Perawatan Kulit

Tips Mencegah Permasalahan Kulit Saat Sedang Menstruasi

tips-mencegah-permasalahan-kulit-saat-sedang-menstruasi

Memiliki kulit sehat adalah hal yang dimimpikan bagi setiap orang terutama kaum wanita. Tahukah Anda bahwa saat menstruasi ternyata keadaan kulit pada wanita sangatlah sensitif bukan hanya mood tapi ternyata hormon yang mereka miliki pun berubah-ubah.

Sponsorkezia skin expert

Oleh sebab itu tidak jarang banyak wanita yang memiliki permasalahan pada kulitnya saat siklus menstruasi yang sedang mereka alami. Contoh permasalahan kulit yang sering terjadi adalah jerawat, hal ini disebabkan karena saat menstruasi tubuh kita mengaktifkan banyak kelenjar minyak sehingga menghasilkan minyak yang berlebih di kulit.
Kondisi seperti ini disebabkan juga karena peningkatan hormon yang berlebih dalam tubuh. Tapi bagi Anda yang sedang kebingungan, berikut adalah tips mencegah permasalahan kulit saat menstruasi yang sedang kita jalani.

1. Perbanyak mengkonsumsi air
Untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari setiap permasalahan kulit yang akan muncul, rajinlah mengonsumsi air putih. Ini sangatlah penting untuk menjaga kelembaban serta mengurangi dehidrasi pada tubuh. Sangat disarankan untuk melakukan hal ini di minggu pertama, karena pada saat inilah hormon pada tubuh mulai berubah. Langkah terbaik dalam permasalahan ini yaitu mengonsumsi air mineral dalam jumlah banyak.

2. Memakai lulur dan masker alami
Perawatan kulit saat periode menstruasi berlangsung adalah dengan menggunakan masker dan kulit alami. Salah satu buah yang bisa dijadikan masker dan lulur adalah timun dan bengkuang. Selain mudah didapatkan ternyata timun dan bengkuang memberikan kontribusi penting terhadap kulit manusia. Masker timun dan lulur bengkuang dapat membuat kulit pada manusia menjadi lebih segar dan halus. Ini sangat berguna terutama pada periode menstruasi. Selain itu juga, memakai masker timun di wajah dapat memberikan efek kulit menjadi dingin.

3. Hindari stres berlebih
Masalah yang timbul di setiap hari layaknya suatu kewajiban yang tidak pernah absen dalam diri kita, masing-masing orang tentunya berbeda dalam menghadapi permasalahannya. Tapi bagi Anda yang ingin menjauh dari setiap permasalahan kulit sebaiknya janganlah terlalu memikirkan permasalahan itu terlalu sering, cobalah untuk rileks atau tenang, karena ini dapat membantu produksi hormon pada tubuh agar tidak terlalu meningkat drastis.

4. Lakukan perawatan ringan
Bagi Anda yang sedang mengalami periode menstruasi sangat disarankan untuk menghindari perawatan yang dapat menyebabkan kulit mengelupas atau (exfoliating), contoh dari perawatan yang dapat menyebabkan kulit mengelupas yaitu facial. Selama proses menstruasi kulit menjadi sangat sensitif daripada biasanya oleh sebab itu memberi perhatian berlebih kepada kulit bukanlah hal yang salah pada kasus ini. Bagi Anda yang memang sedang ingin melakukan perawatan lebih baik lakukanlah perawatan yang ringan dan juga lembut bagi kulit kita.

5. Memilih perawatan herbal
Pada saat periode menstruasi kulit tampak lebih kusam dari biasanya, oleh sebab itu carilah jalan keluar untuk bisa membuat kulit menjadi lebih terang atau mencegah kekusaman yang terjadi. Perawatan herbal bisa dijadikan rekomendasi terbaik. Salah satu perawatan herbal yang sangat berpengaruh yaitu menggunakan masker teh hijau herbal karena dapat membuat kulit menjadi lebih halus terutama bagi kulit yang sensitif. Dengan menggunakan masker ini kulit pun akan terlihat lebih cerah dan Anda bisa bebas dari rasa takut terhadap kekusaman yang akan terjadi.

6. Sering minum jamu tradisional
Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi jamu yang terbuat dari bahan alami misalnya saja jamu beras kencur dan kunyit asam. Selain dapat membuat proses menstruasi lancar, jamu tradisional tersebut dapat menghaluskan kulit tubuh. Bahkan jamu tradisional dipercaya dapat membuat kita terhindar dari penyakit kulit. Bukanlah kita ingin sekali mendapatkan kulit yang halus dan bersih serta segar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat jamu tradisional sendiri di rumah.
Kita semua tahu bahwa kulit adalah bagian penting dari tubuh manusia karena dari sinilah orang melihat dan menilai kita. Bahkan sebagian orang punya penilaian sendiri terhadap kulit, sampai ada yang menjadikan kulit layaknya dewa dimana orang-orang ini bertindak berlebihan apabila terjadi permasalahan pada kulitnya walaupun hanya sedikit. Sebenarnya tidak ada salahnya memberikan perhatian berlebih pada kulit, lagi pula hal ini bisa menunjang karir kita. Tetapi yang harus diingat adalah janganlah terlalu berlebihan terhadap sesuatu. Bersikaplah biasa karena bertindak berlebihan hanya menghasilkan efek buruk bagi kulit kita.

Bagi kita yang dianugerahi dengan kulit indah serta bersih bersyukurlah karena ini adalah pemberian terindah dari Yang Maha Kuasa kepada kita. Coba untuk tidak menyia-nyiakan atau malah yang lebih parah menatonya. Kasus ini sangat marak pada jaman sekarang karena sebagian orang menganggap bahwa tato dapat menunjukan tingkat pergaulan tanpa mereka ketahui bahwa menato kulit akan menimbulkan banyak sekali permasalahan kulit. Bahkan dalam kasus yang lebih parah ada yang terkena penyakit kulit kronis. Langkah-langkah di atas dapat menjadi langkah efektif yang bisa dilakukan bilamana kita dapat mengerjakannya dengan rutin. Oleh sebab itu niatkan pada diri Anda bahwa Anda pasti bisa terhindar dari setiap permasalahan kulit yang terjadi saat proses menstruasi berlangsung. Satu hal yang tidak kalah penting dari langkah-langkah di atas adalah menjaga apa yang dimiliki. Jagalah setiap pemberian dan syukuri karena ini cara terbaik untuk bisa memiliki kulit sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top