Info Dokter

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Jika anda bertanya pada dokter tentang tips kesehatan atau berkaitan dengan membuat tubuh jadi lebih bugar. Maka dia pasti akan menjawab bahwa ada banyak cara atau program untuk membuat tubuh jadi lebih bugar dan sehat dalam kurun waktu yang singkat, tapi dengan usaha yang cukup keras dan bakal menguras banyak tenaga. Jika anda orang yang suka berolahraga dan beraktivitas berat, hal ini bisa anda terapkan untuk metode latihan anda.

Tapi jika anda ingin melakukan sesuatu yang relative ringan dan tidak memberatkan, anda bisa melakukan hal-hal yang terbilang kecil ini. Dilansir dari liputan6, berikut ini adalah tips membuat tubuh jadi lebih bugar dan tentunya dapat membeuat anda jadi lebih sehat dan membantu menjalani hidup dengan lebih baik.

Sponsor : perawatan wajah

  • Menikmati udara segar dan sinar matahari

Tubuh yang terpapar sinar matahari ketika berada di luar rumah juga dapat memberikan manfaat untuk anda. Vitamin D akan terproduksi ketika kulit terpapar sinar matahari. Tentunya hal ini akan sangat baik kesehatan tulang karena dengan adanya vitamin D, tubuh akan lebih mudah menyerap kalsium yang dapat menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Padahal jika tubuh kekurangan vitamin D, hal ini dapat memicu obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, depresi dan bahkan tumbuhnya jenis sel kanker.

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Tubuh yang tercukupi kalsiumnya akan mencegah timbulnya penyakit tulang seperti osteophorosis dan rakitis. Selain sinar matahari ada juga sumber vitamin D lainnya yakni pada susu, ikan salmon, tuna, telur, dan minyak ikan kod. Perbanyak konsumsi makanan tersebut jika anda ingin tubuh anda selalu tercukupi kebutuhan vitamin D-nya.

  • Melakukan aktivitas atau bergerak

Ada banyak bentuk olahraga, dari yang ringan hingga berat. Dan untuk anda yang lebih menikmati olahraga ringan ada baiknya anda mulai untuk melakukan aktifitas atau gerak yang sederhana. Misalnya adalah berjalan, berjalan adalah olahraga paling ringan, mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan. Olahraga ini jauh lebih ringan ketimbang barlari dan jogging.

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Dikatakan bahwa dengan berjalan selama 10 menit, hal ini sudah mampu untuk meningkatkan stamina tubuh anda dan menjaga metabolisme dalam tubuh agar tetap baik. Anda bisa melakukan aktifitas ini hampir kapan saja dan dimana saja. Misalnya di halaman rumah, di trotoar jalan, di taman dan sebagainya. Tapi ketika cuaca sedang tidak mendukung untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, anda bisa melakukannya di gym atau menggunakan treadmill di dalam rumah untuk melakukan aktivitas ini. Menggunakan treadmill pun dinilai cukup efektif, karena anda dapat mengatur kecepatan jalan bahkan tingkat kemiringan permukaan untuk menambah bebas olahraga anda.

  • Menjaga kebutuhan cairan tubuh

Minum delapan gelas air setiap hari haruslah anda budayakan dan biasakan, karena minum air yang cukup akan berdampak sangat baik pada tubuh dan kesehatan anda. Cairan tubuh yang cukup di dalam tubuh akan membentu pencernaan dan fungsi organ tubuh lainnya agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu kesehatan sendi juga sangat bergantung kepada kecukupan cairan tubuh.

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Dengan cairan tubuh yang cukup, anda juga akan memperoleh manfaat lainnya seerti menjaga kesehatan kulit anda agar tetap cerah, dan membantu untuk menguragi racun yang ada dalam tubuh. Dan saat berolahraga sebaiknya anda minum lebih banyak air, karena cairan tubuh anda akan banyak erkurang dan keluar melalui keringat. Hal ini untuk menjaga juga agar anda tidak mengalami dehidrasi.

  • Istirahat cukup dan refreshing

Istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh, hal ini bisa didapatkan dari tidur yang cukup. Pulihkan tenaga anda dengan istirahat, karena kurangnya istirahat atau tidur yag cukup akan membuat anda kelelahan yang sangat dan mengalami gangguan seperti kecemasan, da bahkan depresi. Kurangnya tidur, meskipun hanya beberapa jam, dapat membuat mood tidak stabil, dan bahkan mengurangi tingkat ingatan anda. Jadi jangan sampai anda kurang tidur, karena jika anda kurang tidur dalam waktu lama hal ini bisa mengakibatkan resiko penyakit jantung.

Cara Dan Tips Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top