Makanan Sehat

Cara Membuat Ikan Bakar yang Sehat dan Penuh Gizi

smokedfish

Apakah Anda sedang diet dan menjauhi semua makanan yang digoreng? Memang sangat penting untuk menemukan cara memasak yang paling sehat untuk diet. Konsumsi ikan sering dilakukan untuk menjaga agar diet bisa bekerja dengan baik. Tapi Anda juga harus menjaga bagaimana olahan ikan tetap lezat dan sehat sehingga Anda semangat untuk diet. Ikan goreng jelas itu tidak boleh karena bisa menambah asupan lemak yang tidak dibutuhkan. Anda bisa mencoba untuk memasak ikan bakar. Namun cara memasak ikan bakar yang salah justru bisa membuat diet Anda kacau. Anda juga memiliki tuntutan untuk menjaga nutrisi dalam ikan agar tidak hilang dalam proses memasak. Berikut ini ada beberapa alternatif cara membuat ikan bakar sehat untuk diet.

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Gunakan penjepit ikan saat dibakar

Ketika Anda menggunakan alat penjepit ikan untuk membakar maka cara ini bisa membantu mengurangi kerusakan pada daging ikan. Anda bisa menambahkan bumbu dan membali ikan dengan baik tanpa harus merusaknya. Anda juga bisa mengamati apakah ikan itu sudah masak sempurna atau belum. Dibandingkan dengan menggunakan satu alat seperti wajan maka cara ini lebih aman. Jika Anda menggunakan alat lain untuk membalik badan ikan saat dibakar maka itu bisa merusak daging ikan dan bahkan menghilangkan kulit ikan.

2. Jangan menghilangkan kulit ikan

Ada banyak jenis ikan yang memang dimasak dengan bagian kulit yang harus dihilangkan. Namun sebenarnya mempertahankan bagian kulit ikan bisa menjadi langkah sehat untuk menjaga nutrisi ikan. Dibandingkan membakar ikan dengan model potongan atau ikan yang sudah difilet maka Anda bisa mencoba untuk membakar ikan utuh tanpa membuang kulit. Ketika Anda membakar ikan dengan kulitnya maka ini bisa membantu api tidak mengenai daging ikan secara langsung. Ingat bahwa api yang mengenai daging ikan mungkin bisa menjadi karsinogen yang menyebabkan kanker dalam tubuh.

3. Hindari menggunakan api secara langsung

Banyak orang yang memilih untuk membakar ikan di atas api secara langsung. Cara ini dianggap bisa meningkatkan rasa dan membuat bumbu masakan bisa masuk ke bagian daging. Dan bahkan banyak orang percaya bahwa cara ini bisa membantu daging ikan masak dengan sempurna. Namun jika Anda terus melakukan hal ini maka bisa membuat hidangan ikan bakar tidak sehat. Karena itu Anda bisa mencoba untuk memasak ikan bakar dengan tempat seperti wajan anti lengket atau alat yang lain. Cara ini lebih sehat dan ikan tidak terkontaminasi dengan kotoran dari bahan pembuat api seperti arang misalnya.

4. Kukus sebentar dan baru dibakar

Kemudian jika Anda mencoba untuk memasak ikan bakar dengan cepat dan penuh gizi,maka Anda bisa mencoba langkah ini. Setelah membuang kotoran ikan dan memberi bumbu maka kukus ikan sebentar. Ini bisa membuat bumbu masuk ke dalam ikan dengan baik dan mempertahankan rasa ikan yang alami. Setelah itu jaga ikan tetap basah dan baru dibakar dengan wajan anti lengket.

Membuat ikan bakar yang sehat memang sangat mudah bukan? Namun jika Anda membeli ikan bakar di restoran maka sulit untuk menemukan cara ini. Karena itu lebih baik untuk memasak ikan bakar sendiri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top