Life Style

Hindari kebiasaan makan makanan manis bila ingin hidup panjang

kebiasaan makan makanan manis

Kebiasaan Makan Makanan Manis – Tak ada rasanya manusia yang tidak menyukai rasa manis. Alamiahnya lidah perasa manusia akan merasa dimanjakan ketika mengecap makanan dan minuman yang manis. Berbagai makanan dan minuman manis seperti kue cokelat, ice cream, sirup, permen, kembang gula, cake dan masih banyak lagi, akan membuat siapapun tergiur hanya ketika melihatnya saja. Bagi mereka yang kuat pendiriannya maka mereka akan mampu mengendalikan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Namun bagi mereka yang tidak kuat menahan godaan maka dengan mudahnya mereka akan melahap semua makanan dan minuman manis tersebut bahkan hingga sampai pada tataran “kebiasaan”.

Sponsored: perawatan wajah

Apabila manusia sudah mencapai pada tatara “kebiasaan” dalam mengkonsumsi makanan manis, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan diakibatkan pola konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebih. Berbagai gangguan tersebut bisa berjangka pendek maupun bisa berjangka panjang. Hanya tinggal menunggu waktu saja akan datangnya gangguan kesehatan tersebut. Untuk itu mulai sekarang ada baiknya kita hindari memakan makanan manis apabila ingin hidup panjang.

Pada dasarnya setiap makanan dan minuman yang manis disebabkan oleh adanya kandungan gula dalam makanan dan minuman tersebut. Namun tidak banyak yang mengetahui bahaya dari pola konsumsi gula secara berlebih ini.

  1. Gula menyebabkan gagal jantung

kebiasaan makan makanan manis

Mengkonsumsi gula secara secara berlebih rupanya meningkatkan resiko manusia mengalami gagal jantung. Dalam studi Journal of American Heart Association di tahun 2013 menemukan bahwa kandungan molekul gula yang disebut dengan glukosa 6 fosfat pada makanan akan menyebabkan perubahan otot jantung dan pada akhirnya akan berujung pada gagal jantung. Pada titik ini tentu saja manusia akan meregang nyawa.

  1. Gula menyebabkan timbunan lemak berlebih di perut

kebiasaan makan makanan manis

Selain beresiko kematian, mengkonsumsi gula dengan berlebihan bisa menyebabkan timbunan lemak di perut sehingga perut terlihat buncit. Bagi pria maupun wanita khususnya, hal ini tentu bukanlah hal yang diinginkan. Karena perut yang buncit akan membuat penampilan kita buruk dipandang orang lain.

  1. Gula menurunkan fungsi otak

kebiasaan makan makanan manis

Resiko selanjutnya mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Yakni mengkonsumsi gula secara berlebih akan mampu menurunkan kinerja otak manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gula akan mempercepat proses penuaan sel-sel dalam tubuh termasuk sel-sel otak.

  1. Beresiko terkena penyakit diabetes

kebiasaan makan makanan manis

Banyak yang telah mengenal penyakit diabetes ini. Penyakit yang hingga sekarang tidak ada obatnya rupanya tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik. Faktor pola hidup khususnya pola konsumsi gula secara berlebihan juga menjadi ffaktor penyebab seseorang terkena penyakit diabetes ini. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan maka kadar gula dalam darah manusia juga akan meningkat. Tanpa diimbangi dengan pembakaran, kadar gula yang tidak terbendung ini akan menjadi pemicu penyakit diabetes. Jadi mulai sekarang hindari memakan makanan manis bila ingin hidup panjang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top