Herbal Alami

Daun Sorrel: Herbal Khas Vietnam Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Herbal Khas Vietnam Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Apakah Anda pernah mendengar tentang tanaman sorrel? Sorrel merupakan salah satu jenis daun herbal yang paling sering digunakan untuk memasak menu khas Vietnam. Sorrel termasuk dalam keluarga tanaman Polygonaceae yang masih bersaudara dengan tanaman rhubarb dan soba. Daun sorrel memiliki warna hijau yang kuat dan pada bagian tengahnya memiliki karakter khas berwarna merah atau kecoklatan. Ada tiga jenis daun sorrel yang terkenal di dunia yaitu daun yang berbentuk lebar, berwarna coklat kemerahan, daun kecil memanjang dengan warna hijau kemerahan dan daun yang berbentuk seperti panah. Meskipun di beberapa negara seperti Perancis, sorrel hanya digunakan sebagai hiasan namun daun ini juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat sorrel maka harus dikonsumsi dengan benar. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sorrel untuk kesehatan dan tubuh.

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat pertama yang paling sering didapatkan dari daun sorrel adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sorrel mengandung kalium hingga 15 persen dan bisa membantu mencukupi kebutuhan kalium untuk tubuh. Kalium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium juga bisa membantu jantung bekerja lebih baik karena mendapatkan mineral yang bisa membantu proses peredaran darah. Orang yang menderita penyakit jantung atau kelainan jantung bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun sorrel bersama dengan makanan rendah lemak.

2. Membantu menyembuhkan sembelit

Daun sorrel ternyata juga sangat baik untuk menyembuhkan sembelit dengan cepat. Tapi daun sorrel sangat aman untuk pencernan karena tidak menyebabkan diare, perut kembung atau perut perih. Daun sorrel kaya dengan serat yang bisa membuat gerakan usus menjadi lebih cepat sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Kemudian daun sorrel juga sangat aman dikonsumsi menjadi sayuran segar mentah seperti campuran untuk salad buah atau sayuran. Atau Anda bisa memasukkan daun sorrel sebagai bahan khusus untuk sup. Daun sorrel bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol berlebihan.

3. Menjaga kesehatan mata

Daun sorrel yang terlihat dengan warna hijau kaya dengan klorofil dan vitamin A. Daun sorrel juga mengandung beta karoten yang didapatkan dari warna merah pada karakter tengah daun. Kebiasaan mengkonsumsi daun sorrel setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan lapisan makula sehingga bisa mencegah kebutaan dan katarak. Kandungan antioksidan alam daun sorrel juga sangat baik untuk mencegah semua efek radikal bebas yang bisa merusak kesehatan mata.

4. Menjaga sirkulasi energi dalam tubuh

Daun sorrel juga sangat baik untuk membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup. Daun sorrel mengandung zat besi yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kemudian daun sorrel juga sangat penting untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh sehingga bisa membantu kerja semua organ penting dalam tubuh. Secara tidak langsung daun sorrel bisa membuat jantung menjadi lebih sehat dan tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan banyak aktifitas.

Selain empat fungsi diatas, ternyata daun sorrel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk mencegah kanker. Daun sorrel sangat penting untuk mencegah radikal bebas karena mengandung polifenol, antosianin dan flavonoid. Ternyata daun sorrel tidak hanya sebagai obat tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Mulai sekarang jika Anda bisa menemukan daun sorrel maka masukkan dalam menu makanan Anda.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top