Makanan Sehat

Makanan Kaya Selenium yang Bisa Dimakan Setiap Hari

Makanan Kaya Selenium yang Bisa Dimakan Setiap Hari

Selenium adalah salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Semua orang membutuhkan selenium yang cukup termasuk untuk bayi. Umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 60 sampai 70 mikrogram selenium setiap hari. Dalam dunia kesehatan selenium dilihat sebagai nutrisi yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi hormon testosteron, mengendalikan kelenjar tiroid, membuat kulit menjadi lebih halus dan berbagai fungsi lainnya. Kehilangan selenium berarti beberapa fungsi metabolisme tubuh bisa terhambat. Untuk memenuhi kebutuhan itu maka dibawah ini beberapa daftar makanan mengandung selenium tinggi yang bisa dimakan setiap hari.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

1. Keju

Keju merupakan produk olahan dari susu yang mengandung selenium cukup tinggi. Setiap 100 gram keju mengandung setidaknya 18 mikrogram selenium. Ini jumlah yang bisa membantu kebutuhan harian selenium. Selain itu keju mengandung zat besi dan kalsium yang akan membantu kepadatan tulang. Jika Anda tidak suka makan keju secara langsung maka Anda bisa mendapatkan keju dari makanan olahan seperti kue.

2. Jamur

Tidak semua orang suka makan jamur karena bentuk dan rasa yang sedikit aneh. Namun jamur mengandung manfaat yang sangat besar karena kandungan vitamin B komplek, kalium, kalsium dan selenium. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan jamur dari berbagai jenis jamur termasuk jamur kancing, jamur tiram, jamur shitake dan jenis lain. Perhatikan untuk memasak atau mengolah jamur dengan tepat untuk menghindari keracunan parasit pada jamur.

3. Oat

Oat selama ini masih dilihat sebagai makanan bule atau makanan orang luar negeri. Karena kita memang sudah terbiasa makan nasi sebagai asupan karbohidrat. Namun oat sangat penting untuk tubuh karena mengandung setidaknya 35 mikrogram selenium dalam setiap 100 gram oat. Ini jumlah yang sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Anda bisa mencampurkan oat bersama buah seperti stroberi dan pisang sebagai menu sarapan setiap hari.

4. Ikan salmon

Selama ini ikan salmon sangat dikenal karena mengandung omega 3 yang sangat tinggi. Ikan salmon juga sangat baik untuk perkembangan tubuh karena nutrisi yang sangat lengkap. Ini ikan pilihan yang sehat karena bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua. Ikan salmon mengandung sekitar 39 mikrogram selenium dalam setiap 100 gram. Ketika Anda ingin mendapatkan manfaat selenium dari ikan salmon maka masak dengan cara yang benar. Jangan menggorang ikan salmon karena bisa membuat ikan salmon mengandung lemak jenuh.

5. Telur

Telur bisa menjadi sumber selenium yang paling sering dikonsumsi. Telur juga mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh. Dalam setiap 100 gram telur mengandung setidaknya 31 mikrogram selenium. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis makanan yang menggunakan telur jika tidak suka makan telur secara langsung. Dan perhatikan untuk memasak telur dengan cara yang sehat agar tidak menambah lemak jenuh dalam telur.

Ternyata mencari sumber selenium sangat penting untuk tubuh. Dan semua makanan yang mengandung selenium ini juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan sumber makanan ini sebagai menu makanan harian.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top