Pindah2

Dampak Buruk Penggunaan Produk Pemutih Wajah Aspal

Dampak Buruk Penggunaan Produk Pemutih Wajah Aspal

Dampak Buruk Penggunaan Produk Pemutih Wajah AspalKulit putih kerap untuk diasosiasikan dengan konsep kecantikan dan juga kebahagiaan. Mitos ini telah membuat banyak wanita untuk berlomba lomba di dalam usahanya memutihkan kulit. Padahal tidak sedikit dari produk pemutih wajah ini aspal kualitasnya ketika diedarkan di pasaran. Selain itu produk aspal ini banyak sekali mengandung beberapa bahan yang dapat memunculkan potensi membahayakan bagi kesehatan tubuh kita terutama kecantikan dan penampilan.

Padahal 3 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2013, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah mengamankan lebih sekitar 74 ribu produk pemutih wajah yang mengandung bahan berbahaya dan tidak memiliki izin edar. Di tahun yang sama pula, diumumkan sekitar 17 merek kosmetik yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya. Sebagian dari produk pemutih wajah tersebut adalah yang sering muncul iklannya dengan membawakan testimoni.

Beberapa kandungan yang banyak beredar produk pemutih wajah aspal yang dapat merusak kulit wajah.

  • Melanin

Seperti diketahui bahwa, untuk menentukan warna pada kulit rambut serta mata, warna kulit manusia ini juga ditentukan oleh besaran warna dan kadar pigmen yang bernama melanin. Kadar melanin yang tinggi di dalam kulit tentunya ditentukan oleh beragam kombinasi faktor keturunan dan juga tingkat paparan matahari.

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari ini menstimulasi produksi melanin yang pada kemudian hari akan menyebabkan kulit kita menjadi lebih gelap dari yang sebelumnya. Dengan perkataan lain, adalah melanin ini merupakan tabir surya alami ataupun bentuk dari adaptasi kulit seorang manusia terhadap kondisi alam yang berbeda.

Efek buruk dari sinar ultraviolet lebih dapat dicegah pada orang yang memiliki kulit gelap. Hal ini dikarenakan dampak yang ditimbulkannya akan menghilangkan ultraviolet dari permukaan kulit. Dalam paparan sinar matahari yang sama orang yang memiliki kulit putih sepuluh kali untuk berisiko mendapatkan penyakit yang sangat berbahaya. Termasuk kanker kulit.

  • Mencermati beberapa bahan dan kerja produk pemutih

Bahan-bahan yang telah digunakan di dalam produk pemutih wajah ini memiliki fungsi untuk mencerahkan warna kulit kita dengan bentuk melawan proses produksi dari melanin ini, secara alami. Sehingga hal tersebut menjadikan kadar melanin pada kulit kita menjadi berkurang. Akibat berkurangnya kadar melanin di kulit maka kulit kita akan menjadi lebih putih.

Setiap bahan yang memiliki kandungan dan juga memiliki efek samping. Beberapa bahan yang dapat dikategorikan ke dalam area berbahaya yang dapat menimbulkan dampak buruk adalah barang yang mengandung mercury di produk perawatan kulit. Sebaiknya anda untuk menghindari bahan ataupun produk pemutih wajah yang mengandung materi mercury tersebut.

Selain mercury bahan yang terkandung di dalam produk pemutih wajah aspal ini adalah air logam berbahaya yang tak kita sadari. Oleh karena itu sebaiknya selalu memperhatikan aneka kosmetik kecantikan anda sebelum membeli dan tidak terpengaruh oleh bujuk rayu iklan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top