebih dekat kanker serviks

Sudahkan anda mengenal pembunuh manusia yang paling banyak menciptakan kematian pada manusia abad modern ini? Pembunuh tersebut bukanlah orang yang sangat kejam, bengis dan tidak memiliki hati. Pembunuh manusia dalam jumah luar biasa besarnya tersebut merupakan penyakit kanker. Hingga saat ini kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian manusia nomor 1 di dunia bersaing ketat dengan penyakit jantung. Karena memang hingga saat ini dunia masih belum menemukan obat untuk menyembuhkan penderita kanker. Salah satu kanker yang hingga saat ini menjadi momok bagi kaum wanita adalah kanker serviks. Untuk itu sebagai wanita anda musti mengenal lebih dekat kanker serviks ini.

mengenal lebih dekat kanker serviks

Sponsor : cream perawatan wajah

Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang kaum wanita. Akhhir-akhir ini jagat dunia entertainment tengah digemparkan dengan pemberitaan tentang salah satu artis Indonesia yang harus terbaring lemah di rumah sakit dikarenakan menderita penyakit kanker serviks stadium akhir. Dokter telah memvonis bahwa ia tidak akan memiliki waktu yang lama lagi untuk hidup di dunia ini mengingat kondisi kanker yang di derita suda parah. Para tokoh masyarakat pun mulai berdatangan menjenguk untuk sekedar melihat kondisi maupun memberikan motivasi kepada nya. Mulai dari rekanan sesama artis hingga tokoh politik pun menaruh simpatik atas musibah yang dialaminya. Meski demikian tidak bisa memungkiri fakta bahwa hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penderita penyakit kanker ini. Untuk itu sangat penting sekali untuk mengenali lebih dini gejalan kanker serviks ini.

Kanker serviks sendiri adala kanker yang terdapat pada leher rahim yang berfungsi sebagai saluran masuk dari vagina menuju rahim. kanker serviks ini tidak memilih wanita berdasarkan usia, artinya baik tua maupun muda memiliki potensi yang sama untuk mengidap penyakit mematikan ini. Hanya saja study menunjukkan bahwa kasus kanker serviks ini lebih banyak diidap oleh wanita yang aktif dalam kegiatan seksual. Artinya resiko wanita muda lebih tinggi dibanding wanita tua yang sudah jarang melakukan aktifitas seksual.

Data WHO menyatakan bahwa pada tahun 2014 terdapat 92.000 kasus kematian dikarenakan penyakit kanker. Dan 10,3 % nya disebabkan oleh kanker serviks ini. Hal ini menunjukkan bahwa kanker serviks merupakan jenis kanker yang tidak bisa dianggap remeh. Untuk itu wajib bagi setiap wanita untuk mawas diri apabila terdapat gejala kanker serviks pada dirinya. Semakin dini penanganan maka semakin besar pula potensi untuk bisa sembuh dari kanker ini.

Berikut ini gejala-gejala kanker serviks pada wanita :

  1. Terdapat pendarahan di luar jadwal menstruasi

Gejala awal yang berpotensi menunjukkan keberadaan kanker serviks ini ditandai dengan adanya bercak darah atau pendarahan dari vagina padahal sedang tidak dalam masa menstruasi. Memang betul hal ini masih sangat dini untuk menyimpulkan adanya kanker serviks, karena pendarahan diluar jadwal mestruasi bisa saja disebabkan karena anda mengalami stress, kondisi kurang fit, akibat menggunakan alat kontrasepsi, gejala keguguran dan lain sebagainya. Namun meski demikian kita harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Jalan lahir mengeluarkan cairan urin atau feses

Gejala kanker serviks lainnya adalah munculnya cairan urin atau feses dari jalan lahir. Hal ini dikarenakan kanker serviks ketika sudah menyebar ke sekat yang memisahkan antara jalan lahir dan jalan feses dibagian belakang. Atau sel kanker sudah menyebar ke sekat antara jalan lahir dan kandung kemih. Sel kanker ini akan membuat sekat-sekat tersebut menjadi bocor dan mengakibatkan cairan urin dan feses merembes melalui jalan lahir. Apabila hal ini terjadi pada anda maka anda patut waspada dan segeralah memeriksakannya ke dokter.

  1. Masa menstruasi lebih panjang dari biasanya

Umumnya durasi menstruasi berkisar antara 5-7 hari, namun wanita yang dicurigai mengalami gejala awal kanker serviks akan mengalami menstruasi lebih panjang dari masa menstruasi umumnya. Untuk itu ketika anda mengalami menstruasi lebih lama dari biasanya maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk dicari tahu apakah penyebabnya.

  1. Menstruasi mengeluarkan darah lebih banyak dari biasanya

Salah satu gejala adanya kanker serviks adalah darang yang dikeluarkan saat menstruasi lebih banyak dari biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa ada perubahan yang terjdi pada lapisan dinding leher rahim. Perubahan ini salah satunya menunjukkan bahwa ada sel kanker yang tengah berkembang disana, untuk itu anda perlu memeriksakannya segera pada dokter.

  1. Merasa nyeri ketika berhubungan seksual

Penyakit kanker serviks ini akan menyebabkan daerah yang diserang akan lebih sensitif karena mengalami proses peradangan dan kematian sel atau nekrosis. Oleh karena itu salah satu gejala adanya kanker serviks adalah muncul rasa nyeri saat berhubungan seksual. Hal ini diakibatkan daerah yang tengah mengalami peradangan ini tersentuh dan membuat rasa nyeri.

Penyakit kanker serviks memang hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah tes smear. Tes ini memang tidak untuk mengidentifikasi apakah seseorang positif terkena kanker serviks. Melainkan dengan tes ini dapat diidentifikasi adanya sel pada leher rahim yang abnormal. Abnormal belum tentu positif kanker serviks. Namun dengan mengidentifikasi adanya sel abnormal dan mengangkatnya akan mengurangi resiko terkena kanker serviks.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top