Hamil ternyata bikin cepat pikun
Bunda & Anak

Hamil ternyata bikin cepat pikun

Hamil ternyata bikin cepat pikun

Hamil ternyata bikin cepat pikun

Hamil ternyata bikin cepat pikun

Pikun atau mudah lupa merupakan gangguan memori yang dialami oleh banyak orang. Biasanya penyakit mudah lupa terjadi saat memori otak Anda sudah terlalu penuh, menyimpan banyak hal. Tentu saja saat Anda mudah lupa, Anda pasti akan mengalami kesulitan seperti mengingat nomor handphone sendiri atau bahkan mengingat dimana letak barang pribadi Anda.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada banyak hal yang membuat seseorang mudah pikun. Salah satunya adalah kehamilan. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil terkadang membuat memori mereka menjadi tak setajam seperti saat belum hamil.

Selain faktor lainnya, berikut adalah penyebab kenapa seseorang mudah sekali pikun atau pelupa.

Penyakit tiroid
Jika Anda memiliki masalah dengan tiroid Anda, maka Anda bisa berada dalam kemungkinan besar untuk memiliki sifat pelupa atau pikun.

Insomnia
Kurang tidur dapat mengganggu sistem dan fungsi otak Anda. Itulah sebabnya Anda cenderung akan bingung atau sulit untuk mencerna sesuatu ketika kurang tidur. Dan jika insomnia ini berlanjut maka Anda akan berubah menjadi orang yang pelupa.

Pemakaian obat terlarang
Sudah bukan rahasia lagi jika pemakaian obat terlarang akan menimbulkan banyak efek buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kesehatan otak yang akan membuat Anda menjadi orang yang pelupa.

Stres
Stres ternyata bisa membuat orang menjadi lupa. Dan saat tingkat stres tersebut bertambah, maka sifat pelupa Anda akan semakin buruk.

Depresi
Stres yang tidak disembuhkan atau ditangani dengan baik akan berubah menjadi depresi. Dan sifat pelupa akan bertambah seiring dengan tingginya tingkat depresi Anda.

Kecanduan alkohol
Selain konsumsi obat-obatan terlarang, alkohol juga dapat membuat orang menjadi pelupa. Hal ini disebabkan karena bahan kimia dalam alkohol mampu melemahkan kerja otak.

Pertambahan usia
Agaknya tidak berlebihan jika seiring dengan pertambahan usia, maka seseorang akan mudah lupa. Sebab saat usia Anda menua, maka sel-sel otak juga akan semakin usang dan daya ingat menurun.

Konsumsi obat tertentu
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi obat-obatan tertentu akan membuat orang menjadi pelupa serta mudah bingung.

Malnutrisi
Ketika tubuh Anda mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi, maka daya ingat Anda tentu saja tidak bisa maksimal. Sehingga Anda pun menjadi mudah lupa. Oleh karena itu terapkan pola makan sehat pada diri Anda agar kesehatan tubuh termasuk kemampuan otak Anda bisa terjaga dengan maksimal.

Wah, ternyata selain kehamilan, beberapa faktor di atas yang masuk ke dalam golongan pola hidup tidak sehat bisa membuat Anda menjadi pula. Oleh karena itu selalu terapkan pola hidup sehat ya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Hamil ternyata bikin cepat pikun
To Top