Perawatan Bibir

Efek Memakai Lipstik Saat Tidur

Efek Memakai Lipstik SaatTidur

Saat ini make up tentu menjadi hal yang wajib, terutama bagi wanita saat beraktivitas keluar rumah. Namun sayangnya, saat malam tiba dan setelah lelah seharian beraktivitas beberapa orang mungkin merasa malas untuk membersihkan wajahnya. Pilihan langsung tidur dan mengistirahatkan tubuh tanpa mencuci muka dan membersihkan riasan tentu menjadi lebih menggoda. Sayangnya tidak banyak yang tahu efek memakai lipstik saat tidur tersebut.

Sponsor : perawatan wajah

Lalu benarkah ada efek samping bila tidak membersihkan make up dan langsung tidur? Jawabnya tentu saja ada. Jika Anda tidur dengan make up dan alas bedak atau foundation yang masih menempel pada kulit wajah maka kemungkinan kerusakan kulit akan menjadi lebih besar. Hal itu terjadi karena malam hari merupakan waktu di mana sel kulit mengalami regenerasi. Sehingga kehadiran make up yang masih menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan terhambatnya proses regenerasi kulit, sehingga mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah.

Penggunaan Foundation yang sangat tebal dapat membuat partikel dan pigmen yang melebar terpapar sepanjang hari dengan bakteri dan polutan dari luar. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan kolagen yang menyebabkan kerutan di wajah dan pori-pori yang terbuka serta menempelnya bakteri yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

Selain itu, efek samping juga dapat terjadi pada kulit bibir, jika Anda tidak membersihkan sisa lipstik yang sebelumnya Anda poleskan pada bibir menjelang tidur. Dr Jeanette Graf PhD, Asisten Profesor Dermatolog di Mount Sinai Medical Center, New York, Amerika Serikat menyarankan sebelum tidur sebaiknya membersihkan bibir dari lipstik dengan menggunakan kain pembersih. Setelah itu, baru aplikasikan pelembab bibir untuk menjaga agar bibir Anda tetap lembab dan tidak pecah-pecah. Berikut akan dipaparkan beberapa efek menggunakan pewarna bibir atau lipstik sebelum tidur.

  1. Bibir kering dan pecah-pecah

Tampil cantik dan menarik dengan bibir memposona tentu menjadi idaman setiap wanita. Namun, sebagian wanita terkadang sebelum tidur hanya menghapus make up dan alas bedak atau foundation tanpa menghapus lipstik di bibirnya. Tanpa menyadari akibat atau efek samping penggunaan lipstik tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Apalagi jika ditambah dengan penggunaan lipstik yang kurang cocok dengan bibir Anda. Karena beberapa bahan yang terkandung dalam lipstik mungkin berbahaya untuk jenis bibir Anda.

  1. Bibir menjadi lebih kasar

Selain menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, tidur dengan lipstik yang masih menempel pada bibir juga dapat berakibat bibir menjadi kasar. Tidak jarang kondisi bibir yang kering juga dapat berbentuk seperti retakan dan kulit yang mengelupas disertai rasa gatal di pinggir bibir. Bahkan terkadang pengelupasan yang terjadi dapat menyebabkan bibir sampai berdarah sehingga menimbulkan rasa perih. Hal yang paling parah terkena dampak bibir kering ini biasanya adalah bibir bagian bawah.  Karena kebiasaan ini tanpa sadari akan menyebabkan semakin memperburuknya kondisi bibir, hingga bisa mengakibatkan munculnya iritasi hingga bibir terasa kasar.

  1. Bibir jadi menghitam

Hampir banyak wanita menggunakan lipstick dan make-up di setiap harinya. Namun, seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya saat membersihkan make-up di wajah, seringkali sisa lipstick di bibir hanya dibiarkan saja. Tanpa disadari, pewarna lipstik mungkin masih masih tersisa di bibir Anda dan mengakibatkan warna bibir menjadi berubah kehitaman.

Warna bibir yang berubah menghitam juga bisa disebabkan koleh alergi kosmetik. Lipstik ataupun lipgloss yang mengandung bahan kimia dan parfum dapat menyebakan menyebabkan iritasi. Sehingga selain menjaga kebersihan wajah serta bibir sebelum tidur, juga pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membeli kosmetik agar tidak mengakibatkan terjadinya kerusakan pada wajah Anda.

  1. Terjadinya alergi pada bibir

Bahan kosmetik yang terkandung dalam lipstik tak jarang juga dapat menyebabkan alergi pada pemakainya. Alergi tersebut dapat terjadi dalam bentuk alergi kulit hingga pernapasan. Karena kurang cocoknya dengan lipstik yang dipakai dalam waktu lama serta terlalu seringnya menghirup bahan kosmetik dapat mengakibatkan ganggunan pernapasan. Sehingga membersihkan sisa polesan lipstik di bibir harus selalu dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan bibir dan tubuh Anda.

  1. Bahaya penyakit kronis

Menggunkan lipstik yang beberapa diantaranya mengandung alumunium memungkinkan dapat menyebabkan terjadinya anemia dan intoleransi glukosa. Beberapa bahan kosmetik juga mengandung zinc oksida, BHA, barium sulfat dan yang lainnya, yang apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan gagalnya organ-organ tubuh seperti ginjal dan juga liver. Ditambah lagi jika bahan pemoles bibir tersebut tertelan dan tercampur dengan makanan, masalah pernapasan sangat mungkin untuk terjadi. Sistem endokrin yang mengontrol kelenjar tiroid dapat terganggu karena penggunaan pelembap di tubuh. Apalagi jika Anda menggunakan lipstik tersebut dalam waktu yang lama, bahkan saat tidur.

Itulah 5 efek samping memakai lipstik saat tidur yang perlu Anda ketahui. Namun bagi Anda yang sudah memiliki keluhan bibir kering, pecah-pecah dan kasar tersebut, cara alami ini bisa menjadi pilihan unutk menyembuhkannya. Caranya yaitu dengan menggunakan madu atau minyak kelapa yang dioleskan ke bibir sebelum tidur. Lemak yang terdapat pada minyak kelapa juga dapat melembabkan bibir dan membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lidah buaya, atau gel lidah buaya untuk mengatasi masalah bibir yang pecah-pecah.

9
16%
like
38
67%
love
2
3%
haha
4
7%
wow
2
3%
sad
1
1%
angry

Comments

comments

To Top