Makanan Sehat

Makanan Paling Sehat Saat Sakit Gigi

Makanan Paling Sehat Saat Sakit Gigi

Saat sakit gigi maka masalah yang paling sering dihadapi adalah tidak bisa makan dengan baik. Kemudian sakit gigi akan menyebabkan tubuh kekurangan energi sementara rasa sakit juga sangat kuat. Anak-anak bisa menjadi sangat rewel sementara orang tua juga akan kehilangan tenaga. Berbagai makanan terasa tidak lezat saat dimakan ketika sakit gigi, dan ini menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Tubuh Anda akan terlihat lemah dan tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akibat kekurangan nutrisi. Karena itu memilih makanan yang sehat saat sakit gigi harus dilakukan dengan baik. Tidak hanya untuk mencukup energi tubuh tapi juga untuk membuat sakit gigi segera sembuh dengan bantuan energi dan zat alami kimia pada makanan. Dibawah ini adalah beberapa makanan sehat untuk penderita sakit gigi dan bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa.

Sponsor: pemutih wajah

1. Sup

Sup yang terdiri dari bahan daging tanpa lemak atau kaldu tulang sangat baik untuk orang yang sedang sakit gigi. Tambahan bumbu alami seperti jahe dan bawang putih dalam sup bisa menjadi sumber antibiotik alami. Meskipun saat sedang sakit gigi tidak bisa mengunyah dengan baik namun cairan dari sup bisa mengatasi dehidrasi. Anda bisa mencoba untuk membuat sup ayam, sup ikan, sup kaldu tulang atau dengan tambahan sayuran. Sup dari kaldu tulang baik itu ayam kampung atau sapi sangat baik karena mengandung seng yang sangat tinggi. Seng bisa meningkatkan energi tubuh sehingga membuat tubuh tidak terlalu lemah.

2. Yogurt

Yogurt dengan tekstur yang sangat lunak sangat baik untuk menjaga energi tubuh. Makanan ini tidak membutuhkan tenaga berat untuk mengunyah sehingga lebih nyaman untuk gigi. Selain itu yogurt yang dibuat dari bahan susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Kalsium bisa membuat kesehatan gigi membaik sehingga mengatasi rasa sakit dengan cepat. Namun Anda harus memilih jenis yogurt yang mengandung pemanis alami agar bagian gigi yang sakit tidak terlalu sensitif.

3. Keju

Keju akan membantu orang yang sakit gigi bisa mendapatkan nutrisi yang sangat sehat. Keju mengandung kalsium, vitamin B yang lengkap, seng dan berbagai mineral lengkap lain. Keju bisa dicampurkan dengan makanan lain termasuk sup atau telur dadar. Selain itu keju juga tidak membutuhkan banyak tenaga gigi untuk mengunyah. Karena itu penting bagi orang yang sedang sakit gigi memilih keju dibandingkan roti atau kue kering.

4. Es krim

Es krim bisa membantu mengatasi nyeri akibat sakit gigi yang berlebihan. Ini juga akan membantu meringankan bengkak dan peradangan. Sakit gigi terkadang menyebabkan bagian gusi menjadi lebih merah dan meradang. Es krim yang terbuat dari susu dan tidak mengandung pemanis berlebihan akan membuat gigi menjadi lebih nyaman. Sebaiknya hindari memilih es krim dengan bahan coklat karena bisa membuat sakit gigi menjadi lebih buruk. Lebih baik jika Anda mencoba untuk membuat es krim alami sendiri dengan tambahan buah seperti anggur dan stroberi.

Saat terkena sakit gigi maka jangan memberikan makanan yang memiliki rasa asam dan pedas yang kuat. Lebih baik untuk memberikan makanan yang netral seperti beberapa daftar makanan diatas. Dan selain itu jangan memilih makanan yang bisa membuat gigi sensitif seperti makanan yang lengket di gigi dan mulut.

0
0%
like
1
50%
love
0
0%
haha
1
50%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top