Info Dokter

Cara Untuk Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbatnya pembuluh darah otak. Bisa dibilang penyakit stroke merupakan penyakit kematian jaringan otak. Jumlah penderita stroke di Indonesia setiap tahun meningkat. Penyakit stroke ini dapat menyebabkan penderitanya cacat (beberapa atau sebagian anggota tubuh lumpuh) bahkan sampai meninggal. Stroke mempunyai beberapa gejala:

  1. Rasa bebal atau mati rasa mendadak di satu bagian tubuh tertentu (tangan, pipi, mulut)
  2. Mulai sulit bicara
  3. Rasa pusing dan sakit kepala mendadak
  4. Mendadak sulit berjalan, dan kehilangan keseimbangan
  5. Satu mata atau keduanya menjadi kabur

Penyebab Penyakit Stroke

Ada tiga faktor besaran yang dapat memicu serangan stroke:

  1. Faktor Resiko dari Penyakit Lainnya

Stroke dapat terjadi akibat penyakit lainnya. Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosclerosis, gangguan jantung, diabetes dan penyakit lainnya. Menurut penelitian, 80% tekanan darah tinggi dan arterioskerosis adalah pemicu stroke.

  1. Faktor Turunan

Jika dalam keluarga mempunyai riwayat penyakit stroke, kemungkinan besar bisa terkena stroke di kemudian hari.

  1. Faktor Gaya Hidup

Faktor gaya hidup juga dapat memicu penyakit stroke. Terutama berasal dari makanan. Gemar konsumsi alkohol, junk food, dan rokok. Faktor pemicu lainnya ialah kurang olah raga dan mengalami obesitas.

Penyakit stroke ini memang tergolong berbahaya. Namun penyakit ini dapat dicegah sedari awal. Inilah cara-cara mencegah penyakit stroke sejak dini:

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Memeriksakan Tensi Darah Secara Rutin

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa penyakit tekanan darah tinggi dapat memicu stroke. Sebab, tekanan darah meninggi, pembuluh darah akan mengalami tekanan secara ekstra. Dan, bahayanya tidak ada gejala khusus. Biasanya tekanan darah tinggi akan menimbulkan gejala sakit kepala.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Hentikan dan Hindari Merokok

Merokok bisa menimbulkan pengerasan dinding pembuluh darah dan membuat darah menjadi gampang menggumpal. Gumpalan-gumpalan darah tersebutlah yang menyumbat pembuluh darah di otak.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Jaga Jantung Anda

Penyakit jantung juga dapat menyebabkan anda terserang stroke. Periksa rutin jantung, terlebih bila anda mempunyai penyakit jantung.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Menjaga Pola Makan

Mengatur pola makan dengan makan makanan bergizi. Hindari junk food yang tidak ada gizinya sama sekali. Anda harus banyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Pun hindari makanan banyak lemak. Karena lemak yang berlebih juga dapat menyumbat pembuluh darah.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Olah Raga Teratur

Olah raga teratur akan menjaga berat badan anda. Serta mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Karena obesitas dan kolesterol sebagai faktor pemicu stroke.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Kendalikan Stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah menaik. Semakin anda stress, semakin tinggi pula tekanan darah. Bila tidak dikendalikan, lama kelamaan pembuluh darah pecah. Ini akibatnya fatal. Dapat menyebabkan kelumpuhan total bahkan kematian.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

  1. Kurangi Kadar Garam

Garam hanya akan mengikat lemak. Lemak pula yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu garam juga dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi.

Cara mencegah penyakin stroke sejak dini

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan guna mencegah serangan stroke. Akan lebih baiknya cegah mulai sekarang, sebelum terlambat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top