Memilih lingkungan rumah yang tepat bagi tumbuh kembang anak

Memilih lingkungan rumah yang tepat

memilih lingkungan rumah yang tepat – Tumbuh kebang anak menjadisalah satu hal yang sangat diperhatikan oleh orang tua. Setiap orang tua pasti menginginkan anak nya yang selama ini ia didik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak ada orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang buruk, tidak bermoral, tidak berbakti pada orang tua dan tentu saja menjadi salah satu orang yang meresahkan masyarakat luas. Untuk itu orang tua sejak buah hatinya masih kecil akan berjuang mati-matian untuk mendidik anaknya agar sang anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik menjadi pribadi yang berbakti pada orang tua, bermoral mulia, pintar dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Memilih lingkungan rumah yang tepat

Funny kids

Sponsor : kezia skin expert

Oleh karena itu orang tua sejak buah hatinya masih kecil sudah memikirkan harus kemana mereka menyekolahkan anaknya mulai dari Paud, TK, SD, SMP dan SMA bahkan kuliah. Mereka pasti menginginkan sekolah yang terbaik bagi putra maupun putri mereka. Mereka juga menyempatkan waktu di tengah kesibukan mereka untuk berinteraksi dengan sang buah hati, memberikan berbagai pelajaran hidup, tanaman-tanaman nilai, maupun pelajaran akademis dasar seperti membaca, menulis dan berhitung. Mereka akan sempatkan walau mereka dalam keadaan lelah dan penat setelah seharian berkutat dengan pekerjaan dan tekanan di kantor. Semua mereka lakukan demi perkembangan anak mereka. Namun kadang orang tua luput terhadap suatu hal yang juga memiliki pengaruh besar bagi tumbuh kembang anak mereka. Hal tersebut adalah lingkungan rumah tempat ia sekeluarga tinggal. Salah memilih lingkungan rumah yang tepat maka akan membawa dampak buruk pula bagi buah hati anda kedepannya.

Pada anak usia balita hingga mendekati remaja, proses pendidikan yang mereka alami berasal dari melihat dan mencontoh. Hal ini dikarenakan selain mereka belum memiliki banyak pengalaman hidup juga dikarenakan kemampuan otak mereka belum mampu mencerna dan berfikir logika untuk jangka panjang. Untuk itu tempat ia belajar tentang segala hal di mulai dari lingkungan terdekatnya. Yakni mulai dari keluarganya, sekolahnya dan juga lingkungan rumah nya tempat selama ini ia berinteraksi dengan manusia lain dan tempat dimana ia bermain serta berjalan-jalan. Lingkungan rumah ini menjadi salah satu bagian yang memiliki peranan teradap tumbuh kembang anak kita. Apabila anak kita berada pada lingkungan rumah yang buruk, lingkungan bermain dan berkawan yang buruk maka ia pun akan terpengaruh dengan buruknya lingkungan tersebut.

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih lingkungan rumah yang tepat bagi tumbuh kembang anak kita. cara memilihnya bisa dikatakan susah-susah gampang, antara ain :

  1. Pilihlah lingkungan yang terdapat cukup banyak anak-anak seusia anak anda

Untuk tahap pertama anda bisa mencari lingkungan yang terdapat cukup banyak anak-anak yang seusia dengan anak anda. Hal ini penting karena seorang anak dapat lebih cepat berinteraksi dan berkawan dengan anak lain yang seusianya. Bila anak anda tumbuh di lingkungan yang jarang ada anak seusianya, maka dikhawatikan anak anda tidak akan memiliki teman sepermainan. Ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah entah itu untuk membaca buku, menonton film atau bermain game. Namun nyatanya semua itu akan membuat anak anda kesulitan bersosialisasi dengan masyarakat luas di kemudian hari.

  1. Pastikan lingkungan anda tidak ada warga yang melakukan tindakan kriminal seperti mencuri, minum minuman keras, bermain wanita, dan sebagainya

Pastikan pula lingkungan tersebut bebas dari segala macam kemaksiatan. Hal ini dikarenakan akan susah jadinya apabila anak anda tertarik untuk bergaul denga orang-orang yang gemar bermaksiat baik itu mencuri, meminum-minuman keras, narkoba, bermain wanita dan lain sebagainya. mungkin di awal anda bisa memberinya nasehat. Namun bila setiap hari ia melihat pemandangan demikian bukan tidak mungkin suatu saat ia ingin mencobanya dan ikut terjerumus ke dalamnya. Untuk itu anda harus memastikan tidak ada kemaksiatan yang dapat menjadi contoh buruk bagi anak-anak anda.

  1. Analisa latar belakang kebanyakan warga yang tinggal disana

Budaya juga sangat dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan juga asal daerah orang tersebut. Misalnya saja budaya seseorang yang hanya lulusan SD tentu sangat berbeda sekali dengan mereka yang lulusan sarjana. Begitu juga orang yang berasal dari daerah Surabaya budayanya berbeda dengan orang yang berasal dari Solo. Sebelum anda memutuskan untuk tinggal di suatu kampung atau perumahan, anda bisa menganalisa terlebih dahulu latar belakan pendidikan dan asal daerah warga yang tinggal di sana. Saya yakin data tersebut ada di pejabat RT ataupun RW. dari data tersebut anda bisa menganalisa budaya seperti apa yang sekiranya tercipta di lingkungan tersebut.

  1. Pilih lingkungan yang memiliki program keagamaan aktif

Lingkungan dengan program keagamaan aktif selain bisa memberikan pembelajaran bagi anak anda untuk membangun spiritualismenya juga menunjukkan bahwa lingkungan tersebut beranggotakan warga yang memiliki minat keagamaan yang tinggi sehingga dapat menjadi pengondisian bagi anak anda untuk tumbuh menjadi pribadi yang religius dan berakhlak mulia. Selain itu lingkungan ini juga umumnya memiliki kepdulian sosial yang tinggi dan antar warganya saling melindungi karena bagi mereka orang yang seiman adalah saudara. Sehingga anda akan merasa nyaman dan aman hidup di lingkungan ini. Dan tentu saja baik untuk tumbuh kembang anak anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top