Parenting

Jangan Kaget, Ini yang Akan Terjadi Ketika Anak Berumur 18 Tahun

akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun

Apa yang akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun? Banyak orang tua yang merasa sangat panik ketika umur anak semakin dewasa. Tidak hanya tubuh anak saja yang berubah tapi juga pikiran dan mental mereka. Kemudian saat berumur 18 tahun beberapa anak juga ingin keluar rumah, agar bisa tinggal sendiri. Tapi semua orang tua tidak bisa memberi ijin karena 18 tahun adalah umur yang sangat rentan.

Sponsor: kezia skin expert

Anak mulai melangkah untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Dan beberapa anak keluar untuk mencari jati diri dan tidak mau mendengarkan nasehat orang tua. Jadi jangan kaget dengan semua itu dan lihat beberapa hal yang berubah saat anak berumur 18 tahun, seperti dibawah ini.

  1. Anak Anda memiliki beberapa perubahan pada hukum

Saat anak sudah berusia 18 tahun itu artinya anak sudah memiliki kekuatan hukum tertentu. Pemerintah menetapkan anak bisa memiliki surat keterangan penduduk dan SIM ketika sudah berumur 17 tahun. Ini berarti anak Anda akan dianggap dewasa secara hukum. Anak Anda bisa melakukan berbagai hal yang tidak harus meminta ijin orang tua seperti mengendarai mobil atau memiliki mobil. Bahkan anak Anda bisa memiliki kartu kredit dan semua hal yang berkaitan dengan hukum keuangan. Jika Anda masih ragu untuk memberi hak ini kepada anak maka pertimbangkan untuk berdiskusi dengan keluarga dan anak.

akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun

Sumber: borepanda.com

  1. Anak mungkin melanggar beberapa peraturan

Usia 18 tahun sebenarnya masih dianggap sebagai remaja dan bukan orang dewasa. Karena itu ketika anak melakukan berbagai pelanggaran maka mereka masih harus mendapatkan pendampingan dari orang tua. Biasanya anak yang melakukan kesalahan sangat enggan untuk bertemu langsung dengan orang tua. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah berusaha agar anak mengendalikan diri terhadap tindakan dan menyadari resiko buruk jika melanggar peraturan.

akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun

  1. Anak Anda ingin mandiri dalam keuangan

Ketika anak sudah berusia 18 tahun maka anak juga berusaha untuk bisa mandiri secara finansial. Memang ini bukan hal yang ringan karena terkadang anak juga berusaha untuk bekerja atau bekerja sambil kuliah. Orang tua memang masih kewajiban untuk membiayai anak hingga anak bisa mandiri sendiri. Namun biasanya batasan anak mandiri adalah ketika sudah menikah. Dan ada anak-anak kreatif yang mulai mencari uang sendiri ketika mereka sudah mulai kuliah.

akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun

  1. Anak terlibat hubungan percintaan

Umur 18 tahun juga berarti bahwa anak Anda merasa bisa mandiri untuk membuat keputusan tentang pasangan. Anak biasanya ingin merasakan sebuah hubungan termasuk dengan pacar. Dan hal yang sangat rentan adalah  bahwa anak merasa penasaran secara seksual sehingga beberapa anak juga akan melakukan hubungan dewasa. Ini hal yang harus diawasi karena anak-anak sering kehilangan masa depan karena kesalahan ini.

akan terjadi ketika anak berumur 18 tahun

Itulah semua hal yang bisa terjadi ketika anak berumur 18 tahun. Setiap anak memang dilahirkan dengan karakter yang berbeda, sehingga Anda harus mencoba untuk menilai dan membimbing anak dengan baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top