Kesehatan

Cara Mengatasi Phobia Ketinggian dengan Metode Medis

cara mengatasi phobia ketinggian dengan metode medis

Apakah Anda ingin menjadi seorang pilot? Banyak orang yang memiliki cita-cita ini namun akhirnya mereka gagal. Salah satu penyebab kegagalan adalan  adanya masalah phobia ketinggian yang sulit untuk disembuhkan. Sebenarnya ada banyak pemandangan indah yang bisa didapatkan dari tempat tinggi, termasuk ketika ada di bagian langit. Banyak pilot yang sudah membuktikan ini termasuk Borja Lopez, seorang pilot dari maskapai Ecuador Airlines.

Sponsor: cream pemutih wajah

Untuk bisa mendapatkan pengalaman ini maka syarat penting yang harus didapatkan adalah tidak memiliki phobia ketinggian. Tentu saja Anda tidak akan bisa menjadi pilot jika memiliki gangguan kesehatan ini. Bahkan Anda juga tidak akan bisa berada di tempat ketinggian meskipun hanya diatas pohon yang memiliki ketinggian satu meter saja. Lantas bagaimana cara mengatasi phobia ketinggian dengan metode medis? Simak ulasan berikut ini ya…

cara mengatasi phobia ketinggian dengan metode medis

Sumber: borepanda.com

  1. Metode terapi perilaku

Salah satu metode yang paling sering digunakan dalam dunia medis adalah terapi perilaku. Terapi ini dilakukan dengan membuat penderita benar-benar mengalami situasi ketakutan yang nyata. Kemudian penderita juga harus merasa cemas dan takut. Kemudian tingkat kecemasan dan ketakutan akan diatur oleh dokter lalu dokter akan memberi cara untuk mengatasi ketakutan itu. Bahkan pasien juga harus mengikuti semua instruksi sehingga bisa menghadapi rasa takut ketika benar-benar dalam situasi yang nyata. Meskipun terapi ini terlihat menakutkan namun hasilnya sangat baik.

  1. Terapi perilaku dengan membiasakan diri

Kemudian ketika terapi perilaku dengan bantuan dokter sudah dilakukan secara aktif, maka penderita juga harus bisa melakukan terapi dengan cara sendiri. Jadi penderita yang sudah dinyatakan cukup stabil menurut dokter maka harus mencoba untuk melawan rasa takut itu sendiri. Artinya bahwa penderita harus praktek sendiri dengan situasi yang sama. Jika penderita takut untuk naik pesawat maka penderita harus mencoba untuk naik pesawat. Kemudian semua cara untuk mengatasi ketakutan harus dilakukan seperti ketika menjalani terapi.

  1. Terapi metode virtual

Bagi penderita phobia ketinggian maka juga bisa menjalani terapi virtual. Terapi dilakukan dengan alat canggih yaitu komputer dan alat lain yang disesuaikan dengan kondisi tertentu. Misalnya ketika penderita sangat takut berada di ketinggian maka penderita bisa merasakan ada di tempat tinggi. Beberapa program komputer dilibatkan sehingga  penderita bisa mengalami situasi yang tampak nyata. Kemudian penderita berusaha mendapatkan cara untuk  mengurangi dan meredam stres akibat ketinggian.

  1. Terapi dengan obat

Kemudian alternatif terapi yang terakhir adalah terapi dengan menggunakan obat. Terapi ini menjadi alternatif terakhir setelah penderita melakukan jenis terapi yang lain. Sebenarnya menurut medis memang tidak ada obat yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Namun beberapa jenis obat anti cemas bisa membuat phobia sedikit terbantu. Semua pengaturan dosis dan jenis obat serta jumlah obat yang diminum juga harus ditentukan oleh dokter  berdasarkan keparahan phobia. Ini jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping sehingga harus dilakukan dengan pengawasan penuh.

Semua metode untuk mengatasi ketinggian ini memang harus dilakukan secara medis. Sehingga bagi penderita phobia ketinggian yang ingin memilih jenis terapi sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top