Kesehatan

Gejala Katarak yang Paling Sering Diabaikan

katarak

Selama ini penderita katarak memang banyak didominasi oleh orang lanjut usia. Faktor umur menyebabkan resiko katarak mulai muncul dan ini sebenarnya sering dimaklumi. Namun apakah kehilangan penglihatan dan kondisi mata yang buruk saat lanjut usia harus diterima? Sebenarnya tidak dan kita masih bisa menjaga kesehatan mata sejak masih usia muda. Katarak memang sering menyebabkan masalah dalam jangka waktu yang sangat panjang. Meskipun pada awalnya katarak tidak diacuhkan karena sama sekali tidak mengganggu mata. Dan mengenali gejala katarak awal yang sering diabaikan memang bisa meningkatkan resiko. Berikut ini merupakan gejala awal katarak yang perlu diwaspadai oleh semua orang, termasuk ketika usia Anda masih sangat muda.

Sponsor: perawatan wajah

1. Penglihatan sering kabur

Penglihatan sering kabur atau buram sebenarnya bukan masalah rabun jauh atau rabun dekat saja. Awalnya memang sering dianggap gejala ini seperti rabun biasa dan membaik dengan menggunakan kacamata. Namun efek mata kabur yang terlalu parah seperti bayangan dari semua objek yang dilihat bisa menjadi gejala katarak yang paling jelas. Bahkan mata mungkin akan melihat objek seperti bayangan sekilas. Jika ini terjadi sebaiknya cepat pergi ke dokter mata.

2. Tidak bisa melihat jelas pada malam hari

Kemudian tanda kedua setelah pandangan mata sering kabur maka Anda bisa mengalami kondisi mata yang tidak bisa melihat dengan jelas pada malam hari. Bayangan kuning, semburat hingga kecoklatan akan merusak fungsi mata pada malam hari. Anda mungkin juga bermasalah ketika akan mengendarai kendaraan pada malam hari. Jadi waspadai gejala ini dengan cepat.

3. Mata menjadi sensitif ketika terkena cahaya

Ketika Anda mendapatkan cahaya terang secara mendadak maka mata menjadi sangat sensitif. Anda tidak bisa mengelola rasa tidak nyaman akibat cahaya terang itu. Cahaya terlalu terang sering menyebabkan mata menjadi silau berlebihan dan kemudian bagian mata menjadi sakit. Katarak sering menyebabkan pengaruh untuk lensa mata dan membuat mata sangat peka terhadap cahaya meskipun Anda sudah menggunakan kacamata.

4. Lingkaran putih di semua objek benda

Tanda keempat adalah ketika Anda melihat semua bayangan putih di semua benda. Bayangan ini terlihat seperti bentuk halo pada sinar matahari. Hal ini terjadi ketika lensa mata semakin keruh sehingga bisa menghasilkan difraksi cahaya mata. Kemudian cincin putih ini bisa berwarna dan membuat Anda tidak bisa mengenali objek dengan baik. Dan semua kondisi ini semakin memburuk pada malam hari.

5. Selalu membutuhkan kacamata baru

Orang yang menggunakan kacamata memang memiliki ancaman katarak yang serius. Tanda yang paling sering terjadi adalah ketika Anda mulai sering membutuhkan kacamata baru. Umumnya pemeriksaan mata dilakukan setiap enam bulan sekali. Namun ketika belum sampai enam bulan maka seolah-olan nilai minus atau plus mata bertambah. Katarak akan mempengaruhi kondisi mata dengan cepat dan ini sering diabaikan.

Umumnya berbagai gejala katarak memang dianggap sebagai kelainan mata biasa. Katarak memang tidak bisa disembuhkan kecuali dengan tindakan bedah atau operasi. Namun mengenali gejala lebih awal bisa membantu mengendalikan katarak itu sendiri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top