Perawatan Wajah

7 Resiko Gonta Ganti Bedak, Wanita Harus Tahu

7-resiko-gonta-ganti-bedak-wanita-harus-tahu

Kosmetik tentu saja menjadi satu kebutuhan wajib bagi setiap wanita. Berbagai macam jenis serta merek dari kosmetik mampu memberikan hasil yang baik kepada kulit wajah. Namun tidak sedikit juga malah memberikan efek buruk karena tidak mengalami kecocokan. Jika kita membicarakan tentang efek dari kosmetik memang sangat meresahkan apalagi saat ini banyak beredar produk kosmetik kurang kredibel dimana dari segi keamanan belum bisa dipertanggungjawabkan.

Sponsorcream pemutih wajah

Untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit wajah memang dibutuhkan berbagai langkah nyata seperti melakukan perawatan alami tanpa make up. Hal itu memang menjadi pilihan masing-masing bila ingin mendapatkan perawatan mengingat kebutuhan kosmetik setiap orang berbeda. Tetapi sayangnya masih banyak wanita mengganti kosmetik dengan alasan kurang cocok ataupun harganya tidak bersahabat.
Sering mengganti kosmetik tentu saja tidak berakibat baik pada kulit wajah lantaran terdapat berbagai macam masalah seputar gonta ganti kosmetik terutama bedak. Fungsi bedak salah satunya untuk mengurangi kadar minyak di wajah. Bisa dibayangkan jika berbagai macam merek dari bedak mampir ke kulit wajah cantik Anda.
Beberapa tips merawat wajah perlu dilakukan oleh para wanita terutama dalam hal pemilihan produk kosmetik. Para wanita disarankan untuk tidak sering berganti merek kosmetik khususnya bedak wajah karena kulit harus beradaptasi lagi dengan bedak hati tersebut. Rata-rata berbagai masalah akibat pergantian bedak wajah malah sering muncul karena kulit tidak bisa beradaptasi dengan cepat atau bahkan terjadi masalah iritasi. Lalu efek buruk apa saja yang bisa ditimbulkan dari terlalu sering mengganti bedak?

1. Kulit Tidak Ternetralisir

Penggunaan bedak terlalu sering ataupun menggantinya dengan merek lain membuat pengaruh kosmetik dari merek sebelumnya masih tertinggal dalam dasar pori-pori kulit sehingga kulit menjadi kurang netral. Sebaiknya untuk membuat kulit lebih nyaman dan tidak terjadi keluhan, hilangkan atau diamkan wajah selama beberapa hari tanpa menggunakan kosmetik bedak.

2. Terjadi Alergi

Masalah kulit wajah lainnya yang diakibatkan karena terlalu sering mengganti kosmetik khususnya bedak muka adalah alergi. Masalah alergi muncul karena komposisi dari bahan bedak tidak seimbang atau sama sehingga membuat kulit sulit beradaptasi. Rata-rata kemunculan alergi memang terjadi setelah seseorang mengganti kosmetik bedak mereka dalam kurun waktu singkat. Sebaiknya pilih produk bedak yang memiliki tingkat kadar aman untuk kulit wajah Anda atau bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ke pakar kulit atau kecantikan.

3. Terjadi Iritasi

Masalah kulit seperti iritasi sepertinya masih menjadi momok bagi wanita yang sering mengganti bedak wajah. Iritasi bisa berupa kulit kering atau bersisik dan paling parah kulit luar bisa mengelupas. Iritasi sebenarnya menjadi tanda bahwa kulit gagal untuk bisa beradaptasi atau bisa jadi bahan dari bedak baru memang terbilang keras sehingga membuat kulit tidak bisa bertahan.

4. Kulit Memerah

Untuk beberapa kasus setelah mengganti bedak memang bisa terjadi efek negatif berupa kemerahan pada wajah. Mungkin Anda sering menjumpai masalah pada wajah berupa kulit memerah, hal tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah lain. Maka dari itu perhatikan dahulu komposisi bahan dari bedak yang akan digunakan jangan sampai mengandung bahan yang berbeda dari jenis bedak sebelumnya.

5. Jerawat

Masalah satu ini memang sudah tidak asing lagi, tetapi kendala pada kulit wajah berupa jerawat sebaiknya bisa dihindari dengan menghentikan kebiasaan mengganti bedak wajah. Memang dampak dari mengganti bedak tidak hanya jerawat saja, tetapi beberapa kasus yang sudah terjadi di publik memberikan gambaran kepada Anda bahwa jerawat yang bisa terjadi adalah jenis kerikil dengan bentuk kecil-kecil menyebar ke berbagai area wajah. Tentu saja jerawat dengan kondisi menyebar di area wajah bisa menimbulkan gangguan mental seperti kurang percaya diri ataupun tidak bebas saat bepergian.

6. Gatal-Gatal

Resiko dari sering mengganti merek bedak lainnya adalah terjadi gatal-gatal dimana masalah ini sebenarnya bukan karena alergi terhadap kosmetik melainkan karena ketidakmampuan pori-pori kulit dalam menyesuaikan produk bedak baru. Bisa dibayangkan jika dalam beberapa tahun saja Anda menggunakan satu merek bedak, setelah itu Anda ganti tanpa menggunakan jeda sebagai penetral kulit wajah. Gejala gatal bisa menjadi awal dari gejala gangguan lainnya. Maka dari itu usahakan untuk berkonsultasi sebelum mengganti bedak wajah.

7. Kulit Menjadi Kasar

Untuk beberapa jenis bedak dengan bahan keras mampu mengakibatkan kulit menjadi kasar. Kandungan mineral pada pori-pori kulit akan menghilang seiring dengan penggunaan bedak yang salah atau tanpa porsi sebenarnya. Kondisi tersebut bila tidak mendapat penanganan dengan segera bisa menimbulkan masalah lain seperti kulit bersisik dan alergi. Tentu saja Anda tak mau kulit wajah menjadi kasar bukan? Maka dari itu sebisa mungkin carilah produk bedak wajah yang sesuai dengan karakter kulit wajah Anda.

Berbagai merek dari bedak wajah memang memberikan manfaat bagi kulit seperti bebas minyak atau kilap bisa menghindarkan efek sinar UV dan mampu mengurangi penampakan noda hitam atau flek wajah. Tetapi dalam penggunaan bedak wajah seringkali menimbulkan masalah seperti iritasi, kulit kering, dan timbul jerawat. Sebenarnya masalah seputar bedak bisa segera diatasi bila Anda sadar jika setiap produk bedak memiliki komposisi bahan yang berbeda sehingga membutuhkan waktu bagi kulit jika Anda mengganti ke produk baru. Jadi bagi wanita yang sudah terbiasa menggunakan bedak, lalu ingin mengganti dengan yang baru maka harus memperhatikan komposisinya apakah aman untuk kulit atau tidak.

12
20%
like
33
55%
love
4
6%
haha
3
5%
wow
4
6%
sad
3
5%
angry

Comments

comments

To Top