Coba Lihat Ini – Penyakit Orang Tua Akibat Kesepian

penyakit orang tua akibat kesepian

Para ilmuwan telah lama melakukan penelitian bahwa orang tua atau orang lanjut usia yang tinggal sendiri rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Sekarang banyak orang tua yang memilih tinggal sendiri karena mereka tidak memiliki pilihan lain. Anak-anak sudah dewasa dan mereka hidup berumah tangga serta lokasi rumah yang jauh dari orang tua.

Sponsorcream perawatan wajah

Orang tua selalu mengatakan jika perasaan mereka baik-baik saja, tapi sebenarnya tidak. Kemudian orang tua tidak memiliki perasaan hangat seperti ketika mereka masih tinggal dengan anak-anak. Ini adalah bagian dari siklus hidup yang tidak bisa dihindari. Akibatnya ada beberapa penyakit orang tua akibat kesepian yang mengkhawatirkan. Beberapa penyakit ini termasuk seperti:

penyakit orang tua akibat kesepian

Sumber: borepanda.com

  1. Depresi dan tekanan mental

Orang tua yang tinggal sendiri sangat rentan terkena penyakit mental. Kondisi ini sering berhubungan dengan perasaan yang sangat sepi dan merasa sulit untuk berbagi perasaan dengan yang lain. Orang tua selalu menyimpan apa yang ada di hati mereka. Sebesar apapun mereka memberikan kasih sayang kepada anak saat masih kecil, namun saat anak dewasa orang tua tidak ingin memberi beban pada anaknya. Keadaan  ini bisa membuat perasaan  orang tua menjadi sakit namun ingin terlihat baik-baik saja. Depresi bisa menyebabkan tekanan yang berat untuk perasaan orang tua dan bisa memicu masalah mental lain seperti stres.

  1. Kesepian bisa meningkatkan tekanan darah

Orang tua yang tinggal sendiri juga bisa mengalami kenaikan tekanan darah. Semua ini sering dipicu oleh masalah kesepian yang membuat orang tua memiliki banyak pikiran. Mereka sebenarnya mengalami ketakutan yang sangat besar terhadap berbagai hal. Kemudian ini membuat orang tua bisa berpikir secara terus menerus dan membuat tekanan darah naik dengan cepat. Kemudian pengaruh makanan yang kurang sehat bisa membuat penyakit hipertensi memburuk. Terlebih lagi jika orang tua pernah mengalami riwayat penyakit seperti serangan jantung, stroke dan diabetes.

  1. Kesepian bisa menyebabkan pikun

Penyakit pikun sebenarnya kondisi yang sangat berhubungan dengan sistem syaraf orang tua. Penyakit ini juga bisa dipengaruhi oleh usia yang terus bertambah. Orang tua merasa berada dalam keadaan yang berbeda dari usia mereka. Kemudian keadaan bisa bertambah rumit jika orang tua juga menderita penyakit Alzheimer yang bisa menyebabkan kepikunan menjadi lebih parah. Pikun termasuk kondisi mental dan fisik yang memang harus diperhatikan. Jika sudah seperti ini maka sebaiknya orang tua tidak tinggal sendiri.

  1. Penyakit yang menyerang sistem pernafasan

Banyak orang tua yang tinggal sendiri tidak memperhatikan kondisi kesehatan dan lingkungan tempat tinggal. Hal inilah yang menyebabkan orang tua sangat rentan terhadap penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Tentu saja ini hal ini juga dipengaruhi dari kondisi sistem kekebalan tubuh yang memang sudah turun. Kondisi lingkungan rumah yang lembab dan kurang bersih menyebabkan beberapa penyakit seperti radang paru-paru dan bronkhitis.

Ternyata memang ada penyakit orang tua yang dipengaruhi oleh rasa kesepian. Jika orang tua Anda tinggal sendiri, maka mulailah untuk memperhatikan penyakit tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top