Kesehatan

Apa Saja Komplikasi Mata Akibat Penyakit Diabetes

Apa Saja Komplikasi Mata Akibat Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes yang tidak dikelola bisa menyebabkan komplikasi yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah komplikasi pada mata. Mata memiliki dampak yang sangat jelas akibat kadar gula darah yang selalu tinggi. Biasanya masalah ini sangat sering terjadi pada orang tua yang tidak mengelola kadar gula dengan baik. Kemudian efek yang paling buruk dari komplikasi mata pada penderita diabetes adalah kebutaan. Tidak ada obat untuk mengatasi kebutaan jika sudah terjadi pada penderita diabetes, karena semua menjadi lebih sulit untuk dikendalikan. Karena itu penderita diabetes harus mencegah komplikasi pada mata sejak awal terkena diabetes. Berikut ini adalah beberapa komplikasi penyakit mata akibat diabetes.

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Glukoma

Glukoma menjadi ancaman penyakit serius yang paling sering terjadi pada penderita penyakit diabetes. Semakin lama diabetes tidak dikelola dengan baik maka resiki glukoma juga akan meningkat. Ini juga sering dipengaruhi oleh usia penderita diabetes. Penyakit ini menyebabkan tekanan yang terjadi pada bagian mata. Kemudian menghambat drainase sehingga tekanan pada mata menjadi lebih kuat. Setelah itu ketika ada terjadi tekanan kuat maka pembuluh darah yang bekerja membawa darah ke retina dan saraf tidak bekerja dengan baik. Lalu penglihatan tidak berfungsi karena retina dan saraf yang sudah rusak.

2. Retinopati

Retinopati adalah gangguan kesehatan mata yang menyerang pada bagian retina. Hal ini paling sering disebabkan karena penyakit diabetes yang sudah lama. Retinopati ada dua jenis yang paling sering terjadi yaitu non proliferatif dan proliferasi. Kondisi ini sering berhubungan dengan masalah pembuluh darah yang tersumbat pada bagian mata sehingga bisa menyerang pada bagian retina. Ketika penderita diabetes mulai terkena penyakit ini maka bisa terkena pada tahap ringan, sedang dan berat. Namun ahli medis belum menemukan obat untuk penyakit ini sehingga hanya bisa dikendalikan dengan mengurangi tingkat keparahan agar menjadi lebih lambat.

3. Katarak

Katarak paling sering terjadi pada orang yang menderita diabetes. Penyakit ini menyebabkan munculnya bayangan putih pada bagian lensa mata. Kemudian lapisan ini akan terus menebal seiring dengan bertambahnya waktu dan komplikasi diabetes. Semakin lama maka mata menjadi kehilangan kemampuan untuk melihat. Mata juga menjadi sangat peka dengan cahaya sehingga harus sering menggunakan kacamata hitam ketika keluar rumah. Dan pada tahap awal penyakit ini masih bisa diobati dengan operasi untuk menghapus selaput pada lensa mata.

4. Edema makula

Edema makula adalah sebuah kondisi yang disebabkan karena pembuluh darah pda bagian mata tidak bisa mengatur zat penting untuk bagian retina dan darah. Kemudian cairan yang dihasilkan akan sampai ke mata terutama bagian makula mata. Dalam waktu yang cepat maka makula akan terus membengkak karena adanya penumpukan cairan berlebihan. Jika edema tidak diobati dengan baik maka bisa menyebabkan kebutaan. Terkadang ketika masih tahap awal maka penyakit ini bisa diobati sehingga penglihatan kembali pulih.

Dari resiko semua komplikasi mata pada penderita diabetes, maka semuanya bisa menyebabkan kebutaan. Karena itu pengendalian penyakit diabetes harus dilakukan untuk mencegah komplikasi. Jika kadar gula dalam darah dikendalikan dengan gaya hidup yang sehat dan obat medis maka resiko pada mata bisa dicegah sejak awal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top