Perawatan Rambut

5 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Para Wanita Saat Memakai Pomade

5-hal-yang-sebaiknya-tidak-dilakukan-para-wanita-saat-memakai-pomade

Pomade merupakan produk untuk styling rambut. Ini adalah salah satu minyak rambut yang sangat populer di kalangan para remaja pria maupun wanita. Minyak rambut ini diproduksi dari USA. Bahan dasar dari produk ini adalah lanolin, minyak kelapa, parfum, dan wax. Pomade bisa membuat rambut Anda menjadi terlihat mengkilap dan rapi. Hasil dari minyak rambut ini tidak terlalu encer. Bentuk minyak rambut pomade keras dan padat hampir mirip dengan wax. Pomade mulai dikenal di awal tahun 1990.

Sponsorkezia skin expert

Pomade membuat rambut menjadi klimis. Mempunyai penampilan yang rapi pasti menjadi impian semua orang. Pomade bisa membuat tampilan rambut Anda menjadi lebih rapi karena terlihat licin dan basah alami. Rambut yang sudah Anda tata seharian tidak akan berantakan dengan menggunakan pomade meskipun Anda menggunakan topi atau helm. Anda cukup merapikan dengan cara disisir supaya rambut kembali rapi. Pomade ini bisa tahan selama kurang lebih tiga hari tanpa dibilas dengan air sehingga pomade dipilih banyak orang.

Wanita pasti menginginkan model rambut yang cantik dan bagus. Pomade akan membantu Anda menciptakan gaya rambut yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa mencoba berbagai gaya rambut tanpa harus takut akan rusak. Meskipun harga pomade cukup mahal, tetapi Anda tidak bisa menggunakannya tanpa aturan. Ada berbagai macam tips memakai pomade yang harus diapliaksikan agar Anda mengatahui mana yang harus dilakukan dan tidak. Di bawah ini merupakan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat memakai pomade:

  1. Jangan menggunakan pomade secara berlebihan

Pomade yang digunakan secara berlebihan akan membuat warna rambut alami Anda yang semula hitam menjadi merah. Gunakan pomade secukupnya saja pada bagian-bagian rambut yang sekiranya perlu diberikan agar tidak berantakan. Pomade dengan penggunaan berlebihan akan menimbulkan tekanan yang kuat sehingga efek ini akan mengakibatkan Anda merasa pusing. Selain itu bau pomade juga bisa membuat Anda pusing. Pomade ditambah dengan parfum mempunyai tujuan agar Anda menyukai wangi tersebut tetapi wangi dari parfum pomade ini dapat menyebabkan sakit kepala. Parfum menggunakan kurang lebih tiga ribu bahan dan sebagian besar bahan tersebut merupakan bahan sintetis dan sekitar 900 dari bahan tersebut adalah beracun.

  1. Jangan menyisir rambut secara berlebihan

Selain bermanfaat, pomade ternyata juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan rambut. Rambut Anda bisa mengalami kerontokan. Penyebab rambut rontok ini adalah bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pomade. Jika Anda memiliki alergi dengan bahan tertentu, maka Anda rambut Anda bisa rontok saat menggunakan pomade. Kerontokan pada rambut juga bisa disebabkan karena Anda menyisir rambut secara berlebihan ketika menggunakan pomade. Rambut rontok akibat memakai pomade bisa dihindari dengan mencuci rambut sampai benar-benar bersih.

  1. Jangan mewarnai rambut

Pemakaian pomade pada rambut yang sudah diwarnai akan menambah efek buruk pada rambut Anda. Rambut menjadi tidak sehat dan rontok adalah salah satu akibat penggunaan kedua bahan ini. Cat rambut yang terbuat dari bahan kimia dan ditambah dengan pomade hanya akan membuat rambut Anda semakin tidak sehat. Jika Anda alergi dengan cat rambut, maka alergi Anda akan semakin buruk dengan penggunaan pomade di rambut Anda. Gunakan pomade ketika memang benar-benar diperlukan. Jangan menggunakan pomade setiap hari dengan takaran yang berlebihan atau dicampur dengan bahan lainnya yang bisa merusak kesehatan rambut Anda.

  1. Tidak mencuci rambut dengan bersih

Masalah lain yang ditimbulkan oleh pomade adalah ketombe pada rambut Anda. Ketombe ini disebabkan karena bahan-bahan kimia dari pomade yang tertinggal di kulit kepala. Ada beberapa jenis pomade yang mempunyai kandungan minyak mineral atau minyak. Bahan ini akan menghambat pori-pori rambut sehingga ketombe muncul. Jika muncul ketombe, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian pomade ini selama beberapa waktu dan fokus lebih dulu untuk mengobati ketombe Anda.

  1. Salah memilih jenis pomade

Kesalahan dalam memilih jenis pomade yang tepat untuk kulit Anda bisa menimbulkan jerawat. Pomade dengan bahan petrolatum dan oil bisa menyebabkan jerawat karena kulit Anda memang tidak cocok dengan bahan tersebut. Jerawat akibat penggunaan pomade akan timbul di dahi, kulit kepala, dan daerah lain yang bersentuhan dengan pomade. Jerawat yang timbul adalah whiteheads dan blackheads.  Whiteheads merupakan jerawat yang menyakitkan dan tidak bisa terkena oksigen. Sedangkan blackheads merupakan jerawat kecil dengan warna kehitaman atau kekuningan. Kondisi ini disebabkan minyak pada pomade menghalangi pori-pori kulit sehingga tidak bisa mengeluarkan keringat. Penyumbatan ini pasti menimbulkan jerawat di kulit kepala. Jika Anda masih tetap ingin menggunakan pomade, maka Anda bisa memilih pomade dengan bahan dari air. Pomade berbahan air mungkin tidak akan menyebabkan jerawat di kulit kepala Anda.

Berpenampilan rapi dengan gaya rambut yang indah dan cantik sudah menjadi dambaan setiap wanita, tetapi Anda harus tahu bahwa kesehatan lebih berharga dibandingkan hanya cantik secara fisik. Penampilan fisik yang cantik akan sia-sia tanpa tubuh yang sehat. Sedangkan tubuh yang sehat sudah pasti dapat menampilkan kecantikan yang alami. Pomade memang bagus digunakan untuk menunjang penampilan dan gaya rambut Anda, tetapi memakai secara berlebihan sampai menimbulkan masalah seperti pusing, ketombe, rambut rontok, jerawat, dan masalah lainnya merupakan tindakan yang kurang tepat.

5
23%
like
3
14%
love
5
23%
haha
0
0%
wow
1
4%
sad
7
33%
angry

Comments

comments

To Top