Kesehatan

Ibu Hamil Disengat Lebah? Ini Reaksi yang Akan Terjadi

efek kesehatan ibu hamil yang disengat lebah

Jika Anda melihat foto Emily Mueller yang sedang hamil dan sebagian tubuhnya seperti ditutupi lebah, maka Anda tentu akan kaget. Sebenarnya apa efek kesehatan ibu hamil yang disengat lebah? Sengatan lebah mungkin hanya meninggalkan rasa sakit yang ringan dan bekas merah pada kulit. Dan semua efeknya mungkin hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Namun semua kondisi ini bisa berubah jika terjadi pada ibu hamil.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Sistem kesehatan ibu hamil sendiri yang menyebabkan sengatan lebah bisa sangat berbahaya. Berikut ini efek yang terjadi pada ibu hamil yang disengat lebah.

  1. Efek yang sangat ringan

Pada ibu hamil dengan kondisi kesehatan yang baik atau kuat biasanya hanya akan terkena efek yang sangat ringan. Efek ini bahkan juga terjadi pada semua orang yang terkena gigitan lebah, termasuk untuk ibu yang tidak sedang hamil. Reaksi biasanya akan timbul dalam waktu yang sangat singkat dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Beberapa gejala reaksi ringan seperti rasa terbakar pada bagian kulit yang terkena sengatan, merah pada lokasi sengatan, bengkak dan tampak tebal pada bagian kulit dan reaksi pada kulit saja. Semua reaksi ini akan hilang sendiri selama beberapa jam dan tidak membutuhkan obat kecuali sangat sakit.

efek kesehatan ibu hamil yang disengat lebah

Sumber: borepanda.com

  1. Efek sedang

Beberapa ibu hamil dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak terlalu baik juga bisa menerima efek yang sedang. Efek sedang ini satu tingkat lebih kuat dibandingkan efek yang ringan. Efek bisa terjadi dengan sangat cepat dan biasanya ibu membutuhkan obat ringan untuk mengatasi efek. Tanda atau gejala dari efek seperti bekas sengatan yang sangat merah, bengkak yang menyebar ke area sekitar sengatan lebah, dan bengkak bisa lebih besar pada hari selanjutnya. Kemudian biasanya waktu pemulihan setelah terkena sengatan lebah memang lebih lama antara 7 sampai 10 hari. Efek inilah yang mungkin sangat tidak nyaman selama hamil dan ibu bisa merasa seperti sedang sakit.

efek kesehatan ibu hamil yang disengat lebah

  1. Efek parah

Khusus untuk ibu hamil yang sedang mengalami kondisi tidak nyaman atau sedang sakit maka biasanya akan terkena efek yang lebih parah. Efek ini berhubungan dengan kondisi alergi yang bisa menyebabkan ibu beresiko kehilangan nyawa. Reaksi anafilaksis bisa terjadi karena gigitan lebah yang menyebabkan gangguan pernafasan pada tubuh ibu. Ini termasuk salah satu kasus yang sangat kecil dan biasanya juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain. Tanda akibat reaksi ini termasuk seperti reaksi gatal pada bagian kulit, sulit untuk bernafas, bengkak pada bagian lidah dan tenggorokan, denyut nadi akan lemah atau sangat cepat, diare, mual, muntah dan kehilangan kesadaran.

efek kesehatan ibu hamil yang disengat lebah

Jadi inilah semua efek yang bisa terjadi jika ibu hamil terkena sengatan lebah. Untuk menghindarinya maka lebih baik menjaga diri dari lebah saat sedang hamil dan tidak mencoba melakukan pemotretan dengan lebah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top