Perawatan Tubuh

Ini 5 Manfaat Merendam Kaki Menggunakan Air Teh

ini-5-manfaat-merendam-kaki-menggunakan-air-teh

Teh adalah minuman yang berasal dari daun teh alami yang dikeringkan. Teh juga menjadi minuman favorit orang-orang selain kopi karena rasanya yang enak dan baunya harum. Ya, aroma yang dihasilkan teh memang juga bisa memberikan efek relaksasi. Banyak jenis teh yang bisa kita jumpai seperti teh hitam, teh hijau, teh olong, dan lain sebagainya. Setiap jenis teh ini mengandung bahan yang beragam dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan adalah salah satu bahan yang terkandung dalam teh yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sponsorperawatan wajah terbaik

Tak hanya itu, ternyata teh bukan hanya berkhasiat saat diminum saja. Kandungan yang terdapat pada teh juga dapat memberikan khasiat dalam menjaga tubuh dari luar. Salah satunya adalah digunakan sebagai campuran larutan untuk merendam kaki.

Berikut adalah manfaat merendam kaki dengan air teh:

1. Mengatasi kaki yang mudah berkeringat
Teh mengandung banyak sekali bahan-bahan yang penuh khasiat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah tannin. Tannin merupakan suatu senyawa asam yang biasa terkandung dalam tumbuhan dan dauh teh sangat kaya akan tannin. Ketika daun teh dicelupkan pada air panas, daun tersebut dapat melepaskan tannin yang dikandungnya. Kemudian tannin inilah yang berfungsi untuk mengurangi keringat pada kaki dengan menutup kelenjar keringat. Caranya ialah dengan mencelupkan empat sampai lima kantung teh pada air panas yang telah disiapkan sebelumnya. Biarkan kantung teh tersebut pada air panas selama 15 menit, semakin kuat kandungan teh akan semakin baik. Kemudian campurkan larutan teh tersebut ke dalam air dingin pada ember atau baskom yang cukup untuk menampung kaki. Sesudah rendaman air teh siap, masukkan kaki dan rendam selama 30 menit. Lakukan perendaman kaki menggunakan air teh secara rutin. Bila ingin hasil yang maksmial, lakukan setiap hari selama seminggu. Ingatlah untuk menggunakan rendaman air teh yang baru untuk setiap sesi perendaman.

2. Menghilangkan bau kaki
Bau kaki merupakan masalah yang terlihat sepele namun sangat mengganggu kenyamanan, baik pada pemilik kaki itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Bau kaki dapat disebabkan oleh sepatu dan karena kaki mudah berkeringat. Ketika memakai sepatu tertutup dan kaki berkeringat, tidak ada udara yang mengalir sehingga menyebabkan keringat menjadi lembab dan akhirnya menimbulkan bau tidak sedap. Selain dapat membantu mengurangi produksi keringat pada kaki, asam tannin juga dapat menghilangkan bau kaki. Teh hitam adalah pilihan tepat untuk bau yang tidak sedap di kaki. Caranya mudah yaitu Anda dapat merebus dua kantung teh selama 15 menit. Buang kantung teh setelah air teh sudah siap lalu masukkan air dingin ke dalam larutan air teh. Terakhir, rendam kaki untuk beberapa saat agar kaki tidak lagi berbau.

3. Menenangkan kulit yang lelah
Kulit selalu siap siaga sebagai perlindungan paling luar tubuh. Kadang Anda lupa bahwa kulit membutuhkan perawatan yang lebih ekstra karena tugasnya juga berat. Kulitlah yang berkontak langsung dengan dunia luar dan bertugas melindungi tubuh dari bahaya yang ada. Itulah sebabnya bukan hanya otot saja yang dapat lelah, sel-sel kulit pun bisa tegang dan lelah. Terutama untuk kulit kaki dimana terkadang orang-orang memilih untuk tidak menggunakan alas kaki. Berjalan di atas jalanan yang kasar dapat membuat kulit bekerja lebih keras dan akhirnya lelah. Untuk itu, merendam kaki pada air teh dapat mengatasi masalah tersebut. Air teh dapat membantu menenangkan kulit sehabis bekerja keras sepanjang hari. Teh putih adalah jenis teh yang cocok untuk mendapatkan manfaat ini karena mengandung banyak antioksidan alami. Teh putih juga berguna sebagai pembersih alami dan membantu memperbaiki kulit yang lelah.

4. Menjaga kulit agar awet muda
Tidak hanya mampu menenangkan kulit yang lelah, teh juga bisa menjaga kulit agar awet muda. Teh rosemary dapat bermanfaat untuk mencegah munculnya keriput dan menjaga keremajaan kulit ketika dipakai sebagai larutan rendaman kaki. Teh ini juga mengandung pelindung bebas radikal yang baik untuk kulit selain kulit kaki. Tentu untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal, proses perendaman harus dilakukan secara rutin. Bisa juga digunakan untuk mengatasi mata bengkak dengan cara meletakkan kantung teh dingin di atas mata.

5. Memberi efek relaksasi
Untuk manfaat yang satu ini, hampir semua jenis teh dapat memberikan efek relaksasi. Meminum teh dapat membuat pikiran menjadi tenang karena rasa terutama aromanya yang harum khas daun teh. Caranya sama seperti yang lain yaitu dengan mencelupkan beberapa kantung teh pada air panas dan membiarkannya larut sejenak. Semakin banyak kandungan teh maka akan semakin berkhasiat. Campurkan larutan teh dengan air dingin sehingga menjadi rendaman yang hangat. Rendaman air teh ini akan dapat merilekskan pori-pori kulit. Tidak hanya sebagai rendaman kaki, bisa juga Anda gunakan sebagai rendaman saat Mandi. Hasilnya tentu pasti akan lebih maksimal terutama untuk keseluruhan kulit tubuh. Namun bila waktu yang ada memang terbatas, Anda dapat merendam kaki dalam waktu yang singkat.
Inilah beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah merendam kaki ke dalam larutan air teh. Nah, dengan cara yang praktis dan terjangkau saja Anda sudah bisa memperoleh banyak manfaat. Jadi percantik diri Anda menggunakan rendaman teh di rumah.

30
61%
like
9
18%
love
5
10%
haha
4
8%
wow
0
0%
sad
1
2%
angry

Comments

comments

To Top