Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan
Kesehatan

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Anda suka pedas? Jika Anda hanya sekali dua kali memakan makanan pedas dalam sehari, mungkin itu tidak akan berdampak apapun bagi kesehatan Anda. Namun jika Anda adalah seorang penggemar masakan dan makanan pedas sejati, Anda harus mulai waspada.
Makanan pedas yang berlebihan diketahui membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Meskipun cabai yang menjadi sumber rasa pedas juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, tapi efek samping dari makanan pedas lebih menakutkan bahkan bisa menjurus kepada penyakit yang fatal.
Penasaran dengan efek samping makanan pedas, simak dampak negatif makanan pedas bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Sakit perut
Efek umum yang dialami setiap orang seusai memakan makanan pedas adalah sakit perut. Sakit perut ini bisa membuat Anda mengalami diare berkepanjangan. Diare sendiri akan membuat Anda dehidrasi karena air di seluruh tubuh akan terarah ke usus besar yang mengalami iritasi karena pedas. Akibatnya frekuensi buang air besar tidak akan bisa dikendalikan. Lebih fatal lagi, diare dapat menyebabkan kematian jika tidak diatasi dengan cepat.

2. Sulit tidur
Kesulitan tidur atau insomnia juga bisa terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Hal ini terjadi karena tubuh harus mengelola rasa pedas yang masuk ke dalam tubuh Anda. Seperti yang diketahui, makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu detak jantung berdetak lebih kencang.

3. Kerusakan pada lambung
Lambung bukanlah bagian tubuh yang kebal terhada segala jenis makanan yang Anda makan. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan pedas maka permukaan lambung menjadi rapuh dan terluka. Parahnya lagi, lambung akan menipis dan bocor.

4. Alergi pada lidah
Makanan pedas bisa menyebabkan alergi pada tubuh Anda terutama lidah tempat masuk makanan. Rasa pedas yang berlebihan bisa membuat lidah Anda terasa hambar yang bisa menguras nafsu makan Anda. Untuk itu, hindari makanan yang terlalu pedas dan jangan menaruhnya lama-lama di dalam mulut karena bisa merusak fungsi lidah Anda.
Bisa jadi Anda tidak bisa lagi membiarkan makanan dengan rasa lain masuk ke dalam tubuh Anda, karena lidah hanya bisa menolerir rasa pedas.

Itulah keempat bahaya makanan pedas bagi kesehatan Anda. Untuk itu, pilihlah makanan dengan rasa pedas yang standar yang tidak sampai membakar lidah dan perut Anda. Bersikap bijaklah selalu saat memilih makanan apapun.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan
To Top