Perawatan Rambut

Manfaat Santan Kelapa Buat Rambutmu

Manfaat-Santan-Kelapa-Buat-Rambutmu

Rambut adalah mahkota wanita. Dengan rambut yang indah, penampilan seorang wanita akan menjadi lebih percaya diri dan cantik. Tak jarang untuk bisa mendapatkan rambut yang sehat bercahaya seperti artis papan atas, wanita rela merogoh koceknya dalam-dalam. Tak sedikit pula yang justru mengalami berbagai permasalahan rambut sebagai akibat dari penggunaan bahan-bahan yang tidak sesuai atau obat-obat yang ternyata merusak alih-alih membuat rambut menjadi indah.

Sponsor : dr rochelle skin expert

Jika Anda adalah salah satu wanita yang mengalami kebingungan dalam merawat rambut agar indah dan sudah lelah berganti berbagai merk produk perawatan, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan tradisional untuk merawatnya. Daripada tertipu dengan prosuk palsu, bukankah jauh lebih baik membongkar kembali ajaran turun temurun nenek moyang dalam merawat kecantikan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan santan yang berasal dari kelapa. Pada dasarnya santan adalah resep rahasia kecantikan alami Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium, magnesium dan fosfor ternyata mengandung sejuta manfaat untuk perawatan rambut. Jadi, santan bukan hanya bahan penyedap makanan saja. Santan juga sangat mampu membantu Anda meningkatkan kecantikan.

Berikut kami sampaikan manfaat santan kelapa untuk rambut.

  1. Menghitamkan rambut beruban

Rambut yang cepat beruban bisa disebabkan oleh faktor genetik maupun kerusakan rambut akibat ketidakcocokan penggunakan produk tertentu. Jika terjadi pada Anda maupun kerabat terdekat, cobalah gunakan perawatan santan untuk mengembalikan warna hitam pada rambut dan menjadikannya lebih berkilau. Caranya adalah dengan menggunakan santan sebagai kondisioner setelah keramas. Sebagai perawatan lanjutan, dapat pula mencampurkan alpukat dengan santan. Haluskan alpukat dan beri sedikit santan sehingga bentuknya seperti masker rambut yang dijual dipasaran. Aplikasikan pada rambut setiap seminggu sekali.

  1. Mengatasi rambut bercabang

Apabila Anda sudah muak dengan rambut yang kering, gersang dan bercabang yang menyebabkan rambut terlihat tidak sehat, cobalah untuk menggunakan santan sebagai bahan untuk merawat rambut. Siapkan santan buatan sendiri dan letakkan dalam botol spray. Setelah itu semprotkan pada batang rambut perlahan dan sebarkan ke seluruh bagian rambut. Gunakan setiap hari hingga masalah rambut bercabang Anda terselesaikan.

  1. Meluruskan rambut

Santan juga dikenal sebagai agen dalam meluruskan rambut agar terlihat lurus alami, serta menyelamatkan wanita dari rambut yang kusut dan kasar. Jika terjadi pada Anda, semprotkanlah santan ke rambut sebelum menyisirnya. Dengan cara ini, rambut akan mudah untuk ditata dan tidak perlu ditarik terlalu keras sehingga menyebabkannya rontok. Selain itu, santan menjadi lebih bermanfaat dalam melembabkan rambut, campurkan beberapa tetes minyak zaitun. Simpan sisanya dalam lemari es untuk menjaga kualitasnya. Lebih lanjut untuk perawatan, dapat mula membuat masker santan yang dicampur dengan madu dan minyak kelapa. Setelah merata, oleskan secara merata pada seluruh bagian batang rambut dan diamkan paling tidak tiga puluh menit sebelum rambut di keramas.

  1. Menghilangkan ketombe

Bagi pemilik kulit kepala yang berketombe, gunakanlah santan untuk membersihkannya. Pijatkan santan secara lembut dan perlahan ke seluruh permukaan kulit kepala secara teratur dan merata. Lakukan setiap kali akan keramas untuk hasil yang terbaik. Apabila Anda sering bermasalah dengan shampoo produksi pabrik, cobalah untuk membuat sendiri shampoo Anda dari bahan santan dan daun mangkok. Caranya ambil beberapa helai daun mangkok, tambahkan dengan air dan peras. Setelah itu campurkan dengan santan. Dengan cara demikian, kulit kepala yang gatal dan berketombe akan dapat teratasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kadar kepercayaan diri Anda dalam berinteraksi sosial sehari-hari.

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Untuk merangsang pertumbuhan rambut, gunakanlah santan segar. Aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala secara perlahan dan merata. Berilah pijatan lembut agar santan dapat lebih masuk ke dalam kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Bagi yang memiliki kasus kebotakan, dapat pula menambahkan beberapa tetes minyak kamper pada santan. Aduk hingga rata terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada rambut. Berikan porsi ekstra pada bagian yang botak dan diamkan. Tunggu 30 menit baru kemudian bilas. Adapun, untuk menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok, masker santan yang dicampur dengan beberapa tetes minyak lavender adalah penyelamat Anda. Sama seperti cara merangsang pertumbuhan akar rambut, gunakan campuran ini di kulit kepala. Pijat dengan lembut selama lima belas menit kemudian diamkan dan bilas rambut setelahnya.

Demikian beberapa keunggulan perawatan menggunakan santan. Tentunya jikalau tidak memiliki salah satu masalah rambut seperti contoh di atas, perawatan dengan santan masih sangat relevan untuk digunakan bagi Anda yang menginginkan asupan nutrisi yang baik bagi rambut dan kulit kepala. Gunakan saja santan sebagai perawatan sebelum keramas dan diamkan selama lebih kurang 20 sampai 40 menit agar hasilnya maksimal.

Apabila tertarik, akan sangat baik jika Anda coba gunakan di rumah dan buat sendiri santannya. Meskipun zaman sekarang tidak sulit untuk mendapatkan santan instan, tapi karena perawatan ini mengena langsung untuk wajah, kulit dan rambut Anda, akan jauh lebih baik untuk menggunakan santan yang dibuat sendiri. Cara membuatnya sederhana, siapkan kelapa. Sebaiknya pilih kelapa yang cukup tua, jangan kelapa muda. Kemudian parut dagingnya dan siram hasil parutan dengan air panas. Setelah itu saring hasilnya dan diamkan hingga dingin. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan santan yang multiguna untuk perawatan rambut alami terbaik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top