Cara Merawat Rambut Saat Anda Sakit

cara-merawat-rambut-saat-anda-sakit

Sakit memang datang tanpa bisa diduga-duga. Ada sebagian kegiatan yang terpaksa harus tidak dilakukan saat sedang sakit, salah satunya adalah mandi. Karena dengan mandi dikhawatirkan sakit justru semakin bertambah parah, atau karena memang tidak memungkinkan untuk dapat mandi seperti biasanya dikarenakan ada beberapa anggota tubuh yang cedera misal akibat kecelakaan. Tentu hal ini membuat tidak nyaman. Badan terasa lengket dan bau, terutama rambut.

Sponsor : cream pemutih wajah

Meski begitu untuk memelihara rambut merupakan hal paling mudah dibandingkan dengan perawatan wajah ataupun perawatan lainnya. Rambut sendiri tumbuh dari protein, untuk itu menjaga nutrisi dalam tubuh tetap baik merupakan cara penting yang dilakukan agar rambut tetap selalu sehat. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang tepat saat sedang sakit? Tentu obatan-obatan yang sedang dikonsumsi juga memberikan pengaruh sendiri terhadap kesehatan rambut. Karena bahan kimia yang keras sudah pasti memberikan dampak sendiri terhadap tubuh termasuk rambut.Rambut adalah mahkota bagi siapapun, untuk itu meskipun sedang sakit Anda juga tetap bisa merawatnya tanpa harus mengesampingkan proses pengobatan.

Berikut adalah 5 cara merawat rambut saat sakit yang bisa Anda terapkan:

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Saat ini juga sudah banyak dijual minyak zaitun alami dalam kemasan botol. Caranya sangat mudah tuang beberapa minyak zaitun ke telapak tangan lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut. Diamkan kurang lebih selama 5 menit lalu basuh perlahan dengan air hingga basah, kemudian aplikasikan kondisioner secara merata dan bilas dengan air sampai bersih. Lalu keringkan dengan menggunakan hair dryer. Minyak zaitun dapat memiliki manfaat untuk melembutkan rambut Anda, sehingga meskipun sakit Anda tidak terlihat kusam karena rambut yang berantakan. Cara ini mungkin agak susah jika Anda terapkan sendiri, untuk itu mintalah seseorang yang dapat membantu untuk melakukannya.

  1. Sikat rambut secara berkala

Karena saat sakit sudah pasti kegiatan akan banyak dilakukan di tempat tidur, untuk itu usahakan sisir selalu ada di samping Anda. Rambut yang dibiarkan kusut akan menjadi susah untuk diatur. Akan tetapi terlalu sering menyisir rambut juga sebenarnya tidak baik. Karena menyikat rambut terlalu sering dapat merangsang folikel membantu proses pertumbuhan rambut menjadi rusak dan dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Selain itu gunakan pula jenis sisir yang yang sesuai dengan jenis rambut. Bila Anda memiliki rambut ikal maka gunakan sisir dengan jarak gerigi yang lebar, bila Anda memiliki rambut lurus maka gunakan jenis sisir yang memiliki geriki melingkar.

  1. Merapikan rambut secara teratur

Selain itu, bila Anda sudah merasa sangat lama memiliki waktu di tempat tidur. Dan melihat rambut sudah semakin panjang dan liar, maka sudah saatnya untuk merapikannya. Potonglah rambut secara berkala untuk membuatnya terlihat rapi. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan hal ini. Memotong rambut secara berkala sangat baik untuk menjaganya dari kerusakan seperti bercabang. Gunakanlah gunting berukuran besar dan guntinglah kurang lebih sekitar setengah sentimeter. Lakukan setiap 6-8 minggu sekali.

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi dan vitamin rambut

Selain itu cara yang paling mudah dan sangat alami yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga nutrisi dari dalam. Caranya yaitu dengan selalu mengonsumsi makanan kaya gizi. Karena rambut terbuat dari protein, maka pastikan kebutuhan protein dalam tubuh selalu tercukupi. Anda bisa mendapatkannya dari ikan, daging, dan kacang-kacangan. Selain itu pastikan kebutuhan vitamin C juga selalu cukup karena vitamin C sangat baik untuk memperkuat rambut. Bila Anda tidak bisa memakan makanan sepeti sayur dan buah secara langsung, buatlah jus atau smoothie yang akan memberikan tekstur lebih lembut sehingga akan lebih mudah untuk mengonsumsinya. Meskipun sedang sakit Anda tetap harus makanmakanan kaya gizi selain memberikan perlawanan terhadap sakit yang sedang diderita. Makanan bergizi juga akan selalu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, tak terkecuali rambut. Selain itu jika sangat sulit untuk memasukkan makanan bernutrisidari mulut, maka aplikasikan saja vitamin rambut yang sudah banyak tersedia di pasaran. Lakukan setiap kurang lebih 2 kali dalam seminggu. Tentu Anda bisa melakukannya sendiri, sehingga tidak perlu harus selalu merepotkan orang lain di sekitar Anda.

  1. Jauhkan stres dari tubuh

Sudah pasti stres adalah menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan. Meskipun sedang dalam keadaan sakit, bukan berarti Anda harus terlihat lemah dan putus asa. Terkadang yang perlu dilakukan hanyalah membiarkan apapun terjadi dan tetap menikmati prosesnya. Karena disaat Anda berhasil melalui sebuah proses sulit maka dengan begitu kehidupan juga pasti akan menjadi lebih baik. Tetaplah melakukan kegiatan apapun yang membuat Anda bahagia. Karena selain menambah Anda semakin sakit, stres juga menjadi penyebab utama dari kerontokan rambut atau lambatnya pertumbuhan rambut. Karena saat stres,ada sebagian hormon yang tidak bekerja secara normal, sehingga menjadikan hormon lainnya menjadi tidak seimbang. Untuk itu tetaplah selalu bahagia dengan berada di sekitar orang yang peduli dan mencintai Anda.

Itulah 5 trik jitu yang bisa Anda terapkan untuk tetap bisa merawat rambut disaat sakit. Bila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, mintalah bantuan kepada orang lain yang bersedia melakukannya. Bagaimanapun juga rambut yang indah tentu menjadi idaman siapapun dan tetap harus dirawat meski sedang sakit.

 

 

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top