Makanan Sehat

Bahan Alami Pengganti MSG (Monosodium Glutamat)

msg

Penggunaan MSG atau monosodium glutamat memang sudah dilakukan sejak lama. Bahan ini termasuk jenis asam amino buatan yang bisa membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat. Hampir semua orang dan termasuk restoran menggunakan bahan ini untuk melezatkan masakan mereka. Awalnya MSG memang dianggap aman karena tidak menyebabkan reaksi berlebihan. Namun dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh FDA (badan keamanan pangan dan obat) menurut standar internasional, ternyata MSG juga bisa menyebabkan efek samping. Beberapa diantaranya seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri perut, sesak nafas, jantung berdetak kencang dan tubuh mudah lemah. Dan ada beberapa efek kesehatan yang sangat besar dari penggunaan MSG secara berlebihan.

Sponsor: kezia skin expert

Untuk mencegah semua efek ini maka Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami pengganti MSG. Coba saja gunakan bahan-bahan seperti yang terdaftar dibawah ini:

1. Kaldu dari daging atau tulang ayam dan sapi

Pada dasarnya ada beberapa bumbu yang diolah dari daging sapi atau ayam dan kemudian diolah menjadi kaldu bubuk. Namun penambahan MSG dalam bahan ini tetap dilakukan untuk menguatkan rasa. Untuk menghindari bahan ini maka Anda bisa mencoba untuk membuat bahan kaldu alami. Caranya dengan memasak ayam atau sapi dalam waktu lama hingga menghasilkan kaldu. Kemudian endapkan kaldu dan simpan di lemari es dalam bentuk cetakan seperti ketika mencetak es batu. Gunakan kaldu ini setiap kali memasak sayuran atau lauk.

2. Jamur kering

Jamur kering termasuk untuk berbagai jenis jamur sangat baik untuk menggantikan MSG. Anda bisa mencoba membuat jamur kering menjadi jamur bubuk. Kemudian gunakan bubuk jamur untuk memasak berbagai jenis hidangan. Jamur mengandung senyawa asam amino tinggi yang bisa membantu menguatkan rasa. Anda bisa mencoba menggunakan jenis jamur seperti jamur shitake atau jamur kancing coklat. Anda juga bisa menambahkan jamur segar dalam masakan.

3. Berbagai jenis rempah-rempah

Rahasia membuat masakan menjadi lebih lezat adalah bahan rempah-rempah. Anda bisa mencoba menggunakan rempah sesuai dengan jenis masakan. Beberapa bahan rempah yang sudah terkenal seperti kunyit, pala, cengkeh, kemiri, kapulaga, wijen dan kayu manis. Bahkan beberapa bahan herbal seperti daun serai, daun salam dan daun jeruk sangat baik untuk memperkaya rasa masakan.

4. Kedelai

Jika Anda tertarik untuk menambahkan protein dalam masakan maka Anda bisa mencoba menggunakan bahan bubuk kedelai atau minyak kedelai. Beberapa hasil olahan kedelai seperti saus kedelai dan kecap juga bisa menghasilkan rasa masakan yang lezat. Banyak orang Jepang dan Korea yang sudah selalu memasukkan kedelai ke dalam masakan mereka. Misalnya adalah bahan fermentasi kedelai seperti miso dan saus kedelai.

5. Sup tomat

Tomat juga bisa menjadi alternatif pelezat masakan yang sangat alami. Tidak hanya melezatkan sebab tomat mengandung beta karoten dan likopen yang bisa menjadi antioksidan alami dalam tubuh. Anda bisa mencoba memasak tomat hingga menjadi sup yang lembut atau memasukkan tomat bersama masakan. Hasilnya masakan memiliki rasa yang lebih segar, gurih dan sedikit asam.

Anda bisa sesekali mencoba memasak tanpa menggunakan MSG dan mencoba bahan diatas. Kebiasaan menggunakan MSG memang bisa ditinggalkan dan Anda bisa membuat makanan sehat untuk keluarga.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top