Herbal Alami

Manfaat dan Efek Samping Chasteberry untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Chasteberry untuk Kesehatan

Chasterberry atau vitex agnus catus merupakan buah herbal kecil yang berwarna coklat. Herbal ini memiliki bentuk seperti lada dan aroma yang kuat seperti peppermint. Herbal ini memang sering digunakan dalam perawatan oleh biksu untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit secara alami. Sebenarnya buah chasteberry baru akan dipanen dan diolah ketika sudah matang, yaitu ketika buah sudah berwarna merah kecoklatan. Buah digunakan dalam bentuk cairan yang diambil dari daging buah dan juga bubuk. Dan sekarang buah chasteberry sudah sering ditemukan sebagai obat herbal yang dikemas dalam bentuk kapsul atau ekstrak. Tapi apa saja manfaat dan efek samping chasteberry untuk kesehatan. Simak informasi lengkap dibawah ini.

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Mengatasi nyeri payudara saat sindrom PMS

Wanita umumnya merasakan bagian nyeri payudara yang parah saat menjelang menstruasi. Ini adalah salah satu sindrom yang paling sering terjadi dan juga bisa terjadi pada wanita menjelang menopause. Chasteberry dipercaya bisa membantu tubuh menghentikan produksi prolaktin yang bisa menyebabkan nyeri payudara yang sangat kuat. Prolaktin biasanya hanya terjadi pada ibu menyusui namun beberapa wanita juga memiliki kadar prolaktin yang tinggi. Ketika tubuh memiliki banyak kadar prolaktin maka bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur dan nyeri payudara yang berat.

2. Membantu mengatur hormon untuk pria dan wanita

Chasteberry sudah sering digunakan untuk membantu mengatur hormon pada pria dan wanita. Chasteberry bisa membantu menurunkan kadar testosteron pada pria dengan cara yang sangat alami. Masalah ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan masalah yang berat untuk wanita seperti menstruasi yang tidak teratur, PMS yang berat dan gejala menopause dini. Chasteberry memiliki senyaw yang bersifat seperti anti-androgen yang bisa menyebabkan kadar testosteron menjadi lebih tinggi. Efek dari perawatan hormon dengan chasteberry juga sangat penting untuk mencegah jerawat dan pertumbuhan rambut berlebihan pada wanita.

3. Meningkatkan kesuburan dan mencegah keguguran

Chasteberry sangat penting untuk wanita karena bisa membantu meningkatkan kesuburan dan mencegah keguguran. Pada dasarnya keguguran sering disebabkan oleh tipisnya lapisan rahim akibat rendahnya progesteron. Kemudian chasteberry akan bekerja untuk menyeimbangkan hormon yang bisa memberi dampak langsung pada kesuburan. Chasteberry sangat baik untuk membantu memperpanjang masa ovulasi sehingga meningkatkan peluang kehamilan. Namun chasteberry sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan dampak pada janin dalam kandungan.

4. Menurunkan resiko kanker prostat

Chasteberry juga sangat penting untuk membantu mencegah kanker prostat. Chasteberry bisa membantu pria memiliki hormon yang seimbang sehingga juga penting untuk fungsi kelenjar pituari. Chasteberry sangat baik untuk mencegah produksi androgen yang berlebihan. Penggunaan chasteberry sudah dibuktikan sejak lama untuk mengendalikan hormon pada pria. Namun konsumsi berlebihan chasteberry bisa menyebabkan masalah serius untuk hormon pria.

Efek samping chasteberry bisa menyebabkan masalah serius seperti mual, sakit kepala, sakit perut dan gatal-gatal . Semua efek samping ini tidak akan terjadi jika chasteberry dikonsumsi secara tidak berlebihan dan sesuai aturan. Perhatikan untuk selalu bertanya dengan dokter ketika ingin menggunakan chasteberry bersamaan dengan obat medis.

0
0%
like
1
50%
love
1
50%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top