Bahaya Hidroquinon dan Tretinoin Pada Produk Pemutih Wajah
Info Dokter

Bahaya Hidroquinon dan Tretinoin Pada Produk Pemutih Wajah

Bahaya Hidroquinon dan Tretinoin Pada Produk Pemutih Wajah

Bahaya Penggunaan Hidroquinon dan Tretinoin Pada Produk Pemutih Wajah – ada beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan Hidroquinon dan juga Tretinoin (Asam Retinoat) pada produk-produk pemutih wajah. Hal ini dapat anda simak pada pembahasan artikel berikut ini.

  • Hidroquinon

Penggunaan hidroquinon ini memang dibolehkan penggunaannya untuk bahan produk pemutih wajah ataupun kosmetika lainnya. Pembolehan ini hanya pada batas maksimal 2%. Apabila di atas itu maka harus membutuhkan pengawasan dari dokter. Apabila dokter mengharuskan untuk menaruh cream di dalam kulkas ini, biasanya pada cream tersebut memiliki kandungan bahan yang mudah untuk teroksidasi seperti pada Hidroquinon ataupun Hidrokortison (steroid).

Hidroquinon memiliki manfaat yang baik apabila digunakan sesuai takaran dari yang dianjurkan. Beberapa manfaatnya seperti pada, penghilangan bekas jerawat yang tengah memerah serta memutihkan kulit lebih cepat dari biasanya. Namun apabila berlebihan penggunaannya akan menyebabkan rusaknya jaringan penting di kulit kita.

Namun dampak buruk dari penggunaan Hidroquinon di produk pemutih wajah ataupun kosmetik akan menimbulkan dampak ketergantungan bagi kita jika dihentikan, seperti pada kemunculan flek-flek hitam atau munculnya kembali jerawat di wajah. Hal tersebut akan timbul jika dihentikan pemakainannya.

Telah diketahui secara umum bahwa steroid ini mampu menjadi bahan untuk memberikan efek kinclong serta memperhalus dalam waktu singkat kulit kita. Namun sebenarnya penggunaan ini berbahaya apabila dipakai dalam batas normal. Karena steroid ini digunakan untu kulit yang tengah menderita peradangan dalam waktu tertentu. Steroid atau hidroquinon ini memiliki dampak buruk yang lain seperti mengakibatkan penipisan permukaan kulit, menjadikan kulit kita sensitif terhadap sinar mentari dan hilangnya pigmentasi. Disamping itu dampak buruk lain adalah seperti mengakibatkan memarnya kulit kita hingga wajah putih tak normal seperti halnya mayat yang telah wafat.

  • Asam Retinoat atau Tretinoin

Asam retinoat ini merupakan bentuk asam dengan bentuk aktif daripada vitamin A (retinol). Disebut pula dengan tretinoin. Asam retinoat ini pula sering digunakan untuk campuran bagi produk pemutih wajah racikan para dokter.

Bahan ini sering pula digunakan sebagai preparat untuk kulit terutama pada pengobatan jerawat dan juga mungkin saat ini banyak digunakan untuk mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Namun taukah anda bahaya yang diakibatkan oleh penggunaan asam retinoat diambang batas dan berlebih ini? Penggunaan yang berlebih dan kontinu pemakainnya dapat menyebabkan kulit kita terkelupas. Kemudian, kulit kita ini akan mengalami peremajaan dengan catatan “kulit kita tahan menghadapinya”. Sebaliknya akan sangat mengenaskan apabila kulit kita tak tahan untuk menerima dampak asam retinoat ini. Hal tersebut seperti tiba-tiba kulit wajah kita yang memerah seperti kepiting rebus hingga permukaan kulit yang terbakar.

Perlu kita untuk berhati-hati untuk menggunakan dan mencermati kandungan produk pemutih wajah yang akan kita beli nantinya.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Bahaya Hidroquinon dan Tretinoin Pada Produk Pemutih Wajah
To Top