Info Dokter

Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka Agar Kesehatan Tubuh Terjaga

yang cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Puasa dapat menyebabkan kita ingin makanan yang lezat. Malah terkadang makanan tersebut tidak baik apabila dikonsumsi secara terus menerus. Membuat lupa untuk konsumsi sayur dan buah. Buah, contohnya. Buah sangat baik bagi kesehatan, lho. Terdapat buah yang cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

yang cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Buah selain rasanya enak, juga memiliki beraga manfaat. Buah mengandung banyak mineral, vitamin, dan kandungan air untuk mengembalikan cairan tubuh secara alami. Itu mengapa sebaiknya anda tidak meninggalkan buah. Justru jadikan buah sebagai menu utama ketika sahur dan berbuka.

Apa saja buahnya?

  1. Buah Kurma

Siapa yang tidak suka makan kurma? Hampir dipastikan semua menyukai kurma. Buah asal Arab ini menjadi primadona di bulan Ramadan. Bahkan kabarnya disunnahkan konsumsi kurma saat berbuka puasa. Bukan tanpa sebab, rupanya kurma memiliki khasiat tersendiri. Kurma dapat mengembalikan energy yang hilang dari tubuh. Karena mengandung gula berupa glukosi dan fruktosa.

Disebut-sebut pula sebagai pemanis alami. Namun disarankan bagi penderita diabetes untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Buah ini pun bisa diolah menjadi campuran rasa di berbagai minuman dan kue.

  1. Buah Semangka

Kebanyakan ketika puasa tubuh terasa panas, terutama bagian perut. Hal tersebut diakibatkan adanya pembakaran karbohidrat atau lemak menjadi energy. Itu kenapa meski sedang berpuasa kita tetap punya energy untuk beraktivitas.

Supaya tubuh kembali dingin, waktu berbuka sebaiknya konsumsi buah semangka. Semangka dikenal sebagai pendingin tubuh. Semangka juga mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A yang melimpah. Selain itu, buah ini mengandung likopen yang ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas. Sehingga semangka pun dikenal sebagai sumber antioksidan yang berfungsi anti kanker.

Juga mengandung air yang cukup banyak. Jadi, dapat pula mengembalikan tubuh yang telah kekurangan cairan akibat puasa.

Banyak olahan dari buah semangka: jus semangka, es buah, sup buah, dan sebagainya. Pun enak dimakan langsung. Anda bisa memilih semangka merah atau kuning, sesuai selera.

yang cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

  1. Buah Jeruk

Apabila anda ingin konsumsi yang segar-segar, konsumsi saja buah jeruk. Sangat menyegarkan karena mengandung asam folat. Juga sebagai anti oksidan, memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi, yang sangat bagus untuk mencegah datangnya penyakit.

Ada bermacam jenis jeruk. Tapi apapun jenisnya, rasanya tetap segar dan enak. Anda perlu berhati-hati dalam memilih agar tidak terjebak dengan jeruk yang rasanya terlalu asam. Apalagi jika punya penyakit asam lambung. Akan semakin memperparah kambuhnya asam lambung anda.

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi es. Untuk menjadi es anda hanya perlu memerasnya, tambahkan sedikit gula, lalu beri air. Jangan lupa juga es batu. Pasti buka puasa anda amat menyenangkan. Jadi tak perlu repot membeli sirup rasa jeruk.

  1. Buah Pepaya

Anda punya masalah pencernaan selama puasa? Jangan cemas. Coba saja konsumsi buah papaya. Buah papaya sangat baik untuk pencernaan. Bukan cuma itu, buah I ni juga mempunyai kandungan betakaroten, betacryptoxanthin, lutein serta zeaksantin. Selain itu papaya pun mengandung banyak vitamin C. Selain buah jeruk, papaya pula menjadi sumber anti oksidan bagi tubuh.

Diharapkan anda konsumsi papaya secara ruting supaya pencernaan lancar. Pencernaan lancar, toxin dalam tubuh pun ikut hilang. Anda dapat makan papaya secara langsung. Biasanya buah ini dijadikan es buah bersama nanas.

  1. Buah Pisang

Di samping papaya, buah pisang juga bisa membantu memperlancar pencernaan. Sayangnya, banyak yang menganggap remeh buah berwarna kuning ini. Padahal pisang mempunyai segudang kebaikan untuk kesehatan tubuh. Satu di antaranya ialah kesehatan jantung, sebab tinggi akan potassium. Buah ini juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia, diabetes, maag dan selainnya.

Konsumsi pisang ketika sahur membuat tubuh tetap terasa segar (tidak lemas). Bila anda bosan makan buah pisang secara langsung, bisa mencoba beberapa kreasi berikut:

  • pisang goreng
  • kolak pisang
  • es pisang hijau
  • pisang bakar, dan lain-lain.
  1. Buah Blewah

Buah blewah termasuk cukup popular di bulan puasa. Rasanya segar dan enak menjadi banyak penggemarnya. Buah ini kerap diolah menjadi es. Maka tak heran jika sangat enak dijadikan menu berbuka puasa.

Tidak hanya enak, blewah memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga bagus bagi penderita darah tinggi. Selai itu juga mampu membersihkan kadar karbondioksida dalam darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf. Pun mengandung sukrosa, fruktosa, dan kandungan air untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat puasa seharian.

Selain dibuat menjadi es, blewah juga enak dimakan secara langsung. Bagi penderita diabetes, lebih baik konsumsi tanpa gula.

Itulah beberapa buah yang dapat anda konsumsi selama puasa. Ada buah yang baiknya dikonsumi saat sahur, namun ada pula yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. Tapi tidak masalah juga jika konsumsi waktu sahur dan berbuka. Sajikan pula dengan berbagai kreasi. Misalnya diolah menjadi agar-agar, pudding ataupun minuman dingin. Supaya anda dan keluarga tidak bosan mengonsumsinya.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top