Alasan Mengapa Anda Harus Mengijinkan Anak Membaca Komik

alasan Anda harus mengijinkan anak membaca komik

Apakah anak-anak Anda suka membaca? Membaca bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk semua orang. Namun budaya membaca memang tidak terlalu dikenal di negara kita. Salah satunya adalah kebiasaan membaca komik. Banyak orang tua yang melarang anak membaca komik dan hanya mengijinkan anak membaca buku pelajaran saja. Alasannya adalah bahwa banyak anak yang mungkin mengalami kecanduan komik.

Sponsorpemutih wajah

Jika Anda masih berpikir hal sama maka sekarang saat yang tepat untuk merubah semua pemikiran tersebut. Anda bisa mulai mengijinkan anak membaca komik dan memilih komik mereka secara langsung. Jika Anda belum percaya, maka lihat beberapa alasan Anda harus mengijinkan anak membaca komik, seperti berikut ini:

alasan Anda harus mengijinkan anak membaca komik

Sumber: borepanda.com

  1. Komik adalah buku yang menyenangkan untuk dibaca

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah bahwa komik sebenarnya buku yang memang menyenangkan untuk dibaca. Banyak anak yang awalnya tidak tertarik untuk membaca bisa mulai senang membaca dari komik. Anak bisa menemukan cara yang menarik untuk membaca komik dan mereka memiliki keinginan yang besar untuk membaca jenis buku lain. Jadi secara langsung komik bisa meningkatkan minat baca anak. Anda tidak perlu membatasi semua ini karena anak bisa menemukan apa yang mereka suka dan apa yang tidak mereka sukai.

  1. Anak bisa mempelari unsur-unsur dalam cerita

Sebenarnya membaca komik sama seperti ketika anak membaca buku cerita. Anak akan berusaha untuk menangkap cerita dengan melihat karakter, plot, konflik, aturan, sudut pandang dan berbagai alur cerita. Bahkan anak bisa menjadi lebih kreatif karena bayangan dalam komik sering membuat anak harus mengikuti jalan cerita dengan jelas. Jika anak tidak bisa mengikuti jalan cerita maka sulit untuk melihat semua cerita dalam komik. Karena itu Anda bisa membebaskan anak membaca komik dan ajak anak untuk diskusi tentang isi cerita dalam komik tersebut.

  1. Komik bisa membuat anak memiliki daya visual yang tinggi

Anak-anak yang terbiasa membaca komik bisa memiliki pemahaman daya visual yang sangat tinggi. Anak bisa melihat bahwa mungkin sebuah komik tidak bisa dimengerti dengan mudah. Tapi anak bisa melihat gambar dengan jelas kemudian melihat jalan cerita dengan baik. Daya visual sangat baik untuk anak karena membuat anak bisa memahami semua pengaruh visual untuk jalan cerita. Ini juga sangat baik untuk membantu perkembangan keseimbangan otak kanan dan kiri anak. Bahkan diluar sana banyak anak yang sering membaca komik bisa menjadi sangat cerdas. Jadi tidak benar jika komik sering dianggap membuat anak tertinggal dalam pelajaran.

  1. Membuat anak tertarik untuk menulis dan menggambar

Kebiasaan membaca komik juga sangat baik untuk anak karena bisa mendorong anak untuk menyukai kegiatan menulis dan membaca. Menulis dan membaca sangat baik untuk mendorong kemampuan motorik dan sensorik. Untuk anak yang masih dalam tahap perkembangan maka komik bisa membuat anak menjadi lebih pintar.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika anak sering membaca komik. Jika ingin membuat anak menjadi lebih cerdas, maka pertimbangkan untuk mengijinkan anak membaca komik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top