Ingin Puasa Ramadhan, Tapi Anemia – Ikuti Cara Ini

tips berpuasa dengan sehat ketika anemia

Sekarang sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan. Apakah Anda masih berpuasa? Bagi orang yang sehat memang bisa berpuasa selama satu bulan penuh. Tapi jika Anda menderita anemia maka tentu sulit untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh. Sementara mendapatkan pahala berpuasa memang sangat penting untuk dilakukan sesuai keyakinan.

Sponsor: perawatan wajah

Penyakit anemia memang bisa membuat tubuh menjadi sangat lemah. Anemia merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh menjadi sangat rendah. Hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lesu, lemah dan tidak berdaya. Lalu ketika ingin menjalankan puasa maka harus menjaga kesehatan dengan  baik. Berikut ini adalah beberapa tips berpuasa dengan sehat ketika anemia.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur

Untuk penderita anemia maka selama puasa harus menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan. Memang selama berpuasa maka cairan tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Karena itu cairan bisa dikonsumsi dengan cara yang baik selama waktu berbuka sampai sahur. Cairan sangat penting untuk membantu mengatasi sakit kepala akibat anemia dan membuat semua organ tubuh mendapatkan kadar oksigen yang cukup. Cairan mineral lebih sehat dikonsumsi daripada semua produk yang mengandung kafein. Cairan yang cukup juga sangat baik untuk membantu tubuh agar tidak mengalami tekanan darah rendah.

tips berpuasa dengan sehat ketika anemia

  1. Hindari semua produk yang mengandung gula sederhana

Kemudian saat berbuka dan sahur maka harus menghindari semua jenis produk makanan yang mengandung gula sederhana. Gula sederhana juga merujuk pada semua jenis makanan dan minuman yang mengandung gula pemanis. Gula bisa membuat tubuh mengalami lonjakan gula darah yang terjadi dengan cepat. Ini juga bisa memicu anemia sehingga bisa membuat penderita mengalami hari puasa yang lebih buruk. Daripada mengkonsumsi makanan yang mengandung gula sederhana maka lebih baik jika mengkonsumsi protein, lemak sehat dan karbohidrat ringan.

tips berpuasa dengan sehat ketika anemia

  1. Makanan mengandung zat besi tinggi

Kemudian anemia juga bisa dibantu dengan semua jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi. Zat besi sangat penting untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Zat besi juga  bisa membuat tubuh tidak lemah karena bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Ketika kadar hemoglobin dalam darah memang cukup maka semua organ tubuh bisa mendapatkan kadar oksigen yang cukup. Efeknya maka tubuh akan menjadi lebih segar selama berpuasa.

tips berpuasa dengan sehat ketika anemia

  1. Tetap aktif selama puasa

Ketika  berpuasa maka banyak penderita anemia yang tidak banyak bergerak atau membatasi aktifitas dengan segera. Ternyata membuat tubuh banyak istirahat selama berpuasa juga tidak baik. Tubuh Anda kurang gerak yang menyebabkan suplai oksigen dan sel darah merah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Karena itu Anda perlu tetap berpuasa dan menjaga kegiatan agar tetap sesuai dengan kemampuan tubuh.

tips berpuasa dengan sehat ketika anemia

Jadi itulah semua cara yang bisa dilakukan oleh penderita anemia selama berpuasa Ramadhan. Semua tips ini bisa sangat baik untuk tubuh jika dilakukan dengan benar dan puasa bisa bertahan hingga satu bulan penuh. Selamat mencoba…

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top