Info Dokter

Jangan Sepelekan Khasiat Buah Belimbing Wuluh

Khasiat Buah Belimbing

Khasiat Buah Belimbing – Belimbing wuluh merupakan jenis dari buah belimbing dengan cirri khas warna hijau terang, dan rasanya sangat asam, lebih daripada buah belimbing yang biasa kita konsumsi.

Belimbing wuluh meskipun rasanya tidak enak jika dikonsumsi mentah, tetapi memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia.

Khasiat Buah Belimbing

Sponsored: produk pemutih wajah

Belimbing yang ukurannya kecil ini lebih sering dikonsumsi sebagai asinan dan juga bahan buah untuk rujak yang dicampur dengan buah asam lainnya, atau dijadikan perasa asam pada sayur asem.

Walaupun rasanya sangat tidak enak jika dikonsumsi langsung, belimbing wuluh ternyata memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan Gizi

Belimbing wuluh memiliki kandungan unsur alami seperti halnya juga banyak terdapat pada buah-buah popular lainnya. Unsur alami yang terdapat pada belimbing wuluh antara lain vitamin c, glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Selain sebagai penghasil vitamin, belimbing wuluh juga umum digunakan sebagai obat tradisional. Cara memanfaatkannya pun sangat simple. Rata-rata belimbing wuluh hanya perlu direbus atau dikonsumsi langsung bagi yang tahan dengan rasa asamnya.

Dengan semua kandungan unsur alami itu, belimbing wuluh juga dapat dijadikan sebagai nutrisi alami untuk kecantikan. Itu sebabnya, ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi belimbing wuluh mentah dapat membuat awet muda.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?

Selain beberapa kandungan gizi dan nutrisi vitamin yang bermanfaat bagi tubuh tadi, kini kita lihat yuk, manfaat dan khasiat belimbing wuluh sebagai obat:

  1. Sebagai Obat batuk

Belimbing wuluh dapat digunakan sebagai obat batuk. Rasa asamnya bisa mengusir kuman dan dapat menetralisir rasa gatal di tenggorokan Anda, sehingga akan terasa lebih lega.

  1. Mengatasi diabetes

Selain sebagai obat batuk, belimbing wuluh juga dapat mengatasi diabetes. Buah ini tidak banyak mengandung zat gula, bahkan rasanya sangat asam. Sehingga ketika Anda mengonsumsi buah ini, baik secara langsung atau dicampurkan di dalam makanan lain tidak akan membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

  1. Efektif mengobati sakit gigi

Buah belimbing wuluh mengandung senyawa kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Itu sebabnya, belimbing wuluh dapat meredakan rasa nyeri ketika Anda sakit gigi

Siapa sih yang tidak ingin giginya sehat? Gigi yang sehat tentunya akan membuat Anda senang, karena Anda tidak akan kesulitan untuk mengunyah makanan dan menikmati minuman.

  1. Dapat mengatasi panu

Selain sebagai obat dalam, belimbing wuluh juga dapat digunakan sebagai obat luar. Salah satunya adalah sebagai obat panu. Panu biasanya menyebabkan kulit menjadi terlihat tidak rata, dan bahkan cenderung terasa kasar jika diraba. Panu juga bisa menular, melalui pakaian yang dikenakan oleh penderita panu.

Cara menyembuhkan panu, adalah dengan mengoleskan belimbing wuluh secara rutin setiap hari pada bagian kulit yang terkena panu. Perlahan-lahan panu di kulit Anda akan sembuh dan menghilang, kulit Anda pun bisa kembali halus.

  1. Mencegah hipertensi

Khasiat lain dari belimbing wuluh adalah sebagai mencegah hipertensi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam belimbing wuluh ini dapat mencegah hipertensi, jika Anda rutin minum air rebusannya setiap hari.

  1. Obat sariawan

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, maka belimbing wuluh dapat digunakan sebagai obat sariawan. Sariawan merupakan infeksi pada rongga mulut yang cukup mengganggu jika tidak segera diatasi.

Memang cukup ekstrim, karena rasanya cukup perih jika dioleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Namun banyak yang sudah membuktikan bahwa belimbing wuluh efektif untuk menghilangkan sariawan.

  1. Obat jerawat

Belimbing wuluh juga sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat di wajah Anda. Kandungan zat asam yang terdapat pada belimbing wuluh akan memberikan efek jera bagi jerawat aktif.

Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan menyamarkan jerawat yang ada di wajah Anda.

  1. Mengatasi rematik

Penyakit rematik pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh. Jika Anda tidak menyukai rasa asamnya untuk dijadikan obat rematik, Anda bisa sedikit mengolahnya dengan cara mencampurnya dengan buah lain yang sudah sering Anda konsumsi atau rasanya manis.

  1. Obat gondongan

Jika Anda atau orang-orang terdekat Anda menderita penyakit gondongan, maka Anda bisa mengobatinya dengan cara memakan belimbing wuluh ini secara langsung. Fungsi atau khasiat belimbing wuluh untuk penyakit gondongan adalah untuk membantu meredakan peradangan.

  1. Anti oksidan

Belimbing wuluh juga dapat menjadi anti oksidan yang alami untuk menangkal radikal bebas. Efek radikal bebas yang terlalu lama cukup membahayakan tubuh dengan beberapa penyakit yang ditimbulkannya, termasuk penyakit kanker.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat belimbing wuluh yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai sumber makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kuat perlu daya tahan tubuh yang kuat pula agar kuat dalam menyerang berbagai serangan penyakit.

Selain 11 manfaat dan khasiat belimbing wuluh di atas, manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui adalah dapat:

  • Menyehatkan kulit
  • Anti penuaan dini
  • Mencegah radikal bebas
  • Melembabkan kulit

Itu tadi ke-15 manfaat dan khasiat belimbing wuluh yang perlu Anda ketahui.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang belimbing wuluh – buah yang rasanya asam, dan berwarna hijau cerah.

Perlu diingat, bahwa selain dengan memamfaatkan buah seperti belimbing wuluh tadi, pola hidup yang sehat akan dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh.

Ingat, sehat itu mahal. Selamat mencoba.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top