Makanan Sehat

Makanan yang Bisa Mengatasi Perut Kembung

Makanan yang Bisa Mengatasi Perut Kembung

Membuang gas dari perut memang sebuah hal yang sangat wajar dan juga sehat untuk tubuh Anda. Namun ketika Anda mengalami perut kembung maka gas dalam perut seperti tertahan dan tidak alami. Gas perut bisa menyebabkan masalah tidak nyaman dan juga merusak selera makan. Masalah ini disebabkan oleh adanya udara yang berlebihan dalam usus besar. Akibatnya Anda bisa merasa perut seperti penuh, mual dan tidak nyaman.

Makanan yang Bisa Mengatasi Perut Kembung.2

Sponsorperawatan wajah

Perut kembung juga bisa menyakitkan karena Anda tidak bisa membuang gas secara alami. Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan makanan yang sehat. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang bisa mengatasi perut kembung secara alami dan sangat sehat untuk tubuh.

  1. Nasi merah

Banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi kabohidrat ketika mengalami perut kembung. Memang mengkonsumsi nasi dan gandum bisa membuat perut lebih sakit meskipun makanan ini juga mengandung serat. Sebagai gantinya maka Anda bisa mengkonsumsi nasi merah yang sangat sehat. Nasi merah mengandung senyawa yang bisa merangsang gas dalam perut bisa keluar alami dan juga menghentikan produksi gas berlebihan. Untuk mengkonsumsi nasi merah sebaiknya bersamaan dengan sumber protein seperti ikan laut dan sayuran paprika.

  1. Ikan laut

Semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat rendah sangat baik untuk mengatasi perut kembung. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan laut yang mengandung protein. Makanan laut bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat namun harus dikonsumsi dengan cara dibakar atau dipanggang. Hindari mengkonsumsi sumber protein tinggi yang dimasak dengan cara digoreng. Tambahkan beberapa bahan herbal yang sangat baik untuk perut kembung seperti basil dan daun mint.

  1. Sayuran dan buah penghilang gas

Beberapa jenis sayuran dan buah memang bisa menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Beberapa sayuran dan buah ini termasuk seperti apel, pir, kubis, borkoli, terong dan kembang kol. Anda sebaiknya menghindari semua makanan ini dan menggantikannya dengan sayuran dan buah yang bekerja sebaliknya. Beberapa sayuran dan buah ini termasuk seperti melon, anggur, selada, timun, paprika, minyak zaitun, dan tomat. Setelah mengkonsumsi makanan ini sebaiknya juga cukup minum air.

  1. Jahe

Jahe bisa membantu mengatasi perut kembung terutama jika disertai dengan mual dan muntah. Kondisi ini sering terjadi ketika tubuh masuk angin dan gejala flu. Jahe mengandung zingibain dan juga enzim yang bisa meningkatkan proses pencernaan. Jahe untuk mengatasi perut kembung sebaiknya dikonsumsi dengan merebus jahe atau menyeduh jahe dengan air mendidih. Anda juga bisa mencampurkan dengan madu agar rasanya lebih enak. Hindari mengkonsumsi jahe bubuk karena rimpang jahe lebih alami dan menyehatkan.

Semua jenis makanan yang bisa mengurangi perut kembung memang sudah terbukti sejak lama. Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan lain seperti yogurt organik, bayam, basil dan daun mint. Kemudian jika sudah mengkonsumsi makanan ini tapi perut kembung belum berkurang maka segera konsultasikan dengan dokter terdekat, kemungkinan ada penyebab lain mengapa Anda mengalami perut kembung.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top