Ide Pengisi Liburan Anak Di Hari Raya Idul Adha

ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha

Hari raya Idul Adha sebentar lagi, tentunya yang senang tidak hanya orangtua, tetapi juga anak-anak. Karena mereka juga akan libur sekolah sejenak. Lalu, apa yang bisa dilakukan bersama anak ketika libur sekolah? Yuk, cari ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha ini.

Mengisi liburan tidak harus dengan kegiatan yang mahal dan lokasi yang jauh. Jadi, orangtua harus pandai-pandai mencari ide untuk mengisi liburan bersama anak.

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh umat Muslim setelah Idul Fitri. Salah satu alasan mengapa Idul Adha selalu ditunggu adalah karena pemerintah memberikan jatah libur satu hari di kalender. Sehingga, Anda pun akan punya lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha

sponsore: kezia skin expert

Ada beragam pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak. Karena itu, galilah ide agar liburan untuk anak menyenangkan dan bisa memberikan nilai edukatif.

Yuk, coba kita cari ide sama-sama :

1. Melihat proses pemotongan hewan kurban

Setelah salat Idul Adha, jangan langsung beranjak meninggalkan masjid atau lapangan. Ajaklah anak untuk sejenak melihat prosesi pemotongan hewan kurban. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu acara yang anak-anak sangat ingin tahu. Lalu, jangan hanya melihat saja, tetapi berikanlah penjelasan-penjelasan mengenai proses pemotongan hewan kurban tersebut. Berilah penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Jika cukup waktu dan anak tidak rewel, maka ajak ia ikut serta membantu menyiapkan kantong plastik untuk daging-daging yang sudah dipotong. Dengan berpartisipasi secara langsung, anak dapat lebih memahami arti di balik penyembelihan hewan kurban tersebut.

2. Membagikan daging kurban

Selain mengajak anak untuk melihat proses pemotongan hewan kurban secara langsung, maka Anda bisa juga mengajak anak untuk ikut membagikan daging kurban. Selain membantu mengajarkan anak tentang pentingnya bersosialisasi dengan sesama yang lebih membutuhkan, Anda juga bisa membuatnya tetap beraktivitas. Cara ini bisa menjadi salah metode untuk menjaga kesehatan anak saat liburan.

Tapi, penting untuk orangtua memastikan terlebih dahulu bahwa hewan kurban yang akan dibagikan itu bebas penyakit menular, yang justru kalau tidak hati-hati bisa menular di manusia. Apalagi anak-anak masih rentan terkena penyakit.

Sesudahnya, jangan lupa mengajak anak untuk mandi dan mencuci tangan menggunakan sabun hingga bersih, agar kuman-kuman tidak menempel di tubuh.

3. Memasak daging kurban

ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha

Memasak daging kurban sepertinya akan menjadi sebuah acara yang paling seru bersama anak.

Siapkan daging dan bumbu-bumbunya yang akan dimasak bareng anak terlebih dahulu. Contohnya jika Anda ingin membuat sate, maka siapkan dalam tusukan satenya, dan biarkan anak yang menaruhnya di panggangan sate.

Tapi, orangtua tidak boleh membiarkan anak melakukannya sendiri loh ya, tetap harus di bawah pengawasan. Sesudah masak ingatkan dan ajaklah anak untuk mencuci tangan dengan bersih.

Kegiatan ini, selain merangsang daya kreativitas dan kemampuan motoriknya, juga dapat membantu menumbuhkan sikap percaya diri dan mandiri pada diri anak.

Kemandirian dan rasa percaya diri yang ditanamkan sejak dini berguna kelak saat menjalani kehidupan dewasanya.

4. Piknik

ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha

Supaya tidak bosan seharian di rumah, maka Anda pun bisa mengajak anak untuk piknik. Selain menyenangkan keluarga, piknik juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga. Tak perlu bingung untuk menentukan lokasi piknik, Anda bisa memanfaatkan halaman belakang rumah atau pergi ke taman kota.

Agar piknik terasa semakin berkesan, bawalah bekal dari resep masakan dari daging kurban yang Anda dapatkan tadi. Di tempat piknik Anda pun bisa mengajak anak-anak terlibat memasak, misalnya sate atau barbeque.

5. Tradisi berkunjung

Beberapa keluarga mungkin masih menjalani tradisi pesta Hari Raya Kurban dengan membuat makanan khusus atau bersilaturahim dengan keluarga yang lain. Karena ini adalah tradisi keluarga, maka Anda pun bisa mengajak anak untuk berkunjung ke rumah saudara yang lain. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mengenal anggota keluarga dan saudaranya yang lain.

6. Merapihkan kamar

Merapihkan kamar anak adalah salah satu ide untuk mengisi liburan anak-anak di hari raya Idul Adha ini.

Ajak anak untuk menata kembali kamar tidurnya. Anda bisa membantu dengan memberikan beberapa gambar desain kamar tidur anak sebagai ide kreatifnya. Biarkan anak memilih tema dan warna kamar tidurnya. Dengan mendekorasi kamar tidurnya sendiri, anak belajar untuk mengasah kreativitas. Karena tahu bahwa merapihkan kamar tidur itu sesuatu yang menyenangkan, maka anak akan lebih semangat untuk merapikan kamar tidurnya lain waktu.

7. Berkebun

ide pengisi liburan anak di hari raya Idul Adha

Jangan berpikiran bahwa berkebun harus di tempat yang luas, semacam sawah ya? Berkebun bisa di lahan yang sempit sekalipun. Anda bisa kok memanfaatkan teras rumah untuk mengajak anak berkebun.

Kegiatan berkebun bisa dilakukan selama liburan sekolah untuk mengajarkan tentang kesabaran dan ketekunan. Pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat, misalnya jenis tanaman sayur-sayuran seperti tomat, seledri, daun sawi, atau kangkung. Ajak anak juga untuk menyiapkan pot untuk menanam tanaman tadi.

Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah kalau nanti tanaman pertamanya berhasil dipanen.

8. Prakarya barang bekas

Selama liburan, anak-anak akan merasa cepat bosan jika tidak melakukan aktivitas yang dia senangi. Jika sudah bosan maka anak akan mudah rewel. Kalau rewel, maka orangtua juga akan pusing.

Nah, jika di rumah Anda ada barang bekas seperti kardus, styrofoam, botol bekas, kaleng bekas, atau gulungan tisu yang tak terpakai, maka Anda bisa mengajak anak membuat mainan sendiri dari barang-barang bekas itu. Anda bisa mencari referensi mainan dari internet, lalu mulai membuat bersama anak-anak.

Selain bisa mendorong kreativitas anak, juga ikut melestarikan bumi dengan mendaur ulang sampah. Anak juga akan tahu bahwa mainan dari barang bekas pun ternyata tak kalah keren dibanding mainan yang beli jadi di toko.

Nah, itu tadi ide-ide kegiatan edukatif untuk mengisi liburan Idul Adha bersama anak. Semoga bermanfaat dan selamat mengisi hari libur !

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top