Herbal Alami

Ajaibnya Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh

jerukpurut

Jeruk purut mungkin tidak terlalu sering digunakan dibandingkan dengan bagian dari jeruk daun purut. Daun jeruk purut sering digunakan untuk memasak karena bisa menambah aroma dan rasa. Pada dasarnya jeruk purut juga memiliki manfaat yang sangat banyak termasuk seperti daun jeruk purut. Terkadang jeruk purut masih digunakan sebagai hiasan dalam hidangan makanan sebagai aromaterapi alami untuk makanan. Dan ternyata dalam jeruk purut ditemukan berbagai senyawa alami yang bisa membuat aroma dan rasa yang sangat kuat. Misalnya senyawa seperti sitronelol, nerol, alkaloid, limonene, dan berbagai jenis senyawa lain yang membuat aroma jeruk purut sangat unik. Minyak dalam jeruk purut ternyata bisa menjadi aroma yang sangat alami.
Dan apakah Anda sudah tahu bahwa ada berbagai khasiat penting jeruk purut untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan berikut ini.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

1. Bisa membantu membersihkan darah

Jeruk purut sangat efektif untuk membantu membersihkan darah. Efeknya memang sangat besar karena akan terasa langsung dan tidak membutuhkan waktu lama. Kandungan senyawa seperti folatil dalam jeruk purut bisa membantu menghilangkan racun dalam darah serta membuat ginjal dan limpa bekerja dengan sehat kembali. Untuk mendapatkan efek ini maka air perasan jeruk purut bisa ditambahkan ke dalam minuman baik itu air hangat maupun teh organik. Anda juga bisa memasukkan air perasan jeruk purut kedalam masakan.

2. Mencegah gigitan nyamuk

Di beberapa daerah pedalaman yang tidak menggunakan bahan kimia untuk mengusir nyamuk mereka tetap menggunakan jeruk purut. Memberikan air perasan jeruk purut ke dalam kulit seperti ketika menggunakan pelembab bisa membantu mengusir nyamuk. Aroma yang kuat dari campuran senyawa sitronelol dan limonene bisa membuat serangga seperti menghadapi bahan kimia dalam semprotan pengusir nyamuk. Kemudian efek dari senyawa ini juga sangat baik untuk kulit termasuk memelihara kelembapan dan membuat kulit tidak kusam.

3. Membantu memelihara kesehatan gigi dan mulut

Bau mulut dan mulut yang tidak nyaman bisa disebabkan karena bakteri pada gigi atau gusi. Terkadang penggunaan larutan kumur saja tidak efektif dan bau nafas tetap tidak sedap. Jika Anda menghadapi masalah ini maka cobalah berkumur dengan air yang dicampur dengan air perasan jeruk purut. Kandungan senyawa dalam jeruk purut bisa membantu mengusir bakteri jahat dalam mulut dan juga membuat kebersihan mulut terjaga.

4. Ini juga membantu mengurangi stres

Jika Anda merasa bahwa tekanan pekerjaan dan masalah pribadi bisa menyebabkan stres maka cobalah menggunakan jeruk purut. Aroma jeruk purut bisa membuat efek yang sangat besar terhadap perasaan, mengurangi suasana hati yang buruk dan mencegah sakit kepala. Tentu saja ini juga sangat baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung. Anda bisa mencoba memotong jeruk purut lalu masukkan dalam gelas berisi air. Ini sangat baik untuk aromaterapi alami.

Dan masih banyak manfaat jeruk purut yang mungkin belum Anda ketahui. Bahkan minyak dalam jeruk purut bisa membantu mengatasi asam urat yang tinggi dan berbagai penyakit peradangan. Anda bisa mencoba untuk mendapatkan salah satu keuntungan dari jeruk purut ini.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top