Herbal Alami

Cara Mengawetkan Herbal Tanpa Mengurangi Khasiatnya

cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya

Apakah Anda sering menggunakan berbagai jenis ramuan herbal? Jika Anda memang sering menggunakan herbal tentu mempunyai banyak stok di dapur Anda. Memang ada beberapa herbal yang bisa bertahan dalam waktu lama, namun ada juga yang cepat rusak. Herbal yang sudah rusak sudah tidak bisa digunakan lagi dan itu bisa merugikan Anda sendiri.

Karena itu menyimpan herbal dalam bentuk yang sudah diawetkan memang harus dilakukan sebagai alternatif yang baik. Anda bisa menggunakan herbal kapan saja dan tanpa perlu merasa khawatir jika herbal tersebut rusak. Dibawah ini adalah cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya.

  1. Herbal beku

Herbal beku bisa menjadi bumbu beku yang siap digunakan kapan saja. Ini cara yang sangat mudah dan Anda hanya membutuhkan freezer. Anda bisa memilih beberapa jenis herbal yang beruba daun, semak atau seperti rumput-rumputan. Keringkan daun atau biarkan daun yang masih basah kemudian handurkan menjadi lebih kecil. Bagikan ke dalam beberapa tempat untuk membuat es batu dan tambahkan sedikit air. Kemudian bekukan hingga seperti menjadi es batu dengan bentuk balok yang kecil atau sesuai selera Anda. Jika sudah berbentuk seperti ini maka bumbu herbal beku ini bisa digunakan kapan saja dan bisa bertahan lebih dari 12 bulan.

cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya

Sponsor : halojasa.com

  1. Buat menjadi selai dan bekukan

Kemudian cara yang lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuat selai daun herbal. Anda bisa menghancurkan semua jenis bumbu herbal yang bisa dihaluskan. Kemudian tempatkan pada cetakan es batu lalu bekukan. Caranya memang hampir mirip seperti cara nomer satu tapi Anda hanya perlu menghancurkan bumbu herbal. Jika sudah berbentuk menjadi es beku maka bumbu bisa digunakan dalam waktu kurang lebih enam bulan. Anda bisa menggunakan bahan herbal ini untuk memasak atau digunakan sebagai ramuan obat alternatif.

cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya

  1. Pengasaman bahan herbal

Lalu cara lain yang unik adalah dengan menggunakan metode pengasaman. Anda bisa memasukkan berbagai jenis herbal ke dalam  botol kaca. Kemudian tambahkan air hingga semua bahan bisa terendam dan jangan lupa berikan sedikit cuka atau bahan asam lain. Simpan di tempat dengan suhu ruangan selama beberapa bulan dan baru bisa digunakan ketika bahan sudah menjadi asam dengan aroma yang kuat. Untuk menggunakan bahan herbal maka Anda hanya perlu menggunakan air rendaman herbal ini karena sudah bisa memberikan rasa herbal yang kuat.

cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya

  1. Metode pengeringan untuk herbal daun

Jika Anda lebih senang menggunakan berbagai jenis herbal yang berbentuk daun maka Anda juga bisa menggunaka pengeringan. Beberapa jenis herbal yang bisa dikeringkan seperti basil, daun thyme, daun mint, serai dan jenis daun herbal lain. Anda hanya perlu mencuci bersih semua herbal tersebut, kemudian atur dalam nampan yang bersih. Anda bisa mencoba untuk mengeringkan dibawah sinar matahari secara langsung hingga daun menjadi sangat kering. Kemudian simpah di toples yang kedap udara dan hanya dibuka ketika Anda mengambil herbal tersebut. Anda juga bisa menggunakan alat dapur seperti microwife dengan pengaturan suhu rendah.

cara mengawetkan herbal tanpa mengurangi khasiatnya

Saat ini metode penjualan produk secara online memang sudah sangat berkembang. Tidak hanya untuk produk yang dijual di dalam negeri saja tapi juga ke luar negeri. Salah satunya bisa berkembang karena ada proses pengiriman barang secara internasional. Sehingga sangat baik untuk pemilik bisnis yang ingin memperluas wilayah penjualannya. Untuk menemukan jasa pengiriman internasional yang bisa dipercaya dan aman maka Anda bisa berkunjung ke halo jasa. Ada berbagai vendor pengiriman yang sesuai dengan tujuan dan sistem bisnis Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top