Perawatan Kulit

Cara Sederhana Membersihkan Henna

cara-sederhana-membersihkan-henna

Perhiasan sering kali digunakan untuk menyempurnakan penampilan. Namun tidak semua orang bisa membeli perhiasan indah yang mahal. Ada juga mereka yang tidak bisa menggunakan perhiasan karena mempunyai alergi terhadap bahan logam tertentu. Jangan khawatir karena nyatanya bukan hanya perhiasan yang dapat menghiasi tubuh.

Henna merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan tangan. Anda mungkin sudah tidak asing dengan henna yang memang biasa dipakai oleh pengantin perempuan India pada acara pernikahannya. Henna umumnya dilukiskan pada punggung tangan. Namun kini henna bisa dilukiskan pada bagian tubuh mana saja dan bukan hanya di tangan tetapi juga bisa di bagian kaki.

Sponsor : dr rochelle skin expert

Bentuk henna sangat bervariasi tergantung dari kemampuan dari sang pelukis henna dan yang paling banyak dilukis adalah bentuk bunga. Selain itu henna juga bisa dijadikan pengganti tato. Bila Anda sangat ingin memakai tato tapi ragu karena proses pembuatannya dapat menimbulkan rasa sakit, gunakan saja henna.

Proses pengaplikasian henna tidak sakit karena hanya melalui proses pelukisan menggunakan tinta khusus henna. Kelebihan lainnya adalah henna warnanya tidak permanen jadi bentuknya bisa diganti sesering mungkin meski ada beberapa tinta henna yang cukup awet. Bila Anda sudah bosan menggunakan henna, cukup hapus saja tintanya.

Berikut adalah cara sederhana membersihkan henna di kulit:

1. Baby oil
Bahan yang biasa dipakai untuk melembutkan kulit bayi ini ternyata juga dapat membantu proses pembersihan henna dari kulit. Caranya mudah yaitu dengan mengoleskan baby oil di atas henna yang ingin dihilangkan. Kemudian biarkan selama 1 hingga 2 menit agar baby oil dapat menyerap dalam kulit. Ambil handuk kecil dan gosok-gosokkanlah pada henna hingga henna terhapus. Bila Anda tidak mempunyai baby oil, pengganti yang dapat digunakan adalah minyak zaitun.

2. Air dan garam
Cara ini sangat mudah dan bahannya dapat diperoleh di rumah yaitu air dan garam. Selain itu bahan-bahannya juga natural jadi aman dari segala jenis alergi yang mungkin timbul. Langkah pertama adalah dengan mencampurkan air dengan garam hingga membentuk air garam. Alat yang digunakan adalah kasa lipat yang dicelupkan pada larutan air garam. Setelah itu letakkan kasa lipat di atas henna yang ingin dihilangkan dan tunggu selama 20 menit. Selanjutnya cukup bilas dan bersihkan kulit dengan air. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam sehari untuk mempercepat proses penghilangan henna.

3. Lemon atau jeruk nipis
Lemon dan jeruk nipis sudah cukup dikenal sebagai bahan pembersih dan pemutih kulit. Maka dari itu kedua buah yang kaya akan vitamin C ini juga mampu membantu menghilangkan henna dari kulit. Ada dua cara yang digunakan ketika memakai bahan lemon atau jeruk nipis. Cara pertama ialah dengan memeras buah tersebut hingga mengeluarkan jus. Kemudian jus itu dibalurkan pada bagian henna yang ingin dihapus. Cara kedua adalah dengan mencampurkan jus lemon atau jeruk nipis dengan air. Larutan tersebut kemudian digunakan sebagai rendaman untuk bagian tubuh yang hennanya ingin dihilangkan. Lakukan salah satu dari kedua cara ini 1 hingga 2 kali sehari. Sebelumnya pastikan tidak ada luka terbuka di permukaan kulit karena bila terkena jus, maka luka akan menimbulkan rasa perih. Meskipun efektif dalam membersihkan henna, bila terlalu sering digunakan jus lemon atau jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk memperbaikinya gunakanlah pelembab kulit yang sesuai untuk kulit Anda.

4. Bleaching
Cara ini merupakan cara yang paling umum, efektif serta cepat dalam menghilangkan henna. Sayangnya penggunaan bleaching tidak boleh terlalu sering karena bleaching mengandung bahan kimia yang cukup keras terutama bagi kulit yang sensitif. Jadi bagi mereka yang kulitnya sensitive, tidak dianjurkan untuk menggunakan bleaching karena dapat menimbulkan reaksi alergi yang tidak diinginkan.Untuk menggunakan bleaching, pertama-tama pastikan dulu jika bleaching yang digunakan adalah bleaching untuk wajah dan tangan. Campurkan bleaching sesuai dengan instruksi yang telah tersedia agar tetap aman. Kemudian pakailah bleaching di atas henna yang ingin dihapus dan tunggulah hingga kering. Setelah kering, bilaslah dengan air dingin.

5. Pasta gigi
Ternyata pasta gigi tidak hanya berguna untuk membersihkan gigi saja. Pasta gigi juga dapat menjadi bahan yang bisa membantu proses penghilangan henna pada kulit. Bahkan pasta gigi dapat dikatakan efektif karena dapat dengan cepat membersihkan henna. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada henna secara merata dan biarkan sampai kering. Setelah kering, gosok-gosok henna dengan tangan hingga henna menghilang. Cara ini sangat dianjurkan karena henna bisa langsung hilang dalam sekali proses. Tetapi jika kurang memuaskan, proses ini dapat dilakukan lagi dengan catatan untuk memberikan jeda selama 1 hari sebelum mengulang prosesnya lagi. Jangan lupa untuk mengecek apakah Anda memiliki alergi tertentu karena bisa saja pasta gigi mengandung bahan yang keras.

Tak sulit bukan membersihkan henna di kulit? Beberapa langkah mudah di atas dapat dilakukan bila Anda mengalami kesulitan untuk menghapus henna di tangan. Jadi, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi jika ingin menggunakan henna lantaran takut tinta henna tidak bisa terhapus.

7
22%
like
12
38%
love
8
25%
haha
3
9%
wow
0
0%
sad
1
3%
angry

Comments

comments

To Top