Diet

Mengapa Berlari Tidak Menurunkan Berat Badan?

Mengapa Berlari Tidak Menurunkan Berat Badan?

Gagal diet menjadi salah satu penyebab depresi dan stres ketika sedang melakukan beberapa program untuk menurunkan berat badan. Anda mungkin sudah berusaha untuk menurunkan berat badan dengan ide-ide terbaik, termasuk berlari setiap hari. Namun justru berlari meningkatkan berat badan dan membuat Anda memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Bagaimana mungkin berlari setiap hari justru tidak mendukung untuk diet. Mungkin Anda memang melakukan beberapa kesalahan saat berlari. Berikut ini beberapa alasan mengapa berlari tidak menurunkan berat badan yang harus Anda pahami sebelum menyerah.

Sponsor: kezia skin expert

1. Tubuh tidak membakar kalori dengan baik

Ketika Anda baru mulai berlari selama beberapa minggu dan setiap hari maka penurunan berat badan bisa terjadi. Anda mungkin bisa menurunkan berat badan dengan jumlah yang sama setiap minggu atau dua hari sekali. Hal ini membuat tubuh sudah bisa menyesuaikan pembakaran kalori dengan mudah. Tubuh tidak bekerja keras untuk membakar lemak. Namun ketika Anda mencoba untuk terus melakukannya maka tidak ada penurunan berat badan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sudah tidak bisa membakar kalori dengan baik. Karena itu Anda membutuhkan kombinasi atau cara latihan yang lain,misalnya dengan berenang atau senam.

2. Kecepatan lari yang tidak konsisten

Pada dasarnya mungkin Anda sudah melakukan kesalahan besar, yaitu berlari cepat dalam waktu singkat. Meskipun jika Anda melakukan hal ini secara teratur maka sama sekali tidak akan menurunkan berat badan. Cara ini hanya bekerja pada tahap awal. Dan lebih baik jika Anda mengganti caranya dengan berlari dalam waktu yang lebih panjang dengan kecepatan yang stabil. Jangan pernah melakukan lari dalam waktu singkat hanya untuk membakar lemak karena itu akan membuat metabolisme tidak seimbang. Jika Anda tidak bisa melakukan hal ini maka hindari berlari dengan alat seperti threadmill. Lebih baik berlari di jalan yang nyata.

3. Hanya berlari saja

Berlari saja mungkin dipercaya sebagai cara yang cepat untuk membakar kalori, namun ternyata ini tidak benar. Pertama jika Anda mencoba untuk berlari dan berharap bisa menurunkan berat badan maka cobalah dengan keseimbangan nutrisi. Aktifitas tubuh yang baik termasuk membakar kalori ringan dengan pekerjaan lain juga sangat diperlukan. Jangan hanya berlari namun ketika waktu kosong maka Anda hanya makan atau tidur saja.

4. Pembentukan otot tidak dilakukan

Berlari sudah sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Namun jika Anda tidak berusaha untuk membentuk otot di bagian tubuh lain maka usaha ini akan sia-sia saja. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk meningkatkan massa otot. Cara ini bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh namun membuat ukuran otot menjadi lebih besar. Ini tidak akan meningkatkan berat badan karena semua lemak digunakan oleh otot sebagai sumber tenaga. Jadi ini cara yang lebih baik daripada hanya berlari saja.

Jika Anda mencoba menyerah berlari hanya untuk menurunkan berat badan, maka ikuti beberapa hal yang melawan alasan tersebut. Hindari hanya berlari dan berharap berat badan turun dengan cepat. Cobalah untuk melakukan beberapa jenis latihan yang lain.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top