Kehamilan

Janin Berhenti Bergerak? Lakukan Trik Berikut Ini!

Janin Berhenti Bergerak Lakukan Trik Berikut Ini!1

Janin dalam kandungan biasanya akan aktif bergerak yang menjadi pertanda bahwa janin sedang sehat. Namun bagaimana jika tiba-tiba janin berhenti bergerak? Jangan panik dulu saat mendapati janin berhenti bergerak secara tiba-tiba. Anda bisa lakukan trik atasi janin berhenti bergerak dengan segera.

Sponsor: cream pemutih wajah

Pergerakam janin sudah mulai terasa saat memasuki usia kehamilan 18 hingga 25 minggu, dan akan terus terjadi sampai waktunya persalinan datang. Alasan paling terjadi jika janin berhenti bergerak adalah karena aktifitas tidur, tidak ada cukup ruang untuknya bergerak, atau memungkinan karena dalam kandungan tengah kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga janin tidak memiliki cukup energi untuk melakukan pergerakan.

Janin Berhenti Bergerak Lakukan Trik Berikut Ini!

Seputar pergerakan janin dalam kandungan:

Untuk mengetahui sejauh mana janin aktif, seharusnya dilakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi kehamilan. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan cara meraba janin atau istilahnya Leopold. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan letak anggota tubuh janin seperti posisi kepala, bokong, dan bagian lain. Karena pergerakan janin sudah mulai terjadi di bulan ke 4-5 bulan, pergerakan dimulai dengan rasa seperti berdenyut, kadang teratur dan kadang lemah. Kondisi terjadi akibat pengaruh cairan ketuban yang masih banyak sementara tubuh janin masih kecil, akibatnya janin dapat leluasa bergerak dengan aktif. Umumnya janin akan aktif bergerak pada malam, atau setelah makan. Makanan yang mengandung tinggi gula juga menjadi penyebab janin bergerak. Di siang hari gerakan janin akan melemah akibat sedang melakukan waktu istirahat atau tidur. Ibu hamil yang bekerja kadang juga tidak dapat merasakan aktifitas janin. Memasuki usia 28 minggu atau 7 bulan kehamilan, gerakan janin makin terasa dan lebih teratur. Pergerakan bisa terjadi sebanyak 10-30 kali per jam. Jika gerakan kurang dari 10 kali per jam, jangan panik sebab dimungkinkan janin sedang tertidur.

Janin Berhenti Bergerak Lakukan Trik Berikut Ini!1

Trik yang bisa dilakukan untuk memancing janin aktif bergerak:

  • Mencoba membuat suara gaduh seperti menghidupkan musik atau bunyi-bunyian dengan frekuensi sedikit kencang. Anda juga bisa menghidupkan tv dengan menambahkan volume. Tunggu apakah ada respon gerakan dari janin.
  • Jika belum ada respon coba meminum sesuatu yang sangat dingin, dimana air dingin akan mengubah temperatur suhu tubu janin dan tubuh ibunya. Suhu tubuh ibu yang berubah, akan mudah bagi janin merasakan dan akhirnya membuat gerakan akibat janin tengah mencari temperatur nyaman untuknya.
  • Beberapa gerakan atau aktifitas sang ibu kadang membuat janin merasakan seperti diayun sehingga ia akan tertidur pulas. Oleh sebab itu cobalah untuk berhenti menggerakkan tubuh agar dapat membuat janin terbangun.
  • Konsumsilah sesuatu yang manis untuk memancing gerakan janin.
  • Anda bisa mengubah posisi tubuh kedalam keadaan yang tak nyaman agar membuat janin merasa tak nyaman dan menggeliat akibat ketidak nyamanan tersebut. Coba untuk berbaring ke sisi kiri untuk memperlancar sirkulasi tubuh yang bisa memicu janin melakukan pergerakan kembali.

Jika rangkaian stimulus yang sudah diberikan masih belum membuahkan hasil, maka cara paling mudah adalah segera berkonsultasi pada dokter. Terlebih jika janin tak bergerak setidaknya 10 kali maka dengan berkonsultasi dokter akan mengecek dan memberikan treatmen. Yang paling utama agar janin aktif adalah memantai terus keadaan. Catat setiap pergerakan misalnya jika pada minggu ke 20 janin bergerak sebanyak 10 kali di jam 10:00 – 11:00. Jadi total gerakan semala sehari adalah 50 kali.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top