15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui
Kesehatan

15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui

15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui

15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui

15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Kanker kini menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagan besar masyarakat dunia. Sel tumor yang membesar memerlukan pengobatan yang mengorbankan banyak waktu, uang dan kesehatan. Dengan menerapkan gaya hdiup sehat seperti olahraga teratur dan asupan nutrisi dari makanan yang tepat, maka resiko kanker bisa dicegah.
Berkut adalah beberapa jenis makanan anti kanker yang sering kita temui sehari-hari serta dapat membantu Anda terhindar dari bahaya kanker.

1. Ikan
Salmon, tuna, makarel, sarden dan ikan berlemak lainnya mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mencegah resiko terkena kanker prostat dan payudara.

2. Brokoli, Kubis dan Kembang Kol
Ketiga jenis sayuran ini memiliki kandungan kimia yang disebut indole-3-carbinol (I3C) yang dapat memerangi sel kanker payudara dan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif. Brokoli juga dapat menecegah kanker usus dan rektal.

3. Kedelai
Produk olahan kedelai seperti tahu, tempe atau susu kedelai mengandung senyawa isoflavon yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker prostat dan payudara.

4. Cabai
Meski memiliki citarasa yang pedas dan menyengat lidah, kandungan capcaisin dalam cabai mampu menetralisir sejumlah sel kanker seperti kanker perut dan usus.

5. Bawang putih
Bumbu dapur ini memiliki kandungan allyl sulfur dan zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, karoten dan selenium yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Bawang putih juga dapat berperan sebagai antioksidan dan membunuh kuman helicobacter pylori pemicu kanker lambung.

6. Pepaya
Pepaya kaya akan vitamin C dan asam folat yang dapat bekerja sebagi antioksidan dan meminimalisir risiko kanker serviks dan kanker jenis tertentu.

7. Alpukat
Buah berwarna hijau ini kaya akan glutathione dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Alpukat dipercaya dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan hati seperti hepatitis, kerusakan hati dan kanker hati.

8. Jeruk Bali
Buah citrus ini mengandung monoterpenes yang diyakini dapat mengeluarkan karsinogen dari tubuh yang merupakan pemicu beberapa jenis kanker. Jeruk Bali juga mengandung vitamin C, karoten dan asam folat.

9. Anggur
Buah anggur, terutama yang berwarna merah, mengandung senyawa bioflavonoids, antioksidan yang berperan sebagai penghalau kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Anggur merah yang mengandung alkohol juga dapat menetralisir radikal bebas penyebab kanker.

10. Ubi Jalar
Ubi jalar memiliki senyawa antioksidan dan beta-karoten yang dapat mengurangi risko kanker payudara. Ekstrak ubi jalar dipercaya dapat mengurangi tumor serta menghambat pertumbuhan sel kanker baru.

11. Rumput Laut
Rumput laut memiliki zat-zat penting untuk memerangi sel kanker payudara, seperti beta-karoten, protein, vitamin B12, serat dan klorofil.

12. Jamur
Jamur seperti shiitake, maitake dan reisihi mengandung polysaccharides, terutama lentinan, senyawa yang ampuh untuk membangun imunitas. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat membunuh sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi atau membelah diri.

13. Tomat
Buah sayuran ini mengandung lycopene yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Lycopene dipercaya dapat membunuh sel kanker dan mengurangi risiko kanker mulut, prostat, payudara, pangkreas dan kolateral.

14. Delima
Delima baik yang dimakan langsung atau diolah menjadi jus mengandung polyphenol yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Buliran delima juga dapat memblokir enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen dan mencegah kanker payudara.

15. Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang disebut cathecins yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Kandungan polyphenol dalam teh hijau juga dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, perut, usus kolon, hati dan pankreas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

15 Makanan Anti Kanker yang Perlu Anda Ketahui
To Top