Info Dokter

Beberapa Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Beberapa Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Fungsi karbohidrat adalah sebagai penghasil energy dalam tubuh. Dengan adanya energy, kita bisa melakukan semua aktivitas tanpa rasa lemas. Terdapat 3 jenis makanan yang mengandung karbohidrat, yakni gula, pati dan serat.

Sponsor: cream perawatan wajah

Pati terbuat dari rantai gula, lalu memecah membentuk energy. Setiap gramnya, pati mengandung 4 kalori. Pati terdapat pada mie, biji-bijian, dan roti. Sementara gula merupakan karbo yang mudah dicerna tubuh. Makanan yang mengandung gula di antaranya permen, jeli, minuman soda, dan kue. Sedangkan serat, tidak mengandung kalori.

Mengonsumsi karbo tinggi kalori yang terlalu berlebihan tidak baik. Kalori yang tidak terbakar sebagai energy, akan berubah menjadi glukosa. Kian lama glukosa menumpuk dalam darah, dapat memicu penyakit diabetes. Sebaliknya, konsumsi karbo tinggi serat bagus untuk menjaga berat badan tubuh.

Selama ini kita sering beranggapan bahwa nasi adalah satu-satunya makanan berkarbohidrat. Namun rupanya nasi mengandung banyak kalori, dan rendah serat. Sebetulnya ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat den. gan rendah kalori. Artinya makanan-makanan tersebut lebih sehat dibandingkan nasi. Berikut ialah makanan yang mengandung karbohidrat:

1. Umbi-Umbian

Salah satunya adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat. .Delapan ons ubi, terdapat 240 kalori dan 55 gram karbohidrat. Ubi jalar juga rendah sodium, lemak jenuh, pun kolesterol. Selain itu ubi ini juga sebagai sumber serat terbaik. Mengandung vitamin B 5, vitamin A, vitamin C, Kalium, dan senyawa mangan.
Jenis umbi lain yang juga mengandung karbo adalah singkong.

2. Biji-Bijian

Seluruh jenis biji-bijian mengandung karbohidrat. Setiap butirnya mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, dedak gandum dan endosperm. Masing-masing senyawa memiliki fungsi berbeda bagi kesehatan.

Jenis biji-bijian yakni jagung, gandum, beras, dan jenis biji lain. Gandum dan beras merah adalah karbo dengan tinggi serat. Bila anda sedang diet, lebih baik ganti nasi dengan nasi merah atau gandum.

3. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat dalam bentuk pati. Satu cangkir porsi kentang rebus mengandung 31 gram karbo. Apabila satu cangkir kentang tumbuk mencapai 36 gram karbohidrat. Dan yang paling tinggi adalah kentang goreng. Kentan. g goreng mengandung 35% karbohidrat.
Bagi penderita diabetes, disarankan pilih kentang rebus atau kentang tumbuk.

4. Sereal

Kandungan karbohidrat dalam serela cukup tinggi. Sekitar 98%. Nutrisi lainnya pada sereal yaitu serat, protein, zat seng, zat besi, vitamin B.

5. Putih Telur

Rupanya, selain mengandung protein, putih telur juga mengandung tinggi karbohidrat.

6. Kacang-Kacangan

Seperti biji-bijian, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Selain itu kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3, protein, mineral, dan berbagai vitamin. Dapat membantu menjaga berat badan dan melancarkan proses pencernaan.

7. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti semangka, apel, jeruk, dan berry mengandung karbohidrat. Mereka juga mengandung berbagai vitamin yang berfungsi bagi kesehatan tubuh.

1
25%
like
2
50%
love
0
0%
haha
1
25%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top