Makanan Sehat

Makanan Sehat untuk Menurunkan Estrogen pada Pria

makanan sehat untuk menurunkan estrogen pada pria

Ketika pria memiliki kadar testosteron yang rendah maka sebenarnya ada tingkat tinggi hormon estrogen dalam tubuhnya. Kondisi ini sangat umum dan sering terjadi pada pria yang sudah lanjut usia. Cara yang paling efektif untuk mencegah atau mengendalikan masalah ini adalah mencoba untuk menurunkan estrogen dalam tubuh. Ketika dalam tubuh ditemukan tingkat estrogen yang tinggi maka bisa terkena resiko penyakit jantung dan juga berbagai jenis kanker yang terkait dengan sistem reproduksi.

Sponsorcream pemutih wajah

Mengendalikan estrogen dengan obat bukan menjadi pilihan yang cukup baik karena juga bisa meningkatkan beberapa resiko. Cara alami dengan makanan yang mengandung senyawa fitokimia dianggap lebih aman. Dibawah ini adalah beberapa makanan sehat untuk menurunkan estrogen pada pria.

makanan sehat untuk menurunkan estrogen pada pria

  1. Berbagai jenis jamur

Jamur bisa sangat baik untuk menurunkan estrogen karena bekerja untuk menghentikan produksi estrogen yang berlebihan. Beberapa jenis jamur yang sudah terbukti efektif seperti jamur crimini dan jamur shiitake. Semua jenis jamur ini mengandung sebuah enzim aromatase yang bisa bekerja untuk mengendalikan hormon androgen yang berubah menjadi androgen. Cara terbaik untuk mengkonsumsi jamur adalah dengan memasak bersama  bawang dan minyak zaitun.

  1. Semua jenis biji-bijian utuh

Semua jenis biji-bijian utuh sangat baik untuk pria yang memiliki estrogen yang tinggi. Biji-bijian utuh mengandung senyawa polifenol yang bekerja untuk menghentikan estrogen dalam tubuh. Berbagai jenis biji-bijian ini termasuk seperti gandum, gandum hitam, jagung, nasi merah dan jelai. Selain menyehatkan maka biji-bijian ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin diet maka ini juga makanan pilihan yang cukup sehat.

  1. Semua jenis sayuran persilangan

Semua jenis sayuran persilangan sangat baik untuk mengendalikan estrogen. Sayuran persilangan sangat terkenal dengan kandungan fitokimia. Fitokimia ini akan bekerka seperti hormon yang sangat sehat untuk tubuh. Berbagai jenis sayuran persilangan yang sehat termasuk seperti, brokoli, kembang kol, kubis, sawi, dan lobak. Bumbu yang termasuk ke dalam keluarga ini seperti bawang merah dan bawang putih. Anda bisa mengkonsumsi sayuran yang sehat ini dan bisa memberi efek baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan.

  1. Anggur merah dan delima

Anggur merah mengandung resveratrol yang terdapat pada bagian kulitnya. Kemudian senyawa kimia ini  juga terdapat pada bagian biji anggur. Jika Anda sering makan anggur maka jangan pernah membuang kulit dan bijinya. Meskipun itu rasanya tidak enak dan kasar atau pahit tapi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kemudian delima sangat baik untuk membantu menurunkan estrogen karena mengandung senyawa kimia yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Teh hijau

Teh hijau menjadi satu-satunya jenis teh yang memang sangat baik untuk menurunkan estrogen. Teh hijau mengandung fitoestrogen alami yang bisa bekerja untuk mencegah estrogen berlebihan. Efek menguntungkan lain dari teh hijau juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Namun teh hijau mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga konsumsi berlebihan sebaiknya memang tidak dilakukan.

Jika Anda sudah mencoba mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini dan masih merasakan keluhan terkait dengan estrogen, maka Anda harus segera pergi ke dokter. Terkadang kegagalan juga bisa disebabkan karena konsumsi berlebihan dan cara konsumsi yang kurang tepat.

1
11%
like
2
22%
love
5
55%
haha
0
0%
wow
1
11%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top