Kesehatan

Fakta Mengejutkan Tentang Penyakit Alopecia

fakta mengejutkan tentang penyakit alopecia

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit alopecia? Penyakit ini memang menyebabkan penderita tidak memiliki rambut sehingga kepala menjadi sangat halus. Banyak penderita alopecia yang tidak percaya diri karena mereka memiliki penampilan yang berbeda dibandingkan dengan orang lain. Penyakit ini tidak membuat tubuh mereka lemah sehingga penderita masih bisa beraktifitas seperti orang yang sehat.

Sponsordr rochelle skin expert

Penderita penyakit alopecia memang tidak banyak di seluruh dunia. Hal ini juga bisa membuat penderita merasa sendiri. Dukungan keluarga sangat penting diberikan untuk penderita alopecia. Berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan tentang penyakit alopecia yang perlu Anda ketahui.

fakta mengejutkan tentang penyakit alopecia

sumber: borepanda.com

  1. Alopecia termasuk jenis penyakit autoimun

Jenis penyakit alopecia areata adalah jenis alopecia yang sangat umum terjadi di dunia. Ini termasuk jenis penyakit autoimun sehingga bisa mempengaruhi kondisi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut yang bisa menyebabkan rambut rontok. Awalnya rambut kecil rontok kemudian berkembang pada bagian yang sama. Alopecia bisa membuat sebagian rambut rontok namun terkadang juga bisa membuat semua bagian rambut hilang. Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi kulit wajah dan kepala.

  1. Folikel rambut bisa membuat rambut tumbuh kembali

Pada dasarnya penderita alopecia memiliki sel darah putih yang berkembang sangat banyak. kemudian sel darah putih menyerang bagian folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut bisa rontok dalam jumlah yang banyak. Kemudian akhirnya membuat akar rambut yang tumbuh menjadi sangat kecil. Tapi pada dasarnya sel induk yang mempengaruhi folikel tetap ada sehingga suatu saat folikel rambut bisa membuat rambut tumbuh kembali.

  1. Penyakit alopecia sering terjadi pada anak-anak

Meskipun banyak orang dewasa yang mulai terkena penyakit ini namun sebenarnya alopecia bisa terjadi pada saat masih anak-anak. Penyakit bisa menyerang sejak kecil kemudian rambut bisa tumbuh saat dewasa. Namun penyakit bisa berulang lagi jika kondisi kekebalan tubuh terkena masalah yang serius. Alopecia juga bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan serta sering tidak terpengaruh oleh masalah etnis.

  1. Alopecia termasuk penyakit genetik

Alopecia sebenarnya termasuk salah satu penyakit geneetik. Ketika anak dilahirkan dari keluarga dengan masalah kebotakan sebelum berumur 30 tahun maka resiko alopecia bisa meningkat. Tidak hanya dipengaruhi oleh orang tua kandung tapi juga oleh keluarga dengan riwayat genetik yang sama. Hal inilah yang menyebabkan penyakit alopecia memang tidak bisa dicegah jika memang sudah ada riwayat dalam keluarga.

  1. Alopecia bisa diobati dengan obat arthritis

Sebuah penelitian membuktikan jika penggunaan obat arthritis bisa membantu perawatan penyakit alopecia. Jenis obat yang digunakan seperti tofacitinib sitrat bisa membuat kondisi folikel rambut pulih. Kemudian obat bisa merangsang kembali rambut kepala, ketiak, alis dan juga wajah. Bahkan juga bisa mengembalikan pertumbuhan bulu mata yang sering bermasalah pada penderita alopecia.

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit alopecia yang belum diketahui banyak orang. Dari semua fakta ini maka disimpulkan jika penyakit ini tidak bisa dicegah namun bisa dirawat dengan baik untuk mengurangi tingkat keparahan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top