Perawatan Rambut

Ingin Rambut Tetap Sehat Walaupun Menggunakan Hijab? Ini Dia Tipsnya

ingin-rambut-tetap-sehat-walaupun-menggunakan-hijab-ini-dia-tipsnya

Rambut berhijab yang selalu tertutupi memang memerlukan perawatan ekstra yang berbeda dengan rambut wanita yang tidak berhijab. Namun bukan berarti karena rambut ditutupi, tidak memerlukan perawatan juga. Karena permasalahan yang sering ditemukan bagi wanita dengan rambut berhijab sangat banyak. Mulai dari rambut yang mudah rontok, gatal, mudah patah, berketombe, hingga helaiannya yang kasar dan kusut.

Sponsorkezia skin expert

Ada kalanya wanita mengeluhkan banyaknya permasalahan dalam rambut berhijab. Padahal kalau ditengok kembali, sudahkan Anda merawat rambut dengan baik di dalam kerudung? Karena beberapa wanita memiliki kebiasaan yang berbeda sebelum menggunakan hijab. Bisa jadi pemilihan bahan dari kerudung hijab itu sendiri yang membuat rambut semakin rusak. Sehingga timbulnya kerusakan rambut bukan tidak mungkin.

Karena itu perawatan rambut wanita berhijab perlu dilakukan secara rutin dan teratur. Guna mendapatkan rambut tetap sehat, cantik, dan kuat walaupun keberadaanya selalu disembunyikan dalam hijab. Maka dari itu, di bawah ini terangkum beberapa tips dan cara perawatan rambut untuk wanita berhijab. Supaya rambut tetap sehat dan Anda tetap percaya diri menggunakan hijab. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Rawat rambut dengan rutin

Rambut wanita yang menggunakan hijab maupun yang tidak menggunakan hijab perlu perawatan rutin. Namun bedanya, rambut yang menggunakan hijab benar-benar harus intens dan teratur mengenai perawatannya. Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan produk yang sudah didesain untuk rambut berhijab. Seperti shampo, kondisioner, atau vitamin rambut khusus untuk wanita menggunakan hijab.

Salah satu kandungan yang harus ada dalam produk perawatan rambut untuk wanita berhijab adalah lidah buaya dan mint. Kandungan ini dikhususkan untuk membuat rambut terap terasa segar walaupun ditutupi oleh hijab. Pastikan selalu melakukan perawatan rutin untuk menjaga kesehatan rambut. Sesekali membawanya ke salon untuk creambath atau pemijatan kulit kepala juga tidak ada salahnya.

  1. Jaga rambut tetap segar

Banyak cara yang bisa dilakukan pengguna hijab untuk menjaga rambut dan kulit kepalanya tetap segar. Salah satu contohnya adalah membuka kerudungnya sesekali ditempat khusus, seperti kamar mandi wanita, atau dalam kamar Anda. Sisir rambut untuk membuatnya lebih bisa bernafas dan sesekali gunakan pelembab atau vitamin rambut sebelum menggunakan hijab kembali. Lakukan ini sesekali atau dua kali dalam sehari.

Membuat kulit kepala dan rambut tetap segar juga dapat dilakukan dengan tidak mengikatnya terlalu kencang. Sisakan ruang yang longgar untuk membuat rambut dan kulit kepala bisa bernafas. Selain itu, jangan gunakan bahan hijab yang kaku dan tidak bisa menyerap keringat. Hal ini guna mencegah lapisan kulit kepala untuk memproduksi keringat berlebih dan membuatnya lepek serta bau.

  1. Konsumsi vitamin untuk rambut

Mengkonsumsi vitamin tak hanya mengoleskan pada rambut, tetapi makanlah makanan yang mengandung vitamin untuk rambut. Salah satunya adalah daging atau kacang kedelai yang mengandung banyak protein, kandungan zat besi, dan vitamin B. Kandungan tersebut dipercaya dapat memperkuat rambut dan membuatnya tidak mudah rontok. Kombinasikan dengan vitamin rambut juga untuk mencegahnya cepat patah.

  1. Jaga rambut tetap kuat

Seperti halnya menjaga rambut tetap segar, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut tetap kuat. Seperti dalam hal mengikat rambut sebelum berhijab, jangan mengikatnya terlalu kencang. Hal ini dapat menstimulasi kerontokan rambut sebab akarnya yang tertarik terlalu kuat. Satu hal lagi yang terpenting adalah jangan pernah langsung memakai hijab bila rambut keadaannya masih basah selesai mandi.

Rambut basah yang langsung ditutupi kerudung membuatnya mudah lepek. Terutama rambutnyanf dikuncir terlalu kuat dalam keadaan masih basah dan langsung memakai hijab. Batang dan helaian rambut akan semakin melemah dan terkikis, sehingga lebih mudah rontok atau patah. Maka dari itu, kedua kebiasaan ini perlu diterapkan oleh wanita berhijab.

  1. Gunakan bahan alami

Selain perawatan dengan shampo, vitamin rambut, dan kondisioner, cobalah merawatnya dengan bahan alami seminggu sekali saat Anda memiliki waktu luang yang banyak. Bahan alami yang cocok untuk rambut berhijab diantaranya adalah lidah buaya. Kandungan asam amino dan protein dalam rambut menutrisinya supaya lebih lembab dan lembut. Lalu kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan E mencegahnya dari kerontokan masal.

Bahan lain yang lebih mudah didapatkan untuk vitamin rambut alami adalah telur ayam. Karena telur ayam juga mengandung vitamin A dan E untuk kesehatan rambut. Masih banyak bahan alami lainnya yang patut dicoba untuk perawatan rambut berhijab, beberapa diantaranya yang wajib dicoba adalah alpukat, minyak zaitun, pisang, urang aring, dan sebagainya.

Itu dia ulasan singkat mengenai cara perawatan rambut tetap sehat bagi Anda wanita berhijab. Menggunakan kerudung bukanlah sebuah alasan bahwa rambut akan terabaikan dan tak terawat. Justru rambut dengan hijab akan semakin terlindungi dari hal yang dapat merusaknya. Hijab melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang juga berbahaya, polusi udara yang kotor, hingga hujan.

Semoga dengan tips cara perawatan rambut wanita berhijab di atas maka semakin banyak wanita Indonesia yang menggunakan hijab. Serta semakin banyak wanita berhijab yang tidak perlu khawatir akan rambutnya nanti yang cepat rusak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top